Genjot Ekspansi, Pakuwon Jati Naikkan Capex Tahun Ini Jadi Rp2,71 T

PWON akan bangun hotel bintang 4 di IKN.

Genjot Ekspansi, Pakuwon Jati Naikkan Capex Tahun Ini Jadi Rp2,71 T
Superblok yang dioperasikan PT Pakuwon Jati Tbk (Dok.Pakuwon Jati)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Fortune Recap

  • PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) menganggarkan belanja modal Rp2,71 triliun tahun ini, 50% lebih tinggi dari tahun lalu.
  • 53% capex digunakan untuk akuisisi dan operasional lahan, 18% untuk pengembangan mal, 18% pembangunan kondominium, dan 11% untuk pengembangan hotel.
  • PWON akan membangun hotel bintang 4 dan pusat belanja pada proyek Mixed Used IKN tahap pertama dengan total nilai investasi Rp650 miliar.

Jakarta, FORTUNE - Emiten pengembang Properti PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) menganggarkan belanja modal (capital expanditure atau Capex) Rp2,71 triliun tahun ini. Jumlah capex tersebut lebih tinggi 50 persen dibandingkan realisasi capex tahun lalu sebesar Rp1,89 triliun. 

Dari total capex yang dianggarkan tahun ini, 53 persen akan digunakan untuk akuisisi dan operasional lahan. Kemudian, 18 persen untuk pengembangan mal, 18 persen pembangunan kondominium dan 11 persen untuk pengembangan hotel.

“Hingga kuartal I 2024, pengeluaran belanja modal perseroan telah mencapai Rp323 miliar untuk membiayai proyek konstruksi Pakuwon Mall Bekasi, Pakuwon City Mall Tahap 3 serta pembelian tanah di area Pakuwon City,” kata Direktur dan Corporate Secretary Pakuwon Jati, Minarto dalam paparan publik di Sheraton Hotel, Jakarta, Rabu (12/6).

Selain proyek tersebut, perseroan juga menggarap beberapa proyek lain seperti Bekasi Superblok, Kota Kasablanka tahap 4, Gandaria City tahap 2,  Mixed Use di IKN tahap 1, Mixed Use di Semarang tahap 1 dan Mixed Use Batam tahap 1. 

Di antara proyek yang dikembangkan perseroan,  Bekasi Superblok adalah salah satu yang ditargetkan paling cepat rampung yakni pada 2027. Pada proyek seluas 100.000 meter persegi akan dibangun hotel, mal dan residensial dengan total nilai investasi pembangunan sebesar Rp2,6 triliun.

Investasi Proyek IKN

Gambaran IKN. (dok. OIKN)

Tak hanya fokus pada ekspansi di kota besar, PWON juga akan membangun hotel bintang 4 dan pusat belanja pada proyek Mixed Used IKN tahap pertama dengan total nilai investasi Rp650 miliar.

Presiden Direktur Pakuwon Jati, Alexander Stefanus Ridwan Suhendra optimistis akan melanjutkan ekspansi bisnis di sana. Perusahaan bahkan telah memiliki rencana pembangunan yang akan direalisasikan dalam tiga tahap sesuai pertambahan penduduk. Pasalnya, seiring kantor pemerintah yang akan segera beroperasi, ia memperkirakan akan ada banyak kunjungan ke kawasan tersebut  sehingga memerlukan hotel sebagai lokasi menginap.

“Tahap pertama kami baru bangun hotel bintang 4 dan sebagian pusat belanja untuk memenuhi sebagian kebutuhan pada saat IKN jadi. Jadi kita sudah pikirkan kapan, pada saat penduduknya bertambah, akan kami tambah juga proyeknya,” katanya.

Direktur PWON, Wong Boon Siew Ivy menambahkan, pada hotel bintang 4 yang akan dibangun total akan memiliki 295 kamar. “Hotel tersebut cocok untuk bisnis. Hotel milik Pakuwon ini juga sudah kami kerjasamakan dengan Sheraton untuk pengoperasiannya,”  ujarnya.

Di dekat lokasi tersebut, PWON juga dibangun terminal bus listrik yang ditargetkan rampung tahun ini.  

Pembagian Dividen

PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) sepakat bagikan dividen tunai tahun buku 2023. (dok. Pakuwon Jati)

Dalam RUPS yang digelar hari ini, PWON  sepakat membagikan dividen tunai tahun buku 2023 sebesar Rp433 miliar. Jumlah ini setara dengan 21 persen dari Rp2,10 triliun laba bersih. 

“Dividen senilai Rp 9 per saham ini, menggambarkan komitmen berkelanjutan perseroan kepada para pemegang saham PWON,” kata Minarto. 

Hingga kuartal I 2024, PWON membukukan pendapatan bersih sebesar Rp1,53 triliun, naik 11 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya Rp1,38 triliun. Laba bruto tahun ini tercatat Rp 852 miliar, naik 14 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu Rp747 miliar. Sedangkan EBITDA tercatat sebesar Rp833 miliar, naik 8 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp771 miliar.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

Dari 18,9 Juta Penerima Kartu Prakerja, Mayoritas Milenial dan Gen Z
PTBA Gandeng Tiga Bank Himbara Demi Fasilitas Pemanfaatan DHE
Valuasi X Turun Drastis, Kini Hanya 25% dari Nilai Awal
Dirut Krakatau Steel Purwono Widodo Meninggal Dunia, Ini Profilnya
Grup Astra Sebar Dividen Interim, Ini Jadwal ASII, AALI, dan UNTR
Kenali Modus Penipuan Terbaru, Tetap Waspada!