10 Cara Hemat Uang Jajan yang Efektif, Dijamin Ampuh!

Atur keuangan Anda sedini mungkin!

10 Cara Hemat Uang Jajan yang Efektif, Dijamin Ampuh!
ilustrasi mengatur uang jajan (pexels.com/Karolina Grabowska)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Ada beberapa cara hemat uang jajan yang bisa Anda terapkan. Dengan begitu, sisa uang tersebut bisa Anda tabung untuk masa depan Anda.

Berhemat bukan berarti Anda tidak membelanjakan uang yang dimiliki, tapi meminimalkan pengeluaran yang tidak diperlukan. Penting mengatur keuangan sedini mungkin agar Anda memiliki finansial yang sehat.

Lantas, bagaimana cara menghemat pengeluaran sehari-hari? Ikuti langkah-langkah di bawah ini!

1. Membedakan antara keinginan dan kebutuhan

Cara hemat uang jajan adalah dengan membeli barang sesuai kebutuhan, bukan keinginan. Ini merupakan konsep mendasar dalam mengatur keuangan.

Setiap orang memiliki keinginan untuk membeli barang apa pun yang dimau. Akan tetapi, tidak semua barang yang diinginkan akan terpakai. Oleh karena itu, dahulukan barang yang memang dibutuhkan.

2. Membuat daftar keperluan yang membutuhkan uang

Langkah selanjutnya membuat daftar pengeluaran yang membutuhkan uang. Agar lebih efektif, Anda bisa daftar barang yang hendak dibeli berdasarkan skala prioritasnya, baik itu per minggu maupun per bulan.

Dengan begitu, Anda bisa memperkirakan pengeluaran serta sisa yang didapatkan. Anda juga bisa menekan beberapa pengeluaran di area tertentu, seperti kuota internet.

3. Membawa bekal makanan dan minuman

Cara hemat uang jajan yang efektif, yaitu dengan membawa bekal makanan dan minuman dari rumah. Meski terlihat sepele, tapi langkah ini rupanya cukup berpengaruh besar.

Anda bisa mempersiapkan bahan-bahan di malam harinya agar tidak keteteran di waktu pagi. Manfaatkan juga beberapa bahan yang mudah dimasak, seperti roti, frozen food, pasta, dan sebagainya.

4. Sarapan pagi di rumah

Agar tidak jajan di awal hari, sebaiknya selalu sarapan pagi di rumah. Langkah ini cukup efektif untuk memangkas uang jajan secara signifikan. Dengan begitu, Anda tidak perlu jajan di pagi hari. 

5. Membuat target menabung

Buatlah target menabung Anda dari uang yang dimiliki, misalnya 20 persen dari uang bulanan. Patuk nominal uang yang ingin ditabung per bulannya secara rutin dan disiplin.

6. Mencari diskon

Cara hemat dalam membelanjakan uang jajan lainnya adalah dengan mencari barang-barang yang didiskon. Biasanya, potongan harga ini diberikan pada momen-momen tertentu, seperti akhir tahun, hari kemerdekaan, Lebaran, dan lainnya.

Selain itu, beberapa e-commerce juga sering mengadakan promo dan voucher potongan harga di tanggal dan bulan kembar seperti 10.10. Dengan begitu, Anda bisa berbelanja hemat. 

7. Membawa uang tunai seperlunya

Agar bisa menghindari jajan yang berlebihan, sebaiknya bawa uang tunai atau cash seperlunya saja. Terlebih lagi saat ini Anda sudah bertransaksi secara nontunai.

8. Kurangi nongkrong di luar

Cara hemat uang jajan harian selanjutnya adalah dengan mengurangi nongkrong di luar, misalnya dari sebulan empat kali menjadi sebulan dua kali. Dengan begitu, uang tersebut bisa Anda simpan maupun digunakan untuk keperluan mendesak lainnya.

9. Naik kendaraan umum

Metode lainnya yang patut dicoba adalah dengan menaiki transportasi umum. Akan tetapi, tidak semua orang cocok dengan langkah yang satu ini. Anda bisa membandingkan pengeluaran yang dikeluarkan saat naik kendaraan pribadi dengan transportasi.

10. Mencatat pengeluaran

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah dengan mencatat pengeluaran. Cocokan daftar keperluan Anda dengan yang telah dibeli. Selain itu, cara ini juga dapat membantu Anda untuk melihat pengeluaran yang bisa diminimalisir.

Itulah tadi sejumlah cara hemat uang jajan yang bisa Anda lakukan. Mudah bukan? Semoga informasi di atas bisa membantu Anda dalam mengatur keuangan, ya!

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

OPEC+ Sepakat Tunda Kenaikan Produksi Minyak Hingga November
Bisnis Manajemen Fasilitas ISS Tumbuh 5% saat Perlambatan Ekonomi
7 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Harganya Fantastis!
Gagal Tembus Resisten, IHSG Diprediksi Konsolidasi
Fitur AI Jadi Alasan Canva Naikkan Harga hingga 300%
Pertamina Siapkan 15 Persen Belanja Modal untuk Transisi Energi