Accor Rayakan Kekayaan Indonesia Melalui KarnavALL Batik Nusantara

Perayaan mengusung tema “Wonders of Nature”.

Accor Rayakan Kekayaan Indonesia Melalui KarnavALL Batik Nusantara
Dok. Accor
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Dalam rangka Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober, Accor, grup perhotelan terkemuka di Indonesia, mengundang para tamu untuk merayakan kekayaan lokal Indonesia melalui penawaran KarnavALL Batik Nusantara di hotel dan resor di lebih dari 30 destinasi di seluruh negeri.

Mengusung tema “Wonders of Nature”, perayaan ini mengambil inspirasi dari keindahan flora dan fauna Indonesia yang menawan, yang mewujudkan semangat harmoni dan warisan budaya.

“Kami dengan bangga mempersembahkan KarnavALL Batik Nusantara – Wonders of Nature sebagai sarana untuk mempromosikan keunikan dan kekayaan batik, tidak hanya mencakup hotel dan resor kami di seluruh Indonesia, tetapi juga menginspirasi lebih dari sekadar pengalaman menginap," kata Chief Executive Officer of Accor’s Premium, Midscale and Economy Division in Asia, Garth Simmons.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan apresiasi dan dukungan penuh atas perayaan ini.

"Perayaan ini memancarkan semangat dan keindahan budaya batik yang begitu berharga dalam sejarah dan warisan budaya kita. Batik bukan hanya sebuah kain indah, tapi juga sebuah cerita tentang identitas kearifan lokal dan kreativitas tanpa batas," katanya.

Mendorong pemberdayaan komunitas lokal

Pada perayaan spesial ini, Accor bekerja sama dengan komunitas lokal dan UMKM batik. Para tamu diajak untuk menyelami dunia batik yang mempesona dengan penawaran kamar eksklusif termasuk sarapan lezat, oleh-oleh batik yang dipilih dengan cermat, atau suvenir berbahan batik.

Pengalaman membatik yang mendalam lainnya juga disediakan di hotel-hotel, seperti hidangan teh sore bernuansa batik, pameran UMKM lokal yang menginspirasi, peragaan busana batik yang indah, lokakarya membatik, talkshow batik yang menarik, dan banyak lagi.

"Kami dengan sepenuh hati mendukung inisiatif pemerintah dan menyadari pentingnya pemberdayaan komunitas lokal. Dukungan kami diperluas ke mitra ekonomi kreatif dan UMKM, dan tujuan kami adalah menginspirasi kejayaan Indonesia melalui seni batik,“ kata Garth.

Terkait perayaan ini, Mercure Jakarta Cikini & ibis Styles Jakarta Simatupang telah berkolaborasi dengan Batik Marunda, sebuah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang didukung oleh para pengrajin terampil dari Rusun Marunda. Rangkaian pameran batik digelar pada 2 hingga 7 Oktober 2023. Selain itu, tamu hotel yang tertarik dengan seni Batik dapat ikut serta dalam kegiatan mencanting.

Pada 6 Oktober 2023, Mercure Jakarta Cikini bersama batik Marunda telah mengadakan kelas membatik bersama media dan influencer. Kegiatan kelas membatik dimulai dari praktik cara mencanting, proses mewarnai kain batik, hingga kain batik yang telah selesai diwarnai bisa dibawa pulang oleh peserta kelas membatik sebagai kenang-kenangan.

Selama acara berlangsung, lobi hotel juga dihiasi dengan suara meriah Gambang Kromong dan tarian khas Betawi dengan dukungan dari Lembaga Kebudayaan Betawi. Kegiatan yang sama juga diadakan di ibis Styles Jakarta Simatupang, masih bekerjasama dengan Batik Marunda. 

Related Topics

Accor

Magazine

SEE MORE>
Businessperson of the Year 2024
Edisi Oktober 2024
Turning Headwinds Into Tailwinds
Edisi September 2024
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024

Most Popular

Apa Itu BRICS: Sejarah dan Perannya Melawan Dominasi G7
Indonesia Mulai Proses Pengajuan Keanggotaan BRICS
Melawan Putusan Pailit, Sritex Ajukan Kasasi
Prabowo Bakal Hapus Utang 6 Juta Petani & Nelayan, Jadi Beban Bank?
RI Bakal Gabung BRICS, CSIS: Tak Perlu Karena Sudah Ada di G20
SIDO Bagi Dividen Interim Rp18/Saham, Ini Jadwalnya