Ketahui 3 Cara Screening Saham yang Baik dan Tepat Sasaran

Memaksimalkan keuntungan

Ketahui 3 Cara Screening Saham yang Baik dan Tepat Sasaran
ilustrasi screening saham (unsplash/jakub zerdzicki)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Fortune Recap

  • Investasi saham masih menjadi favorit investor untuk mencapai tujuan investasi.
  • Screening saham adalah metode penyaringan saham berdasarkan kriteria tertentu untuk meminimalisir kerugian dan maksimalkan keuntungan.
  • Cara screening saham meliputi manual, analisis fundamental, dan analisis teknikal.

Investasi Saham memang masih menjadi salah satu investasi favorit bagi para investor untuk mencapai tujuan investasi. Di pasar saham, ada cukup banyak saham yang ditawarkan. 

Tidak jarang, investor kerap merasa kebingungan dalam memilih emiten saham yang tepat untuk dipilih. Pasalnya, ada banyak faktor yang perlu diperhatikan sebelum membuat sebuah keputusan investasi.

Hal tersebut tentu menjadi tantangan tersendiri dalam tahap awal mencari pilihan saham yang potensial. Agar dapat memilih emiten saham yang tepat, Anda bisa melakukan screening saham terlebih dahulu.

Cara tersebut kerap dilakukan sebelum memilih saham berdasarkan beberapa faktor yang memenuhi kriteria. Terdapat beberapa cara screening saham yang dapat disesuaikan dengan keinginan investor.

Berikut beberapa cara hingga manfaat yang bisa Anda rasakan dengan melakukan screening saham.

Apa itu screening saham?

Sebelum mengetahui beberapa cara screening saham yang baik, ketahui terlebih dahulu mengenai pengertiannya.

Screening saham adalah salah satu metode penyaringan atau penyortiran saham berdasarkan kriteria tertentu. Kriteria tersebut juga berguna untuk menentukan kriteria saham yang sesuai dengan trader atau investor.

Lewat cara satu ini, Anda bisa memperoleh berbagai keuntungan dengan memilih saham yang tepat. Salah satunya bisa meminimalisir kerugian yang didapatkan dari investasi. Karena menawarkan keuntungan maksimal, scanning saham juga lebih banyak dipakai oleh investor yang fokus pada aspek fundamental.

Sederhananya, Anda bisa menyaring beberapa emiten saham terbaik sesuai dengan penilaian esensial dan lebih mendalam. Dengan begitu, Anda bisa memaksimalkan keuntungan dan meminimalisir kerugian investasi saham.

Cara screening saham

Dari penjelasan di atas, Anda bisa mendapatkan gambaran mengenai pentingnya melakukan screening saham sebelum membuat keputusan saham.

Ada beberapa cara atau metode yang biasa digunakan seorang investor guna menemukan emiten saham yang potensial. Berikut beberapa cara screening saham yang bisa Anda coba sebelum melakukan investasi saham.

1. Cara manual 

Dalam melakukan screening saham, Anda bisa menggunakan metode manual. Cara satu ini relatif lebih mudah untuk dilakukan sehingga cocok bagi pemula. Selain itu, metode ini bisa memberikan hasil yang lebih detail dan personal.

Metode satu ini melibatkan analisis manual saham berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan sebelumnya. Untuk melakukan cara ini, Anda bisa memilih emiten saham yang ingin diincar. Perhatikan grafik pergerakan harganya pada periode tertentu.

Dari situ, Anda bisa melihat pertumbuhan saham apakah bergerak ke arah positif atau relatif menurun dari waktu ke waktu.

2. Cara analisis fundamental

Cara selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah menganalisis dari aspek fundamentalnya. Dalam konteks ini, Anda akan banyak mengandalkan data dan informasi terkait bisnis itu sendiri. 

Anda dapat menggunakan data keuangan perusahaan dengan mengamati tren pendapatan, laba bersih, hingga harga sahamnya secara mendalam.

Dengan cara satu ini, Anda bisa melihat gambaran kesehatan keuangan perusahaan dan potensi pertumbuhan di masa mendatang.  

3. Cara analisis teknikal

Cara screening saham terakhir yang Anda pakai adalah menggunakan analisis teknikal. Berbeda dengan cara sebelumnya, analisis teknikal memanfaatkan penggunaan aplikasi atau software khusus.

Dalam metode ini, Anda akan banyak dihadapkan dengan analisis pola grafik saham, volume perdagangan, dan faktor bersifat teknikal lainya.

Dengan bantuan teknologi, Anda bisa melakukan proses analisis secara lebih cepat sehingga memudahkan memilah-milah emiten saham yang potensial.

Selain itu, analisis teknikal juga berguna dalam menemukan tren yang bisa menunjukkan arah saham di masa mendatang.

Manfaat melakukan screening saham

Analisis saham memang menjadi salah satu kunci keberhasilan saham. Sayangnya, proses screening saham tidak terlalu digunakan investor pemula karena dirasa lebih memakan banyak waktu. Padahal, proses tersebut sangat membantu investor memaksimalkan hasil investasinya dengan mempertimbangkan beberapa kriteria tertentu.

Adapun beberapa manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan menerapkan screening saham dalam tahap awal investasi.

1. Mengenali saham potensial

Dengan melakukan analisis yang mendalam, bukan tidak mungkin Anda bisa mengenali beberapa saham potensial di pasar saham.

Hasil screening saham kerap memberikan hasil yang akurat lewat data dan fakta yang didapatkan, sehingga Anda bisa memperoleh saham berkualitas. 

2. Menghilangkan bias pada proses seleksi saham

Dalam kasus investor pemula, pemilihan emiten saham kerap dipengaruhi bias perseorangan. Hal tersebut bisa mengakibatkan penilaian pertumbuhan saham terasa subjektif, sehingga bisa berdampak pada investasi.

Agar penilaian lebih objektif, screening saham dapat membantu memilih emiten saham tanpa terpengaruh pandangan yang bias.

3. Memudahkan memantau investasi

Tidak hanya berguna di tahap awal, screening saham juga membantu Anda melakukan pemantauan investasi yang sudah dimiliki.

Dengan data yang sudah dikumpulkan sebelumnya, Anda bisa memprediksi pertumbuhan saham apakah masih layak dipertahankan atau dilepas.

4. Memaksimalkan hasil investasi

Tujuan investasi tentu bisa mendapatkan hasil yang baik sehingga tujuan investasi bisa tercapai. Untuk memaksimalkan hasil investasi, hasil screening saham bisa memastikan emiten saham yang dipilih dapat memberikan return menguntungkan.

Hal tersebut tentu sangat berbeda saat investor memilih jenis emiten hanya berbekal grafiknya sedang positif.

5. Menemukan peluang investasi baru 

Salah satu manfaat yang menguntungkan dengan memanfaatkan screening saham adalah menemukan peluang investasi baru.

Ketika menyaring emiten saham, Anda bisa saja menemukan saham potensial yang sebelumnya tidak pernah terbayangkan. 

Demikian beberapa cara screening saham yang bisa Anda lakukan sebelum menentukan saham yang akan diinvestasikan. Dengan memilih saham berdasarkan kriteria dan faktor lainnya, Anda bisa menemukan saham yang memaksimalkan keuntungan guna mencapai tujuan investasi. Semoga artikel ini bermanfaat!

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

MoU: Pengertian, Ciri, Tujuan, Jenis, Perbedaan, dan Contoh MoU
Daftar Perusahaan Terbaik di Dunia versi TIME: 5 dari Indonesia
Kisruh Kursi Kepemimpinan Kadin, Begini Kronologinya
Pemangkasan Bunga The Fed jadi Stimulus Ke Perbankan
BI Bakal Luncurkan Lembaga Central Counterparty (CCP), Apa Itu?
7 Saham IPO 2024 yang Mencatat Kinerja Tertinggi di BEI