Arab Saudi Bangun Marina Superyacht Mewah di Teluk Aqaba

Proyek futuristik tempat berkumpul komunitas bergengsi.

Arab Saudi Bangun Marina Superyacht Mewah di Teluk Aqaba
Marina Jaumur/DOk. neom
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Arab Saudi kembali membuat gebrakan dengan proyek ambisius terbarunya. Marina Jaumur yang dirancang oleh arsitek Liam Roberts dan Terry Mcquillan, akan dibangun di wilayah Teluk Aqaba, Arab Saudi, sebagai bagian dari pengembangan besar NEOM, sebuah megacity futuristik yang sedang dicetuskan Arab Saudi, yang berfokus pada proyek-proyek futuristik dan berkelanjutan.

Jaumur nantinya tidak hanya menyediakan tempat bagi miliarder untuk memarkir superyacht mereka, tetapi juga akan dikelilingi oleh komunitas eksklusif, lengkap dengan berbagai kemewahan di sekitarnya. Demikian dilansir Arabnews.com (17/9).

Menurut dewan direksi NEOM, Jaumur akan mengusung standar tinggi dalam hal kenyamanan masa depan dan gaya hidup aktif. Proyek ini diharapkan dapat menyajikan kombinasi pengalaman unik di darat dan laut, sejalan dengan perkembangan regional NEOM di barat laut Arab Saudi.

Tak hanya sebagai marina, Jaumur juga akan menjadi rumah bagi sekitar 6.000 penduduk dengan fasilitas mewah, termasuk 500 apartemen, 700 vila mewah dengan akses tepi laut, serta dermaga pribadi untuk kapal kecil. Proyek ini juga akan dilengkapi dengan sekolah asrama internasional, dua hotel bergengsi yang menyediakan 350 kamar dan suite mewah, taman promenade, serta menghadirkan pemandangan menakjubkan serta berbagai aktivitas pesisir modern dan olahraga.

Pintu masuk superyacht terbesar di dunia

Marina Jaumur/DOk. NEOM

Jaumur akan dilengkapi dengan "aerofoil" canggih sepanjang 1,5 km yang menjulang di atas tempat berlabuh Kapal Pesiar. Dengan kapasitas menampung hingga 300 superyacht , marina ini menjadi daya tarik utama bagi para pemilik kapal mewah. Selain itu, akan memberikan perlindungan dari sinar matahari sepanjang tahun.

"Aerofoil ini dirancang dengan cantilever yang menantang gravitasi, menciptakan pintu masuk menakjubkan ke marina dan menyambut superyacht terbesar di dunia," demikian disebutkan dalam siaran pers Neom.

Taman promenade marina akan menjadi pusat hiburan, rekreasi, dan pengalaman budaya, menyelenggarakan acara seni dan program pertunjukan sepanjang tahun. Fasilitas ini akan dilengkapi dengan toko-toko ritel khas dan pilihan makan kelas dunia.

Jaumur juga akan memiliki pusat penelitian laut dalam dan sekolah asrama internasional kelas atas. Pusat penelitian ini akan fokus pada eksplorasi laut dalam, mengundang para ahli dan pelopor untuk memimpin penemuan serta konservasi laut, menjadikan NEOM sebagai pusat penelitian oseanografi terkemuka. Sekolah asrama internasional akan memberikan pendidikan eksklusif dan progresif, dipandu oleh fakultas internasional yang beragam.

Desain arsitektur Jaumur akan mengintegrasikan air dengan lanskap pantai Teluk Aqaba, menawarkan kesempatan untuk mengunjungi, menjelajahi, tinggal, dan berkembang dalam komunitas dinamis. Jaumur mengikuti jejak pengumuman tentang Leyja, Epicon, Siranna, Utamo, Norlana, Aquellum, Zardun, Xaynor, Elanan, Gidori, dan Treyam sebagai tujuan pariwisata berkelanjutan di Teluk Aqaba, semuanya terhubung dengan komitmen NEOM terhadap kemajuan berkelanjutan.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

Kurs Rupiah terhadap Dolar Hari Ini, 7 Oktober 2024: Melemah 0,92%
Riset: Gaji Pekerja Startup di Indonesia Menurun Tajam Sepanjang 2023
Jokowi: Deflasi dan Inflasi Harus Tetap Seimbang dan Terkendali
OJK Ungkap 5 Modus Kejahatan yang Bisa Kuras Isi Saldo M-Banking
5 Provinsi Pengguna Judol Terbanyak di Indonesia, Mana Saja?
Saham Teraktif Pagi Ini, 07 Oct 2024