5 Jenis Pinjaman Bunga Rendah, Lebih Cepat dan Aman!

Solusi bagi Anda yang membutuhkan dana cepat.

5 Jenis Pinjaman Bunga Rendah, Lebih Cepat dan Aman!
ilustrasi mengajukan pinjaman bunga rendah (pexels.com/Tima Miroshnichenko)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Ada lima jenis pinjaman bunga rendah yang bisa menjadi rekomendasi untuk Anda. Bunga menjadi salah satu faktor yang harus Anda pertimbangkan saat mengambil pinjaman. Bunga yang terlalu tinggi dapat membuat angsuran menjadi membengkak.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena masih ada beberapa jenis pinjaman dengan bunga rendah. Apa saja itu? Simak daftar selengkapnya di sini serta tips memilih pinjaman bunga rendah.

Mengenal pinjaman bunga rendah

ilustrasi menghitung uang (pexels.com/Yan Krukov)

Bank merupakan lembaga keuangan di sebuah negara yang menghimpun, mengelola, serta mengatur seluruh hal yang berkaitan dengan keuangan. Salah satu layanan yang disediakan bank adalah pinjaman dana.

Ada berbagai jenis pinjaman dana yang disediakan oleh bank dengan bunga yang beragam. Tentunya bunga tersebut akan dibebankan oleh debitur atau nasabah. 

Akan tetapi, Bunga yang terlalu tinggi nantinya dapat memberatkan nasabah. Oleh sebab itu, pihak bank juga menawarkan pinjaman dengan bunga rendah. Biasanya, bunga yang ditawarkan tidak lebih dari 2 persen dan di bawah 1 persen per bulannya.

Jenis-jenis pinjaman bunga rendah

ilustrasi pinjaman bunga rendah (pexels.com/Karolina Grabowska)

Berikut ini terdapat lima jenis pinjaman bunga rendah yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, antara lain:

1. Kredit dengan Agunan

Jenis pinjaman bunga rendah pertama kredit dengan agunan. Layanan pinjaman ini diberikan kepada nasabah dengan syarat terdapat jaminan aset yang diserahkan, seperti rumah, tanah dan sebagainya.

Umumnya, layanan Kredit dengan Agunan ditujukan untuk nasabah yang mengajukan pinjaman dengan dana yang cukup besar. Tak heran jika pencairannya membutuhkan waktu yang lebih lama. Meski begitu, jenis layanan pinjaman ini memiliki bunga yang lebih rendah dari Kredit Tanpa Agunan (KTA).

2. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan layanan pinjaman yang dilakukan tanpa perlu memberikan jaminan pada bank. Cara pengajuan jenis pinjaman ini juga cukup mudah dan banyak digemari oleh masyarakat.

Tentunya terdapat syarat maupun ketentuan mengajukan pinjaman ini. KTA hanya bisa diajukan untuk kebutuhan mendesak, seperti modal usaha, renovasi rumah, pendidikan dan lainnya. Untuk bunganya sendiri mulai dari 0,99 persen. 

3. Kredit Pembelian Mobil (KPM)

Jenis pinjaman bunga rendah yang cukup familiar adalah Kredit Pembelian Mobil (KPM). Layanan ini diberikan kepada nasabah yang ingin membeli mobil, baik baru maupun bekas.

Adapun bunga pinjaman yang diberikan cukup rendah, yaitu 4,8 persen per tahun dengan tenor hingga 5 tahun lamanya.

4. Kredit Kepemilikan Rumah (KPR)

Jenis pinjaman bunga rendah selanjutnya adalah Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) Layanan pinjaman ini ditujukan untuk nasabah yang ingin membeli rumah tanpa perlu mengeluarkan modal di awalnya.

Adapun bunga yang diajukan tergantung dari kebijakan setiap bank. Diperkirakan bunganya mulai dari 6–10 persen pada 1–5 tahun pertama. Untuk tenor pelunasannya sendiri bisa mencapai 25 tahun.

5. Kredit Multi Guna (KMG)

Kredit Multi Guna (KMG) mirip dengan kredit dengan agunan, di mana nasabah harus menyertai jaminan untuk melakukan pinjaman. Jenis layanan pinjaman ini menjadi solusi bagi Anda yang ingin memenuhi kebutuhan pribadi. Untuk bunganya sendiri mulai dari 10,5 persen dengan tenor 15 tahun.

Tips memilih pinjaman bunga rendah

ilustrasi menghitung uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Sebelum Anda mengajukan pinjaman, ada baiknya Anda memerhatikan beberapa poin berikut ini:

1. Memahami persyaratan

Anda juga patut waspada dengan layanan yang memberikan pinjaman bunga rendah. Untuk itu, pahami terlebih dahulu syarat dan ketentuan yang diberikan sebelum pengajuannya. 

2. Perhatikan besaran pinjaman

Perhatikan pula besaran yang yang Anda pinjaman, apakah Anda mampu melunasi hutang tersebut atau tidak. Sesuaikan pula besaran pinjaman dengan kemampuan Anda.

3. Melakukan perbandingan

Anda bisa melakukan perbandingan pada beberapa bank. Hal ini karena setiap bank memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Setelahnya, Anda baru bisa memutuskan untuk memilih bank yang cocok dengan kemampuan Anda.

Itulah tadi jenis pinjaman bunga rendah yang bisa menjadi alternatif untuk Anda. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda yang sedang membutuhkan dana.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

35 Ucapan Maulid Nabi Muhammad 2024, Penuh Makna!
Meninjau Valuasi Spin-Off Anak Usaha Adaro dan Dampaknya
Adhi Karya Digugat PKPU Gara-Gara Proyek Hambalang
Apakah Uang Rp100 Ribu Bisa investasi? Ini Pilihannya
Mobil BYD Mulai Banyak Terlihat di Jalan, Ini Data Impornya
Tiga Pesan Penting Sidang Kabinet Terakhir Jokowi di IKN