Tas Louis Vuitton Karya Yayoi Kusama Pecahkan Rekor Lelang

Tas LV termahal yang pernah terjual di lelang.

Tas Louis Vuitton Karya Yayoi Kusama Pecahkan Rekor Lelang
Louis Vuitton Pumpkin Bag/Dok. Christie's New York
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Tas labu Louis Vuitton hasil kolaborasi dengan seniman Jepang, Yayoi Kusama, baru saja terjual di Lelang dengan harga mencengangkan sebesar US$151.200 atau setara Rp2,3 miliar, memecahkan rekor sebagai tas LV termahal yang pernah terjual di lelang. Penjualan ini dilakukan melalui Christie’s New York hari Rabu (18/9), dan sekaligus mencetak dua rekor dunia.

Melansir Robb Report, Kusama pertama kali bekerja sama dengan Louis Vuitton pada tahun 2012, menciptakan edisi khusus model Keepall, Neverfull, Papillion, dan Speedy yang dihiasi motif titik khasnya.

Pada 2023, seniman kontemporer ini kembali menyematkan sentuhan artistiknya pada lebih banyak desain rumah mode Prancis tersebut, termasuk tas "labu" yang terjual dengan harga fantastis ini. Aksesori dari kedua koleksi tersebut sering kali dijual dengan harga tinggi di pasar sekunder.Seperti namanya, tas "labu" ini terinspirasi oleh patung dan cetakan labu ikonik Kusama. Terbuat dari kulit sapi bertekstur, tas berwarna kuning ini berbentuk menyerupai labu dan dihiasi dengan monogram hitam khas Louis Vuitton.

Jadi buruan kolektor

Dok. Christie’s New York

Sebagai item unik dan lucu, tas ini juga sangat diminati para kolektor. Awalnya diperkirakan akan terjual di kisaran US$10.000 hingga US$15.000, namun ternyata terjual dengan harga sekitar 10 kali lipat dari estimasi, memecahkan rekor sebagai tas LV termahal yang pernah terjual di lelang. Rekor sebelumnya dipegang oleh tas labu lain yang terjual seharga US$44.100 di Christie’s pada Desember 2023.

Meski terjual dengan harga rekor, tas labu Kusama ini bukanlah sorotan utama dalam lelang perdana "Handbags Online: The September Edition" Christie’s. Lot termahal adalah Hermès Himalaya Retourné Kelly 25 yang terbuat dari kulit buaya niloticus matte dan dilengkapi perangkat keras paladium, yang terjual seharga US$163.800.

Selain itu, dua Hermès Birkin juga terjual masing-masing seharga US$119.700 dan US$63.000. Hasil ini menegaskan bahwa Birkin dan Kelly tetap menjadi barang koleksi paling dicari, dengan nilai yang terus meningkat.

Christie’s saat ini memegang rekor harga tertinggi untuk tas Hermès, Louis Vuitton, dan Gucci yang terjual di lelang. Hampir semua lot (99 persen) dalam lelang "Handbags Online" berhasil terjual, dengan total penjualan mencapai US$1.931.202 dari 118 tas.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

Kurs Rupiah terhadap Dolar Hari Ini, 7 Oktober 2024: Melemah 0,92%
Riset: Gaji Pekerja Startup di Indonesia Menurun Tajam Sepanjang 2023
Jokowi: Deflasi dan Inflasi Harus Tetap Seimbang dan Terkendali
OJK Ungkap 5 Modus Kejahatan yang Bisa Kuras Isi Saldo M-Banking
5 Provinsi Pengguna Judol Terbanyak di Indonesia, Mana Saja?
Saham Teraktif Pagi Ini, 07 Oct 2024