6 Berlian Terbesar di Dunia yang Pernah Ditemukan

Tertarik untuk memilikinya?

6 Berlian Terbesar di Dunia yang Pernah Ditemukan
ilustrasi berlian terbesar di dunia (unsplash.com/Bas van den Eijkhof)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Berlian merupakan salah satu perhiasan yang ramai peminatnya, terlebih lagi kaum perempuan. Bentuknya yang menawan, berkilau, serta nilainya yang tinggi membuat banyak orang menyukainya.

Mungkin, Anda sering melihat batu kecil ini sebagai pemanis di perhiasan saja. Akan tetapi, terdapat sederet berlian yang memiliki ukuran yang tidak biasa. 

Untuk lebih jelasnya, intip daftar berlian terbesar di dunia yang dibahas di bawah ini.

1. Berlian Sergio (3.167 karat)

ilustrasi Berlian Sergio (dok. stewartkuperdiamonds.com)

Berlian terbesar di dunia datang dari Berlian Sergio. Berlian terbesar ini ditemukan pada tahun 1895 di Brasil.

Berbeda dengan berlian pada umumnya, Sergio memiliki warna yang gelap dan termasuk dalam jenis berlian carbonado. Bobot berlian ini adalah 3.167 karat.

Beberapa orang menyebutkan bahwa Sergio merupakan batu yang berasal dari luar angkasa. Dimana Sergio merupakan fragmen dari supernova muncul 3.8 miliar tahun lalu dan mendarat di bumi 2.3 miliar tahun yang lampau.

2. Berlian Cullinan (3.106 karat)

ilustrasi Berlian Cullinan (dok. wikipedia.org)

Berlian Cullinan ditemukan oleh penambang dari Premier Mine bernama Frederick Wells di Afrika Selatan pada tahun 1905. Tambang Premier Mine ini dimiliki oleh Thomas Cullinan. Oleh sebab itu, berlian ini diberi nama Cullinan.

Berlian ini ditemukan oleh Wells di sekitar Pretoria, Transvaal. Disebutkan berlian tersebut sebesar 3.106 karat. 

Batu berlian tersebut diberikan kepada Raja Edward VII sebagai bentuk kesetiaan Afrika Selatan kepada Inggris saat itu. Kemudian, berlian tersebut dibentuk lagi di Amsterdam oleh pemotong berlian, Joseph Asscher.

Berlian Cullinan dipotong menjadi 10 bagian dan beberapa potongan besarnya dipasang di Crown Jewels of England yang kini dipamerkan di Tower of London.

3. Berlian Lesedi La Rona (1.109 karat)

ilustrasi Berlian Lesedi La Rona (dok. graff.com)

Berlian Lesedi La Rona pertama kali ditemukan oleh perusahaan Lucara Diamond di tambang Karowe (Botswana) pada tahun 2015 lalu dan berhasil membuat heboh media. Tak tanggung-tanggung, berlian ini memiliki bobot 1.109 karat.

Batu berlian ini dijual ke Graff Diamond seharga US$53 juta. Dikarenakan ukurannya terlalu jumbo, Graff memutuskan untuk memotongnya menjadi 302.37 karat dan berbentuk berlian zamrud.

Nama Lesedi La Rona dalam bahasa Tswana artinya 'cahaya kami'. Disebutkan bahwa berlian ini tergolong sebagai tipe IIa karena permata ini murni atau minim karbon, sehingga permata ini begitu berharga.

4. Berlian Excelsior (995 karat)

ilustrasi Berlian Excelsior (dok. langantiques.com)

Berlian terbesar di dunia lainnya adalah Berlian Excelsior asal Afrika Selatan. Perhiasan ini pertama kali ditemukan pada tahun 1893 di tambang Jagersfontein.

Disebutkan Berlian Excelsior ini memiliki ukuran 995 karat. Berlian ini dipotong menjadi beberapa ukuran kecil, dengan potongan paling besar 70 karat dipasang di gelang produksi Mouawad Jewelers.

5. Berlian Star of Sierra Leone (968.90 karat)

ilustrasi Start of Sierra Leone (dok.rockher.com)

Berlian Star of Sierra Leone memiliki ukuran sebesar 968,90 karat. Batu ini pertama kali ditemukan pada tahun 1972 dan langsung dibeli oleh Harry Winston dengan harga jutaan dolar.

Dikarenakan ukurannya yang terlalu besar, Harry memutuskan memotongnya menjadi beberapa potongan menjadi potongan zamrud 143.20 karat.

Akan tetapi, disebabkan potongannya kurang bagus, Start of Sierra Leone diubah oleh pemotong berlian New York, Lazare Kaplan. Akhirnya permata ini berubah menjadi berlian berbentuk pir sebesar 42 karat.

6. Berlian Lesotho Legend (910 karat)

ilustrasi Berlian Lesotho Legend (dok.vancleefarpels.com)

Berlian Lesotho Legend masuk dalam daftar berlian terbesar di dunia yang memiliki ukuran 910 karat. Ditemukan oleh Gem Diamond di tambang Lestseng, Afrika Selatan.

Berlian ini terbentuk dari kimia tipe 2S, memiliki kristalisasi yang sangat cantik, serta warna yang memukau. Tak heran jika batu yang satu ini banyak diincar orang.

Pemilik terakhir dari batu kristal ini adalah Van Cleef & Arpels. Hingga saat ini belum ada kabar apakah sang pemilik memotong batu ini menjadi potongan yang lebih kecil atau tetap mempertahankan bentuk aslinya.

Itulah tadi sederet berlian terbesar di dunia. Apakah Anda tertarik ingin memiliki salah satunya?

Magazine

SEE MORE>
Businessperson of the Year 2024
Edisi Oktober 2024
Turning Headwinds Into Tailwinds
Edisi September 2024
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024

Most Popular

Izin Usaha Investree Dicabut OJK, Bagaimana Nasib Nasabah?
Prabowo Lantik Raffi Ahmad hingga Gus Miftah Jadi Utusan Presiden
Kemenkeu Tidak Lagi di Bawah Menko, Langsung Koordinasi ke Presiden
Ferrari F80, Supercar Edisi Terbatas Rp60 Miliar Resmi Mengaspal
Prabowo Lantik Luhut Jadi Penasihat Khusus Presiden
Daftar Kepala Badan, Utusan Hingga Penasihat Khusus Prabowo