Ancol Ajak Pengunjung #TemukanBanyakKeajaiban di Liburan Sekolah

Beragam atraksi wisata seru untuk mengisi liburan sekolah.

Ancol Ajak Pengunjung #TemukanBanyakKeajaiban di Liburan Sekolah
Pantai Ancol, Jakarta Utara. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Liburan akhir semester atau musim liburan sekolah telah tiba. Bagi warga Jakarta dan sekitarnya, salah satu aktivitas menarik adalah dengan menghabiskan waktu liburan dengan berwisata. Nah, sudahkah Anda berlibur ke Ancol?

“Dibangun sejak 1965, Ancol berusaha tetap relevan di tengah perkembangan zaman dan dinamika kebutuhan wisata. Strategi kami adalah menghadirkan inovasi serta meningkatkan kualitas produk dan layanan di semua lini usaha khususnya bidang rekreasi. Hingga saat ini kami memiliki banyak unit rekreasi yang memiliki keunggulan masing-masing serta Resort Putri Duyung Ancol dan Pulau Bidadari yang menjadikan Ancol kawasan wisata terpadu dan terbesar di Indonesia,” kata Direktur, PT Pembangunan Jaya Ancol, Eddy Prastiyo.

Unit rekreasi yang dimiliki Ancol adalah Dunia Fantasi, Sea World Ancol, Jakarta Bird Land, Ocean Dream Samudra, Atlantis Water Adventure, Pantai Ancol, Ecopark Ancol dan Pasar Seni Ancol. Selain itu terdapat pula unit rekreasi kerja sama dengan mitra, yaitu Faunaland Ancol dan Gondola.

Rekomendasi kegiatan seru saat liburan di Ancol

Salah satu wahana Dufan. (Shutterstock/Isnani Husnayati)

Dunia Fantasi

Pengunjung remaja biasanya selalu memulai adventurenya di Ancol dengan mengunjungi Dunia Fantasi (Dufan) yang menawarkan 32 wahana seru. Mulai dari menguji adrenalin di wahana Halilintar, duduk rileks di wahana Istana Boneka, hingga menaiki Kora-kora yang menjadi salah satu wahana favorit di Dufan.

Atlantis

Selanjutnya, Anda bisa #TemukanBanyakKejaiban di Atlantis Water Adventure, taman bermain air di kawasan Ancol Dreamland yang bertemakan peradaban mediterania kuno. Di dalamnya, ada beragam jenis kolam dan seluncuran yang asyik dan menantang.

Ombak Laut

Setelah seharian mengeksplorasi berbagai wahana, pengunjung bisa rehat dan menikmati hidangan sedap di restoran Ombak Laut yang berlokasi di Pantai Carnaval Ancol. Ombak Laut menyajikan macam-macam hidangan mulai dari seafood hingga makanan Western.

Ecopark

Coba datang pagi-pagi dan awalilah petualanganmu dengan menikmati asrinya Ecopark Ancol yang sangat luas. Ecopark terdiri dari empat zona yang yang menawarkan nilai-nilai edukasi dan petualangan dengan pendekatan green lifestyle.

Sea World

Anda bisa mengajak anak-anak bereduwisata di Sea World yang memiliki sekitar 7.300 ekor biota air tawar dan 11.500 ekor biota air laut. Biota-biota tersebut ditampilkan di 9 akuarium perairan tawar dan 19 akuarium serta 4 kolam terbuka.

Ocean Dream Samudra

Ocean Dream Samudera adalah unit oceanarium terbesar yang diresmikan pada tahun 1974. Ajak anak-anak kemari agar bisa lebih dekat dengan mamalia laut serta aneka satwa lainnya.

Jakarta Bird Land

Jakarta Bird Land yang melihatkan berbagai jenis spesies burung dari Indonesia maupun mancanegara. Unit rekreasi ini menawarkan berbagai interaksi mulai dari Bird Feeding, Direct Touch hingga interaksi baru seperti Free Range Bird dan Thematic Hardscape yang tidak ada di taman burung manapun di Indonesia

Pantai Ancol

Menjelang sore hari, jangan lupa bersantai di kawasan pantai Ancol yang memiliki area wisata cukup luas yaitu selebar 8 meter dan panjang 3,5 kilometer. Disana juga ada beberapa permainan seru untuk anak-anak, seperti Kiddy Ride, Swan Paddle Boat, dan Bumper Boat. Sebelum pulang, pastikan untuk menikmati sunset dari pinggir pantai.

Inovasi dan strategi Ancol hadirkan hiburan berkelas dunia

Media Gathering Ancol dan GOERS/Dok. GOERS

Ancol memiliki komitmen untuk tetap relevan di tengah perkembangan zaman dan dinamika kebutuhan berwisata dan dengan selalu terbuka untuk beradaptasi dengan teknologi digital. Beragam inovasi terus Ancol hadirkan demi dapat memberikan atraksi yang tidak hanya menghibur namun juga memiliki edukasi di dalamnya.

Seiring dengan perkembangan teknologi, Ancol pun terpacu untuk melakukan inovasi teknologi agar dapat terus berkembang dan bertahan. Hal ini diwujudkan dengan program digitalisasi pada mekanisme penjualan tiket yang saat ini dilakukan secara daring melalui website www.ancol.com. Program ini dapat membantu proses penjualan tiket tanpa antrian, bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja yang tentunya akan memberikan pengalaman terbaik saat berwisata.

“Ancol Taman Impian selalu berkomitmen selalu memberikan layanan yang lebih baik untuk memenuhi kepuasan pelanggan, penjualan tiket secara online dapat mempermudah pengunjung dan bisa dilakukan saat di rumah atau di mana saja, kapan saja,” ujar Eddy.

Dalam hal ini Ancol bekerja sama dengan sejumlah pihak. Salah satunya adalah GOERS – sebuah marketplace tiket event, destinasi dan aktivitas berbasis aplikasi dan website, sistem pemesanan dan reservasi secara online hingga manajemen kunjungan di lokasi. Lewat teknologi GOERS Experience Manager (GEM) Solution, startup ini telah menjadi mitra digitalisasi dari sekitar 1.000 event organizers dan venue atraksi – membuat penjualan dan pembelian tiket menjadi lebih terukur, praktis dan terotomasi.

GEM Solution adalah solusi teknologi terintegrasi untuk manajemen reservasi, kunjungan, dan ticketing. Teknologi ini mempermudah Ancol mendigitalisasi operasional dan mendapatkan data yang mendukung kinerja mereka tanpa perlu menggelontorkan dana investasi yang besar.

"Data ini penting karena masa peak season di Indonesia hanya 103-115 hari saja. Artinya, destinasi wisata hanya punya hingga 115 hari dalam setahun untuk mendapatkan revenue optimal. Karenanya, semua keputusan strategis harus berdasarkan data yang hanya didapatkan lewat implementasi teknologi,” kata Ferdinand Octavilano, Managing Director GOERS.

GEM Solution by GOERS dalam hal ini bekerja sama dan menyediakan solusi untuk Ancol mengidentifikasi produk bundle kunjungan menjadi lebih mudah

Program bundle ini ditujukan untuk memaksimalkan potensi dan pemerataan revenue di setiap unit yang ada di dalam Ancol. Yang tidak kalah penting, Ancol sekarang memiliki opsi pembayaran tiket yang variatif sebagai wujud financial inclusivity. Masyarakat sudah memanfaatkan cashless payment untuk membeli tiket atraksi, termasuk pembelian tiket secara mandiri dengan self-ticketing kiosk.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

IDN Channels

Most Popular

Sri Mulyani Pastikan Defisit APBN 2025 Dijaga di Bawah 3 Persen
Patrick Walujo Lanjutkan Aksi Beli Saham GOTO
Dikabarkan Nyaris Bangkrut, Sritex Angkat Bicara
Penyebab Argentina Memasuki Zona Resesi
Rupiah Menguat ke Rp16.381 per US$, Kompak dengan Mata Uang Asia
Siapa Pemilik Mie Gacoan? Berikut Profil Singkatnya