Deretan Motor Touring Mewah untuk Menemani Perjalanan Jarak Jauh

Motor touring ini menghadirkan kenyamanan, teknologi modern.

Deretan Motor Touring Mewah untuk Menemani Perjalanan Jarak Jauh
Motor touring legendaris Harley Davidson (dok. JLM Auto Indonesia)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Sejumlah jenama otomotif menciptakan motor touring dengan ketangguhan, tenaga, serta fitur canggih demi mendukung kenyamanan maksimal bagi Anda yang mengendarainya. Anda dapat menikmati setiap petualangan, menempuh berbagai medan, dan melakukan perjalanan dengan jauh lebih nyaman dan elegan. 

Touring merujuk pada aktivitas perjalanan jauh yang biasanya dilakukan untuk kesenangan, baik dilakukan seorang diri atau bersama komunitas. Sejarah mencatat, George A. Wyman sebagai orang yang pertama kali melakukan touring motor di dunia.  

Pria berkebangsaan Amerika Serikat ini melakukan touring untuk kali pertama pada 1903 dengan menempuh perjalanan sejauh 6.080 Km, dari San Fransisco menuju New York. Petualangannya itu menempuh berbagai medan sulit seperti gunung, padang pasir, serta daerah berawa dengan waktu penyelesaian perjalanan 50 hari. 

Wyman hanya mengendarai 1902 California, yakni sebuah sepeda bermotor dengan mesin kecil 1,25 tenaga kuda (horse power/hp), yang pada zaman itu hanya lazim digunakan untuk menempuh perjalanan jarak dekat. Cerita ini menginspirasi banyak bikers dunia untuk melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan roda dua, alih-alih menggunakan mobil, kereta, bahkan pesawat.  

Para bikers biasanya melangsungkan touring sebagai salah satu cara menikmati kebebasan dan melepas penat. Kesenangan itu bisa didapat dengan berkendara menikmati suasana alam atau jalan terbuka sambil mendengar deru mesin kendaraan. 

Beberapa motor touring mewah ini mampu menghadirkan kenyamanan, teknologi modern dan kemewahan bagi pengendaranya.

Harley Davidson Road Glide

Harley Davidson Road Glide yang gagah dan canggih untuk berkendara jarak jauh (dok. JLM Auto Indonesia)

Gemuruh, klasik, dan nyaman: mungkin itu kesan yang melekat pada pengendara motor besar Harley saat melaju di jalan dengan visualnya yang gagah.

Jenama motor legendaris asal AS, Harley Davidson, membuka 2024 dengan pembaruan model Road Glide dengan mesin Milwaukee-Eight® 117, yang lebih bertenaga, ringan dan dinamis. Model ini juga dilengkapi dengan teknologi canggih, termasuk sistem infotainment terbaru, dengan tampilan desain visual yang dramatis serta mutakhir. 

JLM Auto Indonesia, Agen Pemegang Merek (APM) & Distributor resmi Harley Davidson di Indonesia, menyatakan Road Glide terbaru ini hadir mewakili kekuatan desain Harley-Davidson, dengan membawa pengalaman berkendara yang revolusioner.

“Sepeda motor model touring seperti Road Glide masih menjadi primadona yang digemari untuk pasar Indonesia karena kebutuhan berkendara yang nyaman untuk touring luar kota dan mengakomodir para pengendaranya,” kata Sales and Marketing Director JLM Auto, Irvino Edwardly, kepada Fortune Indonesia, pertengahan Februari lalu. “Desain terbarunya ini menjadikan Road Glide sebagai motorcycle top of mind di kelasnya, dan motor touring ikonik dari Harley-Davidson.” 

Honda Gold Wing 1800

Motor touring Honda Goldwing 1800 yang memadukan kebebasan desain, fitur inovatif canggih (dok. Astra Honda Motor)

Tidak hanya motor besar Amerika, pabrikan Jepang juga memiliki sepeda motor touring yang ikonik dan merupakan flagship big bike Honda, yaitu Honda Gold Wing, yang telah dikenal publik selama lebih dari empat dekade. 

Pada model terbarunya yang diluncurkan tahun lalu, Honda Gold Wing 1800 membawa penyegaran tampilan untuk kesan elegan dan mewah. Impresi premium ini ditampilkan pada area depan melalui perubahan kombinasi warna bodi dan cover lampu berkesan dual-tone, juga pada cover lampu utama yang menghadirkan ornamen elegan warna hitam. Boks penyimpanan di kanan-kiri sepeda motor berbalut kekuatan warna merah yang senada dengan keseluruhan warna bodi.

Dengan mempertahankan konsep “The Honda Premium Tourer”, Honda Gold Wing 1800 memadukan kebebasan desain, fitur inovatif canggih untuk mendukung kesenangan berkendara, dan juga performa tangguh untuk perjalanan jarak jauh. Anda pun dapat merasakan sensasi kebebasan berkendara dengan tingkat kenyamanan tinggi.

Honda Gold Wing 1800 didesain dengan mempertahankan aerodinamika dan handling terbaik. Penggunaan kualitas material jok premium menambah kesan berkelas, ditambah dengan pegangan penumpang yang besar. Pemisahan tempat duduk antara pengemudi dan penumpang turut menyempurnakan sensasi berkendara. Jok motor didesain nyaman dan suportif saat pengendara melakukan manuver. 

Pada dapur pacu, Honda Gold Wing 1800 dilengkapi mesin tangguh 1.833 cc berpendingin cairan 6-silinder yang dipasang secara horizontal berlawanan. Itu menjadi ciri khas elemen utama dari karakternya yang kaya.

Memiliki layout umum yang sama, mesin ini mampu menghasilkan daya maksimal 93 kW pada 5.500 rpm dan torsi maksimum 170 Nm pada 4.500 rpm. Model ini memiliki transmisi canggih dengan 7 percepatan Dual Clutch Transmission (DCT) yang dilengkapi dengan forward/reverse Walking Mode.

BMW K 1600

BMW K 1600 GTL dibekali mesin enam silinder berkapasitas 1.649 cc (dok.BMW Motorcycles.com)

Motor touring BMW mampu mewakili keanggunan, kekuatan dan kemewahan kendaraan roda dua. Beberapa modelnya seperti dirancang agar pengendara tetap santai dan sampai di tujuan dengan pengalaman perjalanan tanpa kompromi—yang nyaman, dinamis, dan bertenaga. Maka, baik Anda melakukan touring seorang diri atau bersama penumpang, mesin enam silinder yang legendaris menawarkan kenikmatan berkendara dan performa touring yang dinamis.

"Anda mendapatkan semua kenyamanan dan kecepatan yang diharapkan," kata Vice President Sales and Marketing BMW Motorrad, Timo Resch, dikutip dari laman resmi BMW Motorcycles.com.

Terdapat empat model mahakarya touring BMW Motorrad, yaitu: K 1600 GT, K 1600 GTL, K1600 B dan K 1600 Grand America. Model K 1600 GT dan K 1600 GTL, mewakili varian yang gesit dan dinamis, bahkan ketika menemui tikungan dan jarak tempuh, motor ini tetap nyaman dikendarai. Dengan sedikit memutar pergelangan tangan, Anda akan dapat merasakan tenaga dari mesin enam silinder legendaris, dan performa touring yang dinamis serta penuh tenaga.

BMW K 1600 GTL menawarkan banyak kenyamanan dan perlengkapan dan telah dirancang sepenuhnya untuk pengalaman perjalanan untuk dua orang. Seperti pepatah Jerman yang mengatakan, “Siapa pun yang bepergian dengan ambisi tidak akan pernah bepergian sendirian.” BMW K 1600 GTL mewakili kedua elemen ini.

Motor ini dibekali mesin enam silinder berkapasitas 1.649 cc. Tenaga yang dihasilkan motor pabrikan Jerman ini mencapai 160 hp pada 1.000 rpm sebelumnya, menjadi 6.750 rpm. Dynamic ESA (Electronic Suspension Adjustment) Next Generation membantu memberikan stabilitas dan disesuaikan secara optimal dengan mode berkendara yang dirancang untuk performa touring.

Cerita lengkap tentang motor touring mewah ini bisa Anda baca pada Majalah Fortune Indonesia edisi 32. 

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

OPEC+ Sepakat Tunda Kenaikan Produksi Minyak Hingga November
Bisnis Manajemen Fasilitas ISS Tumbuh 5% saat Perlambatan Ekonomi
7 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Harganya Fantastis!
Gagal Tembus Resisten, IHSG Diprediksi Konsolidasi
Fitur AI Jadi Alasan Canva Naikkan Harga hingga 300%
Pertamina Siapkan 15 Persen Belanja Modal untuk Transisi Energi