Apa itu Coin Meme? Begini Cara Kerjanya

Termasuk aset kripto

Apa itu Coin Meme? Begini Cara Kerjanya
Ilustrasi kripto (unsplash/Pieree Borthiry)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Fortune Recap

  • Kepopuleran kripto sebagai instrumen investasi menarik minat banyak investor, termasuk pada jenis aset kripto unik seperti coin meme.
  • Coin meme adalah jenis mata uang kripto terinspirasi dari meme di internet, cenderung tidak memiliki nilai intrinsik, dan bergantung pada popularitas online.
  • Munculnya coin meme berasal dari lelucon viral, seperti Dogecoin yang dipopulerkan oleh gambar anjing Shiba Inu dan memanfaatkan teknologi blockchain untuk transaksi.

Akhir-akhir ini, kripto termasuk instrumen investasi yang sedang naik daun. Kepopulerannya membuat banyak investor mulai mempelajari kripto. Bahkan, ada yang sudah berinvestasi pada instrumen tersebut.

Salah satu Aset Kripto yang menarik untuk diketahui adalah Coin Meme atau koin meme. Jenis aset kripto ini cukup unik dari lainnya karena terinspirasi dari meme di media sosial. 

Beberapa investor juga tidak jarang menginvestasikan dananya pada coin meme pada momen tertentu.

Lantas, apa itu coin meme? Berikut ulasan mengenai koin meme yang bisa Anda pahami.

Apa itu coin meme?

Tidak dapat dipungkiri bahwa aset kripto termasuk instrumen investasi yang tengah populer di kalangan investor. Wajar banyak investor yang mempelajari instrumen satu ini. Salah satunya coin meme.

Di kalangan investor, tidak jarang ada yang melontarkan pertanyaan apa itu coin meme ketika membahas dengan aset kripto.

Dilansir Investopedia, coin meme adalah salah satu jenis mata uang kripto yang terinspirasi dari meme, gambar, atau lelucon di internet.

Dibandingkan dengan aset kripto lainnya, coin meme cenderung tidak memiliki tujuan yang jelas. Biasanya, investor kripto hanya mengoleksinya untuk mengikuti tren semata.

Pada dasarnya, coin meme bisa dikatakan sebagai aset yang tidak mempunyai nilai intrinsik sama sekali.

Kehadirannya hanya muncul untuk memanfaatkan momentum yang kerap ditentukan berdasarkan tingkat popularitas disertai dukungan komunitas online.

Awal mula coin meme

Tidak jauh berbeda dengan meme yang dikenal, kemunculan coin meme hadir dari suatu lelucon yang menjadi viral dan dibagikan. Diketahui coin meme dipopulerkan oleh Dogecoin (DOGE).

Mata uang kripto tersebut menyajikan gambar jenis anjing Shiba Inu yang menjadi viral sebagai meme di media sosial. Karena viral, sosok anjing dalam meme tersebut dikenal dengan nama Doge.

Nama tersebut yang juga menginspirasi terciptanya Dogecoin.

Popularitas Dogecoin semakin naik daun ketika ada banyak publik figur yang mulai mengoleksinya, seperti Elon Musk.

Nilai Dogecoin mengalami kenaikan yang signifikan dan mulai banyak investor yang mengikuti jejaknya karena rasa penasaran.

Meskipun sempat mengalami pasang surut, Dogecoin mampu bertahan dibantu dengan komunitas online yang loyal. Dengan begitu, transaksi hariannya dapat dikatakan cukup konsisten.

Cara kerja coin meme

Transaksi aset digital diprediksi kembali marak. (dok. Nanovest)

Selain pertanyaan apa itu coin meme, tidak jarang investor juga menanyakan bagaimana cara kerja coin meme. Sama halnya dengan mata uang kripto lainnya, coin meme juga memanfaatkan blockchain dan teknologi terkait secara sepenuhnya.

Mata uang ini hadir menggunakan kontrak pintar seperti Ethereum dan Solana secara khusus. Hingga saat ini, tercatat ada lebih ada 200 coin meme yang beredar di blockchain.

Koin-koin tersebut bisa dibeli, dijual, dan diperdagangkan layaknya cryptocurrency lainnya.

Nilainya bisa meroket dari efek viral dan komunitas. Namun, nilainya juga bisa turun secara drastis secara cepat begitu tidak populer atau hype mereda.

Risiko coin meme dalam investasi

Seperti jenis investasi lainnya, coin meme juga memiliki risiko investasi yang juga bisa terjadi. Meskipun memiliki pasokan dan volatilitas yang tinggi, harga mata uang kripto ini sangat fluktuatif.  

Hal tersebut terjadi karena pergerakannya sangat dipengaruhi oleh sentimen komunitas dan popularitas meme. 

Nilainya bisa saja melonjak ketika tokoh terkenal memposting coin meme di media sosial. Namun, nilainya bisa turun dan mudah mudah menghilang karena popularitasnya menurun.

Bahkan, tidak sedikit orang yang menciptakan mata uang kripto ini untuk menipu orang dengan bermodal popularitasnya.  

Jadi, apa itu coin meme? Koin meme atau coin meme bisa dipahami sebagai salah satu aset kripto yang terinspirasi dari meme, lelucon, atau gambar yang viral. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda di dunia investasi.

Related Topics

Coin MemeAset Kripto

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

35 Ucapan Maulid Nabi Muhammad 2024, Penuh Makna!
Meninjau Valuasi Spin-Off Anak Usaha Adaro dan Dampaknya
Adhi Karya Digugat PKPU Gara-Gara Proyek Hambalang
Apakah Uang Rp100 Ribu Bisa investasi? Ini Pilihannya
Mobil BYD Mulai Banyak Terlihat di Jalan, Ini Data Impornya
Tiga Pesan Penting Sidang Kabinet Terakhir Jokowi di IKN