15 Lapangan Golf Terbaik di Indonesia 2023

Tempat favorit untuk bermain golf.

15 Lapangan Golf Terbaik di Indonesia 2023
Dok. Bukit Pandawa Golf & Country Club
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Golf menjadi salah satu jenis olahraga yang populer di Tanah Air. Olahraga ini diminati sebab golf dapat dimainkan di alam terbuka sambil menikmati udara segar.

Peminat golf di Indonesia pun terus tumbuh dan berkembang, apalagi kini didukung situasi yang kembali normal pascapandemi. Direktur PT Leonian Golf Indonesia, Wisnu Sanjaya mengatakan pemain dan peminat golf pasca pandemi dan pencabutan PPKM  di Indonesia terus mengalami peningkatan.

“Dari catatan kami, pasca pandemi sejak 2022-2013 peminiat olahrga golf Indoneia sebagai pemula  terus meningkat dan mencapai 20-25 persen,” ujarnya dalam peluncuran Stick Golf Callaway Paradym 2023 beberapa waktu lalu, dikutip dari mnctrijaya.com (18/8).

Selain membaiknya situasi, peningkatan juga didukung pengembangan fasilitas golf yang terus tumbuh. Tak heran pencarian lapangan golf terbaik banyak dilakukan para penggemar olahraga yang satu ini. 

Lapangan golf di Indonesia tersebar di beberapa kota besar dengan kualitas lapangan mulai dari fasilitas hingga rumput yang terbaik. Golflux, salah satu operator tur golf andal di Vietnam, Thailand, Laos, Kamboja, Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, UEA, dan di Asia telah merangkum 15 lapangan golf terbaik di Indonesia 2023.

  1. Bali National Golf Resort
  2. Bukit Pandawa Golf Country Club
  3. Nirwana Bali Golf Club
  4. Royale Jakarta Golf Club
  5. New Kuta Golf
  6. Damai Indah Golf Course
  7. Pondok Indah Golf Course
  8. Rancamaya Golf Country Club
  9. Jagorawi Golf and Country Club
  10. Bintan Lagoon Golf Club Seaview Course
  11. Riverside Golf Club
  12. New Kuta Golf Course
  13. Parahyangan Bandung Golf Course
  14. Merapi Golf Yogyakarta Golf Course
  15. Klub Golf Bogor Raya Golf Course

Merangkum golflux.com, berikut ini informasi dari beberapa golf course dalam daftar tersebut yang dapat menjadi referensi untuk Anda.

1. Bali National Golf Resort

Dok. BALI NATIONAL GOLF

Pegolf mana yang tidak melakukan tee off di Bali National Golf Course? Didukung keindahan alam tropis dan suasana tenang, para pegolf bisa menghabiskan waktu di lapangan golf terbaik di Indonesia, Bali National Golf Resort. 

Lapangan golf yang berada di dekat Nusa Dua ini dapat ditempuh sekitar 20 menit dari Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai melalui Tol Bali Mandara.

Menyajikan tiga environment dan 18 hole atau lubang, tentu memanjakan para pegolf, baik pro, beginner, adapun untuk bermain fun golf di akhir pekan.

Dengan tiga suasana berbeda, mulai dari tanaman tanaman tropis, lingkungan rumput luas, dan adanya danau ditambah pemandangan pulau hijau di pinggirnya akan memberikan pengalaman berbeda saat bermain di Bali National Golf Resort.

2. Bukit Pandawa Golf & Country Club

Bukit Pandawa Golf & Country Club terletak di Desa Kutuh, Kuta Selatan, tepatnya bersebelahan dengan Pantai Pandawa yang tersohor. Dibuka sejak 2016, lapangan golf kelas dunia ini karena menyajikan pemandangan Samudera Hindia yang sungguh memanjakan para golfer.

Dirancang oleh Bob Moore dari California-based JMP Golf Design Grup, Bukit Pandawa Golf & Country Club berhasil meraih World's Best Par 3 Golf Course pada tahun 2017. Lapangan merupakan lapangan golf 18 hole dengan par 3 di Bali sekaligus pertama di Asia Tenggara dengan 18 hole par 3.

Bukit Pandawa Golf Country Club menawarkan 18 lubang golf par-3 kaliber kejuaraan, banyak di antaranya didukung oleh peninggalan arsitektur pedesaan dan pemandangan India yang spektakuler. 

Bukit Pandawa Golf & Country Club juga dilengkapi dengan beragam fasilitas. Clubhouse yang berdiri di atas lahan seluas 3000 meter persegi dan atap bergaya Bali dilengkapi locker room untuk pria dan wanita. Ada pula Restoran Kul-Kul  siap menyajikan hidangan yang menggugah selera serta pro shop yang dipenuhi dengan beragam perlengkapan dan aksesoris serta apparel dari merek ternama.

3. Nirwana Bali Golf Club

Dok. Nirwana Bali Golf Club

Course ketiga dalam daftar lapangan golf terbaik di Indonesia adalah Nirwana Bali Golf Club yang dirancang oleh pegolf legendaris Greg Norman.

Nirwana Bali Golf Club resmi dibuka pada tahun 1997. Lokasinya berada dalam  kawasan  Pan Pasific Nirwana Bali Resort,  tepatnya di daerah Tabanan.  Lapangan ini menawarkan pemandangan spektakuler Samudera Hindia berpadu dengan  hamparan sawah menghijau, tetapi tetap memberikan tantangan dan pengalaman golf kelas dunia.  

Nirwana Bali Golf Club terdiri atas 18 hole dengan par 72 yang terbentang sepanjang 6308 dari tee championship yang dikenal sebagai shark tee di lapangan ini. Untuk menuju lapangan ini dibutuhkan waktu sekitar 20 menit dari Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

4. Royale Jakarta Golf Club

Dok. Royale Jakarta Golf Club

Royale Jakarta Golf Club merupakan salah satu lapangan golf terbaik yang dimiliki Indonesia. Dirancang oleh Bob Moore Jr. & JMP Group, lapangan ini memiliki 27 hole yang terbentang sejauh 10.023 meter.

Royale Jakarta Golf Club dibuka sejak 2008. Lokasinya terbilang strategis dan dekat dengan Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, atau berjarak hanya 700 meter dari gerbang tol keluar Pondok Gede.

Royale Jakarta Golf Club menjadi destinasi para golfer mancanegara dan fasilitas yang tersedia pun tak kalah lengkap dan bertaraf elite internasional. 

Sejak 2011 hingga 2022 lalu, lapangan ini menjadi lokasi digelarnya turnamen Indonesian Masters.

5. New Kuta Golf

Dok. New Kuta Golf Club

New Kuta Golf Club terletak di daerah Pecatu Indah Resort, Jimbaran, Lokasinya benar-benar istimewa karena terletak di atas sebuah bukit dengan tebing-tebing curam yang langsung berbatasan dengan laut, memberikan pemandangan yang luar biasa. 

Salah satu daya tarik pariwisata di Bali yang dapat dilihat dari lapangan ini adalah Pantai Dreamland. Tidak hanya itu, suasana matahari terbenam yang memukau juga yang dapat disaksikan dari tempat ini.

New Kuta Golf Club memiliki 18 hole di atas area seluas 85 hektar. Beberapa turnamen bergengsi pernah digelar di sini, seperti Indonesia Open 2009 dan Ladies Master Tournament 2010.

6. Damai Indah Golf Course

Dok. Damai Indah Golf Course

Damai Indah Golf Course merupakan lapangan golf 18 hole berstandar internasional. Lapangan ini didesain oleh desainer kenamaan Robert Trent Jones Jr. 

Sejak pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 1994, lapangan yang berlokasi di Pantai Indah Kapuk (PIK)  pesisir Jakarta Utara ini telah menjadi langganan tuan rumah berbagai turnamen internasional.

Pengakuan terhadap kualitasnya juga telah membuat lapangan ini meraih berbagai penghargaan bergengsi internasional, seperti Best Golf Course in Indonesia oleh Asian Golf Monthly, The Most Favourite Golf Course – Tourism Award, dan The Rolex World 1000 Golf Course. 

Lapangan ini juga mendapat penghargaan Excellence Award dari International Association of Golf Tour Operators (IAGTO), asosiasi operator tour golf internasional.

7. Parahyangan Bandung Golf Course

Dok. Parahyangan Bandung Golf Course

Terletak di Kota Baru Parahyangan, Bandung, Parahyangan Golf Bandung merupakan lapangan golf terbesar di Jawa Barat. Menempati lahan seluas 74 hektare dengan ketinggian 650 mdpl, masing-masing lubang golf menghadirkan pemandangan dan tantangan berbeda.

Parahyangan Golf Bandung juga berhasil mendapatkan penghargaan prestisius dari Asian Golf Awards ke-20 di Gurugram, India, hanya 13 bulan sejak lapangan golf itu dibuka.  Parahyangan Golf Bandung dinobatkan sebagai “Best New Course in Asia Pacific” pada 6 November 2019.

Lapangan golf ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, di antaranya driving range, ruang VIP, ruang loker, spa, sauna, serta restoran khas Sunda.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023
The Fed Pangkas Suku Bunga 50 Bps, Sentimen Positif IHSG (19/9)
BREN Batal Masuk FTSE, Saham Prajogo Pangestu Kompak Merah
TikTok Ungkap 4 Jenis Konsumen, Penjual Harus Paham
Ini Strategi Atur Keuangan Hadapi Tekanan Ekonomi Agar Tak Turun Kelas
Transaksi Kripto Pulih, Ini Lokasi Peretas Indodax