5 Pengacara Terkaya di Indonesia, Tarifnya Miliaran Rupiah!

Pengacara kondang di tanah air.

5 Pengacara Terkaya di Indonesia, Tarifnya Miliaran Rupiah!
ilustrasi hotman paris pengacara terkaya di indonesia (instagram.com/hotmanparisofficial)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Sederet pengacara terkaya di Indonesia pada artikel berikut ini memiliki tarif termahal. Bahkan, beberapa dari mereka memiliki program khusus di televisi.

Seperti yang diketahui, pengacara menjadi salah satu profesi yang memiliki penghasilan yang besar. Terlebih lagi jika mereka memiliki jam terbang tinggi, semakin banyak kasus rumit yang pernah ditangani maka semakin mahal pula tarifnya.

Hal ini juga sejalan dengan risiko yang dihadapinya. Tentu tidak sembarang orang bisa menekuni profesi ini. 

Dikutip idxchannel.com, berikut ini daftar pengacara terkaya di Indonesia berdasarkan tarifnya. Beberapa nama pengacara berikut ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda.

1. Otto Hasibuan

ilustrasi otto hasibuan dan istri (instagram.com/ottohasibuanprivate)

Pengacara terkaya di Indonesia yaitu Otto Hasibuan. Kabarnya, Otto pernah mendapatkan bayaran Rp37 miliar untuk menangani kasus Djoko Tjandra dalam kasus Bank Bali.

Selain itu, namanya juga semakin melambung kala ia menjadi penasihat hukum untuk terdakwa Jessica Kumala Wongso pada kasus pembunuhan Mirna Salihin. Sebuah kasus pembunuhan yang viral karena menggunakan kopi sianida.

2. Fredrich Yunadi

ilustrasi Fredrich Yunadi (instagram.com/fredrich_yunadi_official)

Nama Fredrich Yunadi juga kerap menyita perhatian publik sat ia menjadi penasihat hukum untuk terdakwa Ketua DPR Setya Novanto pada kasus korupsi e-KTP.

Menurut tim kuasa hukum Fredrich, Rudy Marjono, pengacara satu ini mendapatpat bayaran sebesar Rp2 miliar per kuasa. Padahal, saat itu ia sedang menangani 14 legal action. Jika ditotalkan bayaran Fredrich Yunadi mencapai Rp28 miliar.

3. OC Kaligis

ilustrasi OC Kaligis (instagram.com/ockaligis.associates)

Daftar pengacara terkaya di Indonesia selanjutnya datang dari OC Kaligis. Diketahui bayarannya untuk menyelesaikan satu kasus sebesar Rp4 miliar.

OC Kaligis juga dikenal sebagai senior penasihat hukum di tanah air. Selain itu, ia juga memiliki firma hukum sendiri bernama Otto Cornelis Kaligis. Bahkan, Hotman paris juga merupakan salah satu alumni di sana. 

4. Hotma Sitompul

ilustrasi Hotma Sitompul (instagram.com/hotmasitompoelofficial)

Pengacara dengan tarif termahal di Indonesia selanjutnya adalah Hotma Sitompul. Disebutkan ia pernah mendapatkan bayaran Rp3 miliar untuk menangani kasus Kementerian Sosial.

Klien dari Hotma Sitompul memang kebanyakan berasal dari sejumlah kalangan atas, seperti artis dan para pejabat. Tak heran jika Hotma juga masuk dalam jajaran pengacara terkaya di Indonesia karena tarifnya yang fantastis.

5. Hotman Paris Hutapea

ilustrasi Hotman Paris Hutapea (instagram.com/hotmanparisofficial)

Pengacara terkaya di Indonesia adalah Hotman Paris Hutapea. Pengacara nyentrik satu ini memang sangat terkenal dengan kehidupannya yang mewah. Keahliannya dan rekam jejaknya dalam menangani kasus tokoh publik membuat namanya semakin meroket.

Dikabarkan tarif untuk menyewa Hotman Paris dalam satu kali kasus mencapai Rp1,3 miliar. Ia juga memiliki sejumlah bisnis properti dan aset lainnya yang menambah kekayaannya. 

Selain itu, pengacara nyentrik ini juga memiliki program khusus di televisi bernama Hotman Paris Show. Dikabarkan bahwa harta Hotman Paris Hutapea mencapai Rp4,5 triliun.

Itulah tadi sederet pengacara terkaya di Indonesia berdasarkan tarifnya. Apakah Anda juga berminat untuk menjadi pengacara?

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

35 Ucapan Maulid Nabi Muhammad 2024, Penuh Makna!
Meninjau Valuasi Spin-Off Anak Usaha Adaro dan Dampaknya
Adhi Karya Digugat PKPU Gara-Gara Proyek Hambalang
Apakah Uang Rp100 Ribu Bisa investasi? Ini Pilihannya
Mobil BYD Mulai Banyak Terlihat di Jalan, Ini Data Impornya
Tiga Pesan Penting Sidang Kabinet Terakhir Jokowi di IKN