10 Makanan Termahal di Dunia 2022, Ada yang Mencapai Rp2 Miliar

Pecinta kuliner rela membayar makanan termahal di dunia.

10 Makanan Termahal di Dunia 2022, Ada yang Mencapai Rp2 Miliar
Caviar Albino Almas/Dok. wnfcaviarheritage.com
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Berapa harga makanan termahal yang pernah Anda coba? Mungkin ada yang harganya ratusan ribu hingga sekian juta rupiah. Namun, tahukah Anda ada makanan termahal di dunia yang harganya mencapai miliaran rupiah?

Makanan termahal di dunia tetap ada peminatnya, sebab pencinta kuliner terkadang rela membayar mahal demi bisa menikmati makanan lezat buatan chef terkenal. 

Selain itu, menyantap makanan mahal sering kali menjadi simbol status sosial seseorang. Namun, meskipun mahal tentunya makanan tersebut juga dibuat dengan bahan yang berkualitas tinggi dan proses pengolahan yang istimewa. Berikut daftar makanan termahal di dunia yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Kaviar Albino

Kaviar merupakan telur dari ikan sturgeon. Makanan makanan termahal di dunia ini sering dihidangkan di restoran mewah karena memang harganya yang mahal.

Mengutip Fine Dining Lovers, Kaviar putih adalah telur ikan sturgeon albino Jika kaviar biasa saja sudah mahal, bayangkan jika ini caviar dari ikan sturgeon albino yang sangat langka. Harga kaviar jenis ini sangat tinggi. 

Termasuk makanan termahal di dunia, Kaviar Albino ini dibandrol dengan harga 8.500 euro atau sekitar Rp138 juta per 1 kilogram.

2. Yubari King Melons

Yubari King Melon jadi salah satu makanan termahal di dunia. Bisa dikatakan inilah buah melon termahal di dunia. 

Melon dari Yubari ini hanya ada 100 buah dan dijual lewat proses lelang. Harga termahal yang berhasil terjual pada saat pelelangan untuk buah melon ini adalah US$23 ribu atau sekitar Rp329,9 juta.

3. Kaviar Almas

Kaviar Almas juga termasuk makanan termahal di dunia. Sulit mendapatkannya karena kaviar jenis ini berasal dari Iran dan masuk dalam jenis yang langka. 

Makanan termahal di dunia ini tak dijual di sembarang tempat, caviar yang ditempatkan di dalam kaleng terbuat dari emas 24 karat ini hanya tersedia di toko Caviar House & Prunier di Piccadilly, London. 

Harganya dibandrol US$25 ribu atau setara dengan Rp358,6 juta per kg. Terbilang fantastis dan layak menyandang predikat makanan termahal di dunia.

4. Densuke Black Watermelon

Makanan termahal di dunia berikutnya merupakan buah semangka hitam yang cukup langka. Semangka Densuke hanya tumbuh di Pulau Hokkaido, Jepang. 

Meski hitam, tetapi rasanya sangat manis dan segar. Harga semangka Densuke dibandrol dengan harga US$6.100 atau sekitar Rp87,5 juta.

5. Domenico Crolla's Pizza Royale 007

Kreasi pizza yang dibuat oleh seorang koki Skotlandia terkenal bernama Domenico Crolla masuk dalam daftar makanan termahal di dunia. Mengapa?

Pizza berukuran 12 inci ini diisi dengan lobster yang sudah direndam dalam cognac, kaviar yang sudah direndam dengan sampanye, saus tomat, salmon asap Skotlandia, prosciutto, daging rusa, dan cuka vintage.

Harganya kian melambung karena disertai serpihan emas 24 karat yang ditaburkan di atas pizza, sehingga membuat pizza ini tampak sangat mewah. Pizza ini dibandrol dengan harga US$4.200 atau setara dengan Rp60 juta. 

6. Craftsteak's Wagyu RibEye Steak

Makanan termahal di dunia berikutnya adalah daging sapi dari daerah Kode, Hyogo, Jepang. Sapi penghasil daging wagyu dibesarkan dengan makanan khusus dan perawatan yang istimewa. Tak heran jika harganya pun mahal, sebanding dengan kualitasnya.

Craftsteak Wagyu Rib Eye Steak menjadi salah satu olahan wagyu yang harganya fantastis. Makanan ini dibandrol dengan harga US$2.800 atau setara dengan Rp40 juta.

7. The Frrrozen Haute Chocolate

Makanan makanan termahal di dunia agak unik karena menyandang predikat es krim termahal dan termewah di dunia. 

Es krim ini memiliki kandungan campuran 28 cocoas, termasuk 14 yang paling mahal di dunia. 

Disajikan di piala dengan lapisan emas yang bisa dimakan, makanan ini juga dihiasi dengan gelang emas 18 karat dengan 1 karat berlian untuk bagian dasar sundae.

8. Keju Moose

Keju moose terbuat dari susu rusa moose berukuran besar. Rusa dengan tanduk lebar ini diternakan oleh masyarakat sekitar. Keju jenis ini hanya diproduksi di satu tempat, yakni peternakan Moose House di Swedia.

Dalam setahun, produksi keju moose tak lebih dari 270 kilogram saja. Inilah yang membuat keju ini memiliki harga selangit.

Rasa keju ini terbilang unik karena creamy dan lebih gurih dibanding keju susu sapi.  Keju Moose dibanderol harga 1.000 euro atau sekitar Rp16 juta.

9. Bombay Brassiere's Samundari Khazana Curry

Salah satu makanan makanan termahal di dunia ini terbuat dari kepiting Devon, truffle putih, kaviar Beluga, daun emas, lobster Skotlandia, empat abalones, dan empat telur puyuh. 

Bombay Brassiere's Samundari Khazana Curry dibanderol dengan dengan harga US$3.200 atau setara dengan Rp45 juta.

10. Italian White Alba Truffle

Italian White Alba Truffle merupakan jenis jamur yang tumbuh liar dan alami dan termahal tahun ini. Meski tumbuh liar, tapi jamur ini memiliki harga yang sangat mahal.

Salah satu jenis truffle yang harganya mahal, yaitu truffle alba putih. Harga jamur ini mencapai US$160 ribu atau setara dengan Rp2,3 miliar per 1,5 kg. 

Itulah 10 makanan termahal di dunia yang harganya tak masuk akal, tetapi tetap ada peminatnya. Apakah Anda pernah mencoba salah satunya?

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

12 Tahun Dijual, Rumah Mewah Michael Jordan di Chicago Akhirnya Laku
Isak Tangis Sri Mulyani di Banggar DPR Usai Sepakati RUU APBN 2025
OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023
Perbedaan Istana Garuda dan Istana Negara IKN, Jangan Keliru
Alibaba Pertahankan Kepemilikan 88 Miliar Saham GoTo hingga 5 Tahun
Bunga Acuan Turun, BI Proyeksikan Kredit Bank Tumbuh 12%