Ciputra Development Bagi Dividen Rp21 per Saham, Intip Jadwalnya

Tahun ini CTRA targetkan marketing sales Rp11,2 Triliun.

Ciputra Development Bagi Dividen Rp21 per Saham, Intip Jadwalnya
Contoh properti Ciputra Development di Sumatra. (Website Ciputra)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Fortune Recap

  • CTRA bagikan dividen tunai Rp389 miliar atau Rp21 per saham, setara dengan 21% dari laba bersih perseroan tahun buku 2023.
  • Target marketing sales CTRA sebesar Rp11,2 triliun, dengan pencapaian 30% dari target pada triwulan I 2024.
  • CTRA akan meluncurkan proyek baru dan klaster baru di proyek yang sedang berjalan untuk mencapai target marketing sales tahun ini.

Jakarta, FORTUNE - Emiten pengembang Properti, PT Ciputra Development Tbk (CTRA) sepakat membagikan Dividen tunai kepada pemegang saham total sebesar Rp389 miliar atau Rp21 per saham. Dividen tunai ini setara dengan 21 persen dari total laba bersih perseroan tahun buku 2023.

Pembagian dividen ini telah disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang diselenggarakan Rabu, 19 Juni 2024  di Ciputra Artpreneur Jakarta. 

Adapun, Cum dan Ex Dividen di Pasar Reguler dan Negosiasi akan dilakukan pada tanggal 27 Juni dan 28 Juni 2024, sedangkan Cum dan Ex Dividen di Pasar Tunai pada 1 Juli dan 2 Juli 2024. Selanjutnya pembayaran dividen tunai Rp389 miliar atau sebesar Rp21 per saham itu akan dilakukan 19 Juli 2024.

Direktur Utama CTRA, Candra Ciputra mengatakan, pada tahun lalu CTRA mencatatkan rekor tertinggi marketing sales sepanjang sejarah perusahaan sebesar Rp10,2 triliun, dengan pendapatan dan laba bersih tercatat masing-masing sebesar Rp9,3 triliun dan Rp1,8 triliun. 

“Pencapaian dicapai dengan komitmen dari seluruh manajemen Grup Ciputra dalam meningkatkan performa kerja di tengah tantangan perekonomian,” katanya, Rabu (19/6).

Selama 2023, perseroan telah meluncurkan 3 proyek baru dan lebih dari 9 klaster/ruko baru di proyek-proyek yang telah berjalan. “Gencarnya peluncuran proyek dan klaster ini karena kami terus berupaya untuk tetap agresif menjaga momentum pertumbuhan bisnis,” kata Candra Ciputra

Proyek baru yang telah diluncurkan yakni CitraGarden Serpong, Citra City Sentul dan Citra Garden Bintaro. 


 

Target marketing sales

Direktur sekaligus Sekretaris Perusahaan CTRA Tulus Santoso menuturkan sepanjang tahun ini perseroan menargetkan marketing sales sebesar Rp11,2 triliun. 

"Pencapaian marketing sales pada triwulan I 2024 sebesar Rp3,3 triliun yang telah mencapai 30 persen dari target tahun 2024 yang ditetapkan sebesar Rp11,2 triliun,” katanya. 

Capaian 30 persen ini lebih tinggi dibandingkan pencapaian pada triwulan pertama di tahun-tahun sebelumnya yang rata-rata sebesar 24 persen. Perusahaan optimistis tren positif ini dapat diteruskan hingga mencapai target marketing sales 2024, dengan faktor pendukung berupa reputasi perusahaan yang baik dan terpercaya sehingga menjadi pilihan utama bagi pelanggan.

Head of Investor Relations CTRA,  Aditya Ciputra Sastrawinata menambahkan untuk mendukung pencapaian target marketing sales tahun ini, CTRA meluncurkan proyek baru dan juga klaster baru di  proyek yang sedang berjalan. 

Sejak triwulan II 2024 sampai akhir tahun, CTRA berencana akan meluncurkan 1 proyek baru, CitraLand Gresik Kota di Jawa Timur, dan berbagai peluncuran klaster dan ruko baru di proyek yang sedang berjalan seperti di CitraGarden Serpong, CitraLand Gama City Medan, Citra City Sentul, dan CitraLand Surabaya. 

Secara total sampai akhir tahun, CTRA memperkirakan dapat meraih antara Rp3,5 dan Rp4,0 triliun dari peluncuran-peluncuran baru tersebut, dan sisanya akan datang dari penjualan stok. 

“Selain itu, kami juga akan memaksimalkan insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Ditanggung Pemerintah (DTP) yang berlaku hingga akhir tahun 2024,” katanya. 

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

35 Ucapan Maulid Nabi Muhammad 2024, Penuh Makna!
Meninjau Valuasi Spin-Off Anak Usaha Adaro dan Dampaknya
Adhi Karya Digugat PKPU Gara-Gara Proyek Hambalang
Apakah Uang Rp100 Ribu Bisa investasi? Ini Pilihannya
Mobil BYD Mulai Banyak Terlihat di Jalan, Ini Data Impornya
Tiga Pesan Penting Sidang Kabinet Terakhir Jokowi di IKN