JKT48 Goes International! Tampil di Tokyo Idol Festival 2023

JKT48 tampil dalam festival idol terbesar di dunia.

JKT48 Goes International! Tampil di Tokyo Idol Festival 2023
JKT48 di Tokyo Idol Festival/Dok. IDN Media
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - JKT48 tampil memukau di Tokyo Idol Festival 2023. Pertunjukan yang berlangsung pada 5 Agustus 2023 ini menjadi momen pertama JKT48 New Era untuk tampil di Jepang.

Pada kesempatan ini, JKT48 menggandeng 9 member untuk terbang langsung ke Jepang, yaitu Shani, Zee, Christy, Feni, Gracia, Chika, Fiony, Marsha, dan Freya. Tampil di 3 stage bergengsi dalam event yang juga diramaikan idol lain seperti iCOL, Amefurasshi, ASP dan The Orchestra Tokyo. 

Tokyo Idol Festival (TIF) merupakan festival tahunan terbesar level internasional yang menampilkan lebih dari 300 idol dari Jepang dan banyak negara lainnya.  Tokyo Idol Festival mulai diselenggarakan sejak tahun 2010 disaat gelombang kemuncul idol group marak di Jepang. Pada mulanya TIF dilaksanakan di Shinagawa dan semenjak tahun 2011 berpindah ke Odaiba hingga saat ini. 

Pada musim panas 2023, TIF mengambil tema "Terbuka dan Bebas". Tema “Terbuka” lantaran akan banyak pertunjukan di lahan outdoor. Adapun pemilihan tema “Bebas” dilatarbelakangi oleh penghapusan protokol Covid-19, sehingga semua audiens yang datang dapat mengekspresikan kegembiraan dengan bernyanyi dan berlompat bersama tanpa ada peraturan yang membatasi seperti tahun sebelumnya. 

Event yang diselenggarakan mulai dari tanggal 4, 5, 6 Agustus 2023 ini membagi wilayahnya menjadi 11 bagian berdasarkan pertunjukan dan fungsi areanya, mulai dari Hot Stage, Heat Garage, Smile Garden, Doll Factory, Sky Stage, Dream Stage, Festival Stage, Info Center, Greeting Area, Tokyo Gravure Idol dan Tokyo Idol Ennichi. 

JKT48 tampil memukai di Tokyo Idol Festival 2023

JKT48/Dok. IDN Media

Sebagai satu-satunya perwakilan dari Indonesia, JKT48 berkesempatan untuk tampil di Heat Garage pukul 12.15 siang Waktu Standar Jepang, JKT48 membawakan Heavy Rotation serta Koisuru Fortune Cookie (Fortune Cookie yang Mencinta).

Dalam dua lagu tersebut JKT48 juga berkolaborasi dengan beberapa idol group dari lintas Negara di Asia dan membuat suasana semakin meriah. Kemudian di pukul 17.40 JKT48 kembali tampil di area Smile Garden, di mana area ini dianggap sacred stage oleh para idol fan karena menjadi simbol dari TIF sekaligus telah banyak melahirkan legenda dalam dunia idol.

Di Smile Garden, JKT48 membawakan 4 buah lagu, yaitu Flying High, Saikou Kayo (Luar Biasa), Gomenne Summer (Maafkan Summer), dan Bokura no Eureka (Eureka Milik Kita).

Istimewanya, lagu Flying High yang menjadi pembuka merupakan salah satu single terbaru dari JKT48 yang dirilis pada 17 Juni 2022. Hal ini secara tidak langsung menunjukkan perkembangan JKT48 dengan konsep New Era, sekaligus harapan dan bukti JKT48 bisa go internasional dengan penggunaan bahasa Inggris dalam liriknya.

Talk show perkembangan budaya idol di Indonesia

JKT48/Dok. IDN Media

Tidak berhenti di situ, keikutsertaan JKT48 ditutup dengan penampilan di Info Center Area sebagai peserta talkshow. Pada momen ini, JKT48 diwakilkan oleh Shani, Fiony dan Freya yang ditanya mengenai perkembangan budaya idol di Indonesia dan juga tren di antara member JKT48. 

Dari 48 Sister Group juga hadir AKB48, SKE48, HKT48, NMB48, STU48, NGT48 dan juga tentu saja JKT48 sebagai satu-satunya sister group yang hadir dari luar Jepang.

“Senang sekali bisa kembali tampil di Jepang setelah era pandemi, kami juga merasa terharu karena banyak fans di Jepang mengenali dan antusias menonton penampilan kami”, tutur Shani selaku member dan kapten JKT48.

Shani menambahkan, penampilan ini juga menjadi milestone bagi JKT48 dalam misi Go International! Ia berharap JKT48 bisa lebih dikenal lagi secara luas sehingga dapat menggapai mimpi yang lebih besar ke depannya. 

Related Topics

Jkt48

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

BREN Batal Masuk FTSE, Saham Prajogo Pangestu Kompak Merah
Transaksi Kripto Pulih, Ini Lokasi Peretas Indodax
ISEI: Ekonomi RI Terbaik di Dunia dalam 10 Tahun Terakhir
Lippo Karawaci Lego 18,57% Saham SILO, Utang Bersih Turun
Menperin Bertemu Anindya di Kemenperin: Selamat Ketua Kadin 2024-2029
Penampilan SBY di Panggung Pestapora 2024 Sukses Curi Perhatian