Fokus Edukasi, Jakarta Wine Festival Digelar di Ashta District 8

Membawa minuman wine ke kalangan yang lebih luas.

Fokus Edukasi, Jakarta Wine Festival Digelar di Ashta District 8
Jakarta Wine Festival di Ashta District 8. (Fortuneidn/Bayu)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Komunitas Jakarta Wine Club Series bersama Ashta Mall District 8 menggelar Jakarta Wine Festival pada 31 Agustus-2 September 2023. Acara ini membawa konsep edukasi seputar minuman wine bagi berbagai kalangan.

Pemrakarsa acara sekaligus pendiri Jakarta Wine Club, Pritha Casadevall, mengatakan bahwa Jakarta Wine Festival akan fokus pada edukasi minuman wine kepada lebih banyak lagi lapisan masyarakat. “Customer yang berada di Jakarta, khususnya di wilayah selatan, ingin sekali diedukasi, tapi tidak tahu ke mana. Mereka ingin sekali tasting wine yang lebih banyak tapi kalau ke retail jenis untuk wine by the glass tidak banyak,” katanya dalam konferensi pers, Rabu (30/8).

Menurutnya, persiapan acara bertema ‘Art of Celebration’ ini hanya sekitar 3 bulan, tapi diharapkan bisa meningkatkan animo masyarakat di luar industri wine untuk bisa mendapatkan akses ke acara-acara seperti international wine festival. “Customer bisa memiliki pengalaman untuk mengetahui tidak hanya jenama wine internasional, yang dibawa oleh para importir, tapi juga bisa mengapresiasi produk lokal yang berkembang di Indonesia,” ujarnya.

Dalam acara ini, ada total 20 workshop mengenai wine, seni, kuliner, kesehatan mental, dan sustainability. Berbagai workshop dirancang untuk pemula di dunia wine hingga para expert. Ada juga pengenalan gelas wine, cara membaca menu wine, dan lainnya.

Selain itu, ada wine and cheese pairing, wine and seafood pairing, serta food pairing dengan chef ternama. Bahkan, sertifikasi Wine & Spirit Education Trust (WSET) level 1 juga masuk dalam program Jakarta Wine Festival.

Target

Konferensi pers Jakarta Wine Festival, Rabu (29/8). (Fortuneidn/Bayu)

Pritha menyebut, acara ini diharapkan bisa meraup transaksi penjualan sebesar-besarnya, meski edukasi adalah fokus utama dari Jakarta Wine Festival. “Kami rely on penjualan token yang dijual per lembar yang bisa ditukarkan untuk 5 tasting wine dan 1 gelas,” katanya.

Para pengunjung tentunya dapat mencoba wine dan makanan yang dihadirkan. Lebih dari 300 jenis wine lokal dan mancanegara dapat dicicipi dengan cara membeli token wine tasting seharga Rp349.000. Sementara, token food senilai Rp200.000, dapat ditukarkan cheese platter, oyster, dan makanan di tenant Ashta yang berpartisipasi.

Membangun ekosistem

Jakarta Wine Festival. (dok. JWF)

Pritha mengakui bahwa membangun industri wine sebagai sebuah ekosistem menjadi tantangan yang tak mudah bagi komunitas yang dibangunnya. Jakarta Wine Festival ini lebih mengarah pada konsep Business to Consumer (B2C), sehingga edukasi dan peluang untuk lebih menyentuh lapisan masyarakat yang lebih luas bisa semakin besar.

Tantangannya, Jakarta Wine Festival harus bisa meyakinkan berbagai pihak yang diajak kerja sama, seperti Ashta, para importir, jenama-jenama wine lokal yang makin berkembang, dan para pendukung lainnya. “Jadi, sebagai penyelenggara, saya bisa pastikan apa yang kami hadirkan di sini adalah peluang baik bagi mereka untuk mengenalkan produk yang mereka bawa ke pasar yang lebih luas lagi, di Jakarta Selatan,” katanya.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

12 Tahun Dijual, Rumah Mewah Michael Jordan di Chicago Akhirnya Laku
Isak Tangis Sri Mulyani di Banggar DPR Usai Sepakati RUU APBN 2025
OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023
Perbedaan Istana Garuda dan Istana Negara IKN, Jangan Keliru
Alibaba Pertahankan Kepemilikan 88 Miliar Saham GoTo hingga 5 Tahun
Bunga Acuan Turun, BI Proyeksikan Kredit Bank Tumbuh 12%