7 Tips Investasi Tanah Kaveling yang Mengungtungkan

Menawarkan keuntungan yang berlipat.

7 Tips Investasi Tanah Kaveling yang Mengungtungkan
ilustrasi tanah kavling (unsplash.com/Anshu A)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Tips investasi tanah kavling atau kaveling di bawah ini bisa menjadi acuan bagi Anda yang tertarik menanamkan modal di bidang ini. Jenis investasi satu ini cukup menggiurkan dan mendatangkan keuntungan.

Seperti yang diketahui, kaveling adalah tanah dengan ukuran pasti yang letaknya bisa berada di luar maupun di dalam perumahan. Tanah tersebut biasanya sudah dalam kondisi terbagi dalam bentuk petak-petak dengan ukuran tertentu.

Tanah kaveling tidak hanya digunakan untuk membangun perumahan saja, tapi juga bisa dibangun ruko dan bangunan lainnya. Biasanya tergantung dari kebijakan pengembang atau developer.

Investasi di bidang properti seperti tanah atau rumah memang sangat menguntungkan. Hal ini disebabkan harga akan terus meningkat, seiring dengan pertambahan penduduk atau keramaian di daerah tersebut.

Selain mendatangkan keuntungan yang berlipat-lipat, Anda tidak memerlukan biaya yang terlalu besar untuk perawatannya.

Meski begitu, investasi di bidang properti juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Untuk itu, Anda perlu langkah yang strategis dalam melakukannya.

Berikut ini sejumlah tips investasi tanah kaveling yang patut untuk dicoba. Simak selengkapnya!

1. Mencari informasi harga tanah terbaru

ilustrasi mencari informasi (unsplash.com/firmbee)

Tips investasi tanah kavling adalah mencari informasi mengenai harga tanah terbaru. Anda bisa menggunakannya sebagai perbandingan harga tanah yang ingin dibeli. Untuk itu, sebaiknya untuk tidak terburu-buru dalam membelinya.

Harga tanah di suatu kawasan tentu berbeda dengan kawasan lainnya. Anda harus memiliki gambaran harga tanah di area tersebut. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan harga tanah terbaik nantinya.

2. Mencari lokasi tanah strategis

ilustrasi lokasi (unsplash.com/Sylwia Bartyzel)

Jika Anda ingin tanah yang dibeli mengalami kenaikan, belilah tanah kaveling dengan lokasi yang strategis. Hal ini akan menjadi nilai tambah dibanding tanah kosong lainnya.

Misalnya, Anda membeli tanah di pinggir jalan besar atau di pusat kota. Dikarenakan letaknya yang strategis, sehingga banyak orang yang mengincar tanah tersebut.

Terlebih lagi bila dibarengi dengan fasilitas yang lengkap, di area umum, atau mudah dijangkau. Anda akan mendapatkan return yang besar bila menjualnya.

3. Memeriksa kelengkapan surat dan dokumen

ilustrasi dokumen (unsplash.com/ Dimitri Karastelev)

Langkah selanjutnya yang harus Anda pertimbangkan adalah membeli tanah kaveling yang memiliki kelengkapan surat atau dokumen yang lengkap dan jelas.

Selain itu, pastikan pula legalitas dari dokumen tersebut. Hal ini perlu untuk diperhatikan demi meminimalisir risiko di kemudian hari.

4. Memperhatikan kontur tanah

ilustrasi tanah (unsplash.com/Neslihan Gunaydin)

Tips investasi tanah kaveling lainnya adalah memperhatikan kontur tanah yang dibeli. Selain itu, lihat juga lokasinya apakah rawan dari longsor atau banjir.

5. Menentukan harga jual

ilustrasi menghitung uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Menentukan harga jual tanah kaveling tidak bisa disamaratakan. Anda perlu juga untuk melihat kondisi lokasi dan harga tanah di sekitarnya.

Misalnya, harga tanah kaveling yang jauh dari jalan raya sebesar Rp15 juta. Sedangkan, harga tanah kavling yang dekat dari jalan raya sebesar Rp30 juta. 

6. Menjual dengan developer yang terpercaya

ilustrasi kerja sama (unsplash.com/ Chris Liverani)

Bila Anda ingin menjual tanah kaveling tersebut, pilihlah developer atau pengembang yang baik dan terpercaya. Carilah pengembang yang berusaha untuk meningkatkan nilai dari produk Anda.

7. Meningkatkan harga jual tanah

ilustrasi membersihkan tanah (unsplash.com/Tim Foster)

Selain lokasi tanah, Anda bisa meningkatkan harga jual tanah kaveling dengan melakukan perawatan atau pembersihan. Jika memiliki modal yang berlebih, Anda bisa melakukan pengerasan, sehingga tanah lebih mudah dan lebih cepat untuk terjual.

Itulah tadi seputar tips investasi tanah kaveling yang bisa dilakukan. Jadi, kapankah untuk mulai berinvestasi di bidang ini?

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

12 Tahun Dijual, Rumah Mewah Michael Jordan di Chicago Akhirnya Laku
Isak Tangis Sri Mulyani di Banggar DPR Usai Sepakati RUU APBN 2025
OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023
Perbedaan Istana Garuda dan Istana Negara IKN, Jangan Keliru
Alibaba Pertahankan Kepemilikan 88 Miliar Saham GoTo hingga 5 Tahun
Bunga Acuan Turun, BI Proyeksikan Kredit Bank Tumbuh 12%