Usai Divestasi, MIND ID Dapat Hak Beli Bijih Nikel dari Tambang Vale

Perjanjian pembelian bijih nikel dimulai pada tahun 2026.

Usai Divestasi, MIND ID Dapat Hak Beli Bijih Nikel dari Tambang Vale
Ilustrasi lokasi pertambangan dan pengolahan nikel/Dok. PT Vale Indonesia
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Fortune Recap

  • PT Vale Indonesia Tbk (INCO) meneken Perjanjian Kerja Offtake Bijih dengan PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID) terkait pemberian hak memilih membeli bijih nikel mulai 2026.
  • MIND ID diberikan hak untuk memilih serta membeli bijih saprolit dan/atau limonit dari Vale Indonesia sesuai syarat perjanjian, dimulai pada 2026 dan tunduk kepada rencana produksi Vale Indonesia.
  • INCO juga mengadakan dua perjanjian tambahan dengan Vale Canada Limited (VCL), Vale Technology Development (Canada) Limited (VTDL), Sumitomo Metal Mining Co, Limited (SMM), dan MIND ID terkait Perjanjian Jasa Teknikal dan Manajemen serta Perjanjian Jasa Transisional.

Jakarta, FORTUNE - PT Vale Indonesia Tbk (INCO) meneken Perjanjian Kerja Offtake Bijih dengan PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID) terkait pemberian hak memilih membeli bijih Nikel mulai 2026 medatang.

Sekretaris Perusahaan INCO, Natasya Suherto menyatakan Vale Indonesia memberikan MIND ID hak untuk memilih serta membeli bijih saprolit dan atau bijih limonit tertentu yang diproduksi, sebagaimana syarat dan ketentuan dalam perjanjian.

“Kesepakatan offtake dimulai pada 2026 dan tunduk kepada rencana produksi Vale Indonesia,” kata dia seperti dikutip dari keterangannya, Rabu (3/7).

Pembelian bijih tersebut akan diatur lebih lanjut dalam perjanjian definitif terpisah untuk setiap transaksi jual beli bijih yang bersangkutan. Perjanjian ini tidak berpotensi mengganggu kelangsungan usaha Vale.

Setelah dilakukan akuisisi, per 1 Juli 2024, MIND ID telah menjadi pemegang saham terbesar dengan kepemilikan saham sebanyak 3.583.533.690 lembar saham atau setara dengan 34,03 persen dari seluruh saham yang disetor dan ditempatkan.

Adapun, Vale Canada Limited menjadi pemegang saham terbesar kedua PT Vale Indonesia Tbk dengan kepemilikan sebanyak 3.570.993.764 lembar saham atau setara dengan 33,91 persen.

Perjanjian lain usai dilakukan divestasi

Selain menandatangani perjanjian offtake untuk bijih nikel, pada 28 Juni 2024, INCO juga mengadakan dua perjanjian tambahan dengan Vale Canada Limited (VCL), Vale Technology Development (Canada) Limited (VTDL), Sumitomo Metal Mining Co, Limited (SMM), dan MIND ID terkait Perjanjian Jasa Teknikal dan Manajemen serta Perjanjian Jasa Transisional.

Melalui Perjanjian Jasa Teknikal dan Manajemen, VCL, VTDL, SMM, dan MIND ID sebagai penyedia jasa akan memberikan layanan kepada INCO yang berkaitan dengan manajemen, teknis, dan aspek lain untuk mendukung operasional dan pengembangan proyek.

INCO setuju untuk menerima layanan manajemen, biaya proyek khusus, serta teknis dari keempat perusahaan tersebut, dengan biaya yang akan dibayarkan oleh INCO berdasarkan biaya aktual ditambah marjin sebesar 10 persen.

Selanjutnya, VCL dan VTDL akan memberikan layanan kepada INCO berdasarkan Perjanjian Jasa Transisional selama 12 bulan. Layanan transisional ini termasuk teknologi informasi yang esensial bagi keberlangsungan bisnis.

Untuk layanan yang tidak berkaitan dengan teknologi informasi, perjanjian ini bisa diperpanjang dua kali, masing-masing selama 6 bulan, sesuai kesepakatan para pihak.

Layanan teknologi informasi selama 12 bulan ini juga dapat diperpanjang dua kali, masing-masing selama 6 bulan, dengan perpanjangan lebih lanjut memerlukan kesepakatan tambahan.

INCO setuju menerima layanan transisional dari VCL dan VTDL dengan biaya yang harus dibayarkan berdasarkan biaya aktual ditambah marjin 10 persen. Total nilai transaksi untuk kedua perjanjian ini mencapai maksimal US$10,84 juta.

Kedua perjanjian ini tunduk pada hukum Republik Singapura, dan jika terjadi sengketa, akan diselesaikan di Singapore International Arbitration Centre sesuai aturan yang berlaku di sana.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

Dari 18,9 Juta Penerima Kartu Prakerja, Mayoritas Milenial dan Gen Z
PTBA Gandeng Tiga Bank Himbara Demi Fasilitas Pemanfaatan DHE
Valuasi X Turun Drastis, Kini Hanya 25% dari Nilai Awal
Dirut Krakatau Steel Purwono Widodo Meninggal Dunia, Ini Profilnya
Grup Astra Sebar Dividen Interim, Ini Jadwal ASII, AALI, dan UNTR
Kenali Modus Penipuan Terbaru, Tetap Waspada!