10 Barang Hasil Lelang Termahal di Dunia, Apa Saja?

Terjual dengan harga fantastis

10 Barang Hasil Lelang Termahal di Dunia, Apa Saja?
ilustrasi lelang (pexels.com/Towfiqu barbhuiya)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Istilah lelang pasti sudah tidak asing didengar di kalangan kolektor barang. Dalam lelang, seseorang bisa menawarkan harga barang dan menaikan penawaran sesuai dengan kelipatan yang ditentukan.

Orang yang berhak mendapatkan barang ialah peserta lelang yang telah memberikan penawaran tertinggi dan tidak ada penawaran lain setelahnya. 

Tidak heran, harga barang yang dilelang bisa melambung tinggi karena penawaran yang diberikan. Bahkan, beberapa barang hasil dinobatkan sebagai barang lelang termahal di dunia.

Dilansir situs newbondstreetpawbrokers.com, berikut beberapa daftar barang yang masuk ke dalam barang lelang termahal yang pernah ditawar di dunia.

1. Lukisan Salvator Mundi karya Leonardo Da Vinci

Barang Hasil Lelang Termahal Di Dunia yang pertama datang dari lukisan Salvator Mundi karya Leonardo Da Vinci.

Dibuat pertama kali pada tahun 1499, lukisan ini berhasil dikenali sebagai mahakarya Leonardo yang telah lama hilang pada tahun 1625.

Salvator Mundi dianggap sebagai mahakarya terakhir yang dibuat oleh Leonardo Da Vinci.

Sempat dipajang di National Gallery London, lukisan ini berhasil dilelang dan dibeli oleh Putera Mahkota Saudi Arabia, Muhammad bin Salman al-Saud.

Lukisan tersebut berhasil terjual dengan harga 450 juta dolar AS di tahun 2017.

2. Lukisan Interchange karya Willem De Kooning

Lukisan karya Willem De Kooning juga mencatat namanya sebagai barang lelang termahal.

Willem De Kooning dikenal sebagai pencetus lukisan ekspresionisme abstrak yang berperan penting dalam perkembangan seni modern di Amerika Serikat.

Lukisan berjudul Interchange yang dibuat pada tahun 1955 berhasil terjual dengan harga yang fantastis.

Di tahun 2015, lukisan tersebut dilelang dan dijual dengan harga 300 juta dolar AS. Dengan begitu, mahakarya Willem De Kooning berada di peringkat kedua hingga saat ini.

3. Lukisan Shot Sage Blue Marilyn karya Andy Warhol

Potret Marilyn Monroe dengan latar belakang berwarna sage karya Andy Warhol menjadi barang hasil lelang termahal di dunia. Berukuran 258 centimeter persegi, lukisan tersebut dibuat oleh pelukisnya pada tahun 1960-an.

Mahakarya ini juga termasuk bagian dari lima lukisan slickscreen yang dibuat Warhol dari Monroe. Setelah beberapa lama dipajang dalam galeri seni, lukisan pop art ikonik tersebut dilelang pada tahun 2022. 

Termasuk lukisan yang sangat terkenal, lukisan tersebut berhasil dilelang di angka 195 juta dolar AS. Angka yang cukup fantastis bukan untuk sebuah lukisan?

4. Lukisan Les Femmes d’Alger (Versi O) karya Pablo Picasso

Pada peringkat empat ada lukisan karya Pablo Picasso. Lukisan Les Femmes d’Alger (Versi O) dibuatnya pada tahun 1955. Mahakarya tersebut dilukis sebagai bentuk penghormatan pada lukisan Les Femmes d’Alger yang dihormati oleh Matisse.

Pada tahun 2015, lukisan tersebut menjadi salah satu barang yang dilelang di Christie. Tidak tanggung-tanggung, mahakarya tersebut berhasil ditawar dan dijual dengan harga 179 juta dolar AS.

5. The Gigayacht

Barang hasil lelang termahal di dunia berikutnya adalah kapal pesiar The Gigayacht.

Kapal berukuran raksasa ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas mewah dan megah, mulai dari bioskop, helipad, hingga belasan kamar dengan fasilitas mewah. 

Sebagai informasi, kapal pesiar ini masih dalam tahap pembangunan. Meskipun begitu, kapal ini sudah terjual. Dibeli oleh miliarder asal Rusia, Roman Abramovich, The Gigayacht berhasil dilelang dengan 168 juta dolar AS.

6. Instalasi Giacometti Pointing Man

Instalasi Giacometti Pointing Man atau dikenal juga dengan nama L’Homme au doigt sukses terjual dalam lelang di New York seharga 141 juta dolar AS pada tahun 2017.

Termasuk mahakarya Alberto Giacometti, instalasi ini dibuat pada tahun 1947. Kala itu, Giacometti total membuat enam instalasi sekaligus, termasuk  L’homme au doigt.

Karya instalasi yang dibuatnya bisa Anda temui di beberapa museum seni di beberapa negara, mulai dari Museum Seni Modern New York hingga Pusat Seni Des Moines.

7. Mercedes Benz 300 SLR Uhlenhaut Coupe 1955

Siapa yang tidak kenal dengan merek kendaraan Mercedes Benz. Perusahaan otomotif tersebut memang dikenal dengan produknya yang mewah dan eksklusif. 

Mercedes Benz 300 SLR Uhlenhaut Coupe yang dibuat pada tahun 1955 termasuk sebagai barang hasil lelang termahal di dunia. Mobil ini dilelang secara pribadi di Sotheby dan cukup menarik perhatian kolektor otomotif. 

Mobil buatan Mercedes Benz satu ini akhirnya berhasil dimenangkan dengan tawaran sebesar 144 juta dolar AS.

8. Lukisan The Scream karya Edvard Munch

Mahakarya The Scream karya Edvard Munch juga termasuk barang lelang yang berhasil terjual dengan harga fantastis.

Menampilkan seorang pria yang berteriak dengan latar belakang berputar-putar, lukisan ini menjadi salah satu lukisan ikonik karya Edvard Munch.

Pada tahun 2012, lukisan tersebut dilelang di New York dengan perkiraan harga jual sekitar 80 juta dolar AS. Namun, penawaran melambung tinggi dalam kurun waktu kurang dari satu jam.

Pada akhirnya, lukisan The Scream berhasil terjual dengan harga 120 juta dolar AS.

9. Pink Star Diamond

Barang hasil lelang termahal di dunia berikutnya adalah Pink Star Diamond. Permata satu ini pertama kali ditambah oleh perusahaan De Beers Botswana pada tahun 1999. 

Jenis permata satu ini termasuk yang paling langka dari jenis lainnya. Karena kelangkaan tersebut, Pink Star Diamond berhasil terjual dengan harga yang fantastis.

Pada tahun 2017, Pink Star Diamond berhasil terjual oleh pembuat perhiasan asal Hong Kong, Chow Tai Fook dengan tawaran 71 juta dolar AS.

10. Oppenheimer Blue Diamond

Oppenheimer Blue Diamond juga termasuk berlian termahal yang pernah terjual dalam sebuah lelang. 

Berlian berwarna biru cerah tersebut memiliki berat 14,62 karat yang dikategorikan sebagai yang terbesar oleh Institut Gemologi Amerika. Pada bulan Mei 2016, barang ini mencapai harga jual sebesar 57,5 juta dolar AS.

Itu dia beberapa barang hasil lelang termahal di dunia yang pernah ditawar dan didapatkan dengan harga fantastis. Tertarik untuk menawar beberapa barang lelang di atas?

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

35 Ucapan Maulid Nabi Muhammad 2024, Penuh Makna!
Meninjau Valuasi Spin-Off Anak Usaha Adaro dan Dampaknya
Adhi Karya Digugat PKPU Gara-Gara Proyek Hambalang
Apakah Uang Rp100 Ribu Bisa investasi? Ini Pilihannya
Mobil BYD Mulai Banyak Terlihat di Jalan, Ini Data Impornya
Tiga Pesan Penting Sidang Kabinet Terakhir Jokowi di IKN