Jam Patek Philippe Milik Sylvester Stallone Dilelang di Sotheby's

Sebelas jam tangan terjual dengan total US$6,7 juta.

Jam Patek Philippe Milik Sylvester Stallone Dilelang di Sotheby's
Dok. Sotheby's
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Jam tangan Patek Philippe milik Sylvester Stallone membuat para penggemar jam tangan bertarung dalam Lelang di Sotheby's pada hari Rabu (12/6). Patek Philippe Grandmaster Chime (Ref. 6300G-010) itu seharga US$5,4 juta setelah melalui peawaran sengit yang dimenangkan kolektor pribadi dari Asia.

Ini adalah harga tertinggi yang dicapai untuk jam tangan modern yang dijual di Sotheby's dan menjadikan Patek milik Sylvester Stallone sebagai jam tangan ketiga termahal yang dijual dalam sejarah rumah lelang tersebut.

Lelang ini mencakup 11 jam tangan berharga dari aktor legendaris tersebut dari pembuat jam seperti Rolex, Audemars Piguet, dan Piaget. Seluruh koleksi terjual dengan total US$6,7 juta, melampaui perkiraan tertinggi pra-penjualan sebesar US$6 juta. Semua kecuali satu lot melebihi perkiraan awal yang tinggi, dengan Grandmaster Chime terjual US$400.000 lebih tinggi dari perkiraan awal.

Penjualan ini menarik lebih dari 200 penawar, dengan lebih dari 100 orang berada di ruang lelang yang ramai dan sisanya secara online. (Para pembeli pasti akan menghargai premium yang baru saja dikurangi oleh Sotheby's, yang merupakan yang terendah di antara rumah lelang internasional: 20 persen hingga US$5 juta dengan pengurangan lebih lanjut, hingga saat ini.) Enam dari 11 jam tangan terjual kepada penawar online, tetapi tidak untuk Patek yang bernilai jutaan dolar itu.

Grandmaster Chime pertama kali dirilis sebagai edisi terbatas pada tahun 2014 untuk memperingati ulang tahun ke-175 Patek, setelah itu ditambahkan ke katalog reguler sebagai Referensi 6300 pada tahun 2016. Model ini dianggap sebagai yang paling rumit dalam portofolio Patek, dengan 20 komplikasi termasuk Grand Sonnerie. Pengembangan, produksi, dan perakitan hanya satu contohnya mencapai waktu luar biasa 100.000 jam.

Keajaiban estetika

Dok. Sotheby's

Grandmaster Chime juga merupakan keajaiban estetika. Jam tangan ini memiliki kotak reversibel dari emas putih yang dihiasi dengan pola hobnail khas Patek. Jam tangan ini juga menampilkan dua muka, seperti banyak jam tangan ekstra rumit lainnya: Satu berfokus pada penunjuk waktu dan sonnerie, dan yang lainnya didedikasikan untuk kalender abadi instan.

Ref. 6300 milik Stallone tidak hanya disimpan dalam segel plastik asli tetapi juga dilengkapi dengan kotak presentasi megah yang diukir dengan nama Stallone dan buku Grandmaster Chime yang juga mencantumkan namanya.

“Penjualan Patek Philippe Grandmaster Chime adalah perayaan yang tak terulang, bukan hanya dari sebuah mahakarya oleh pembuat jam tangan Swiss yang paling dihormati dalam hal keunggulan teknis, tetapi juga dari ikon legendaris yang adalah Sylvester Stallone, yang telah menjadi kolektor yang sangat berpengaruh dan dikagumi selama beberapa dekade,” kata Geoff Hess, kepala jam tangan Sotheby’s di Amerika, dalam sebuah pernyataan.

Dia menambahkan, "Detak jantung para kolektor yang berpacu dengan kegembiraan dalam mengejar materi berkualitas tinggi adalah luar biasa dan penghormatan terhadap seni mengoleksi pada tingkat tertinggi," katanya.

Hess sendiri sebenarnya ikut serta dalam perang penawaran, membeli Patek Philippe Nautilus milik Stallone (Ref. 5711/1300A-001) seharga US$492.000.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

35 Ucapan Maulid Nabi Muhammad 2024, Penuh Makna!
Meninjau Valuasi Spin-Off Anak Usaha Adaro dan Dampaknya
Adhi Karya Digugat PKPU Gara-Gara Proyek Hambalang
Apakah Uang Rp100 Ribu Bisa investasi? Ini Pilihannya
Mobil BYD Mulai Banyak Terlihat di Jalan, Ini Data Impornya
Tiga Pesan Penting Sidang Kabinet Terakhir Jokowi di IKN