Bank Indonesia Beri Sinyal BI-Rate Akan Kembali Turun

Sinyal BI-Rate turun atas ketidakpastian global yang mereda

Bank Indonesia Beri Sinyal BI-Rate Akan Kembali Turun
Ilustrasi Bank Indonesia/ Shutterstock Harismoyo
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Fortune Recap

  • Deputi Gubernur BI sinyal penurunan suku bunga acuan BI-Rate dalam waktu dekat, seiring meredanya ketidakpastian global.
  • Ketidakpastian global mulai mereda, inflasi di berbagai negara melambat, rupiah menguat, dan inflasi Indonesia rendah.
  • Tantangan stabilitas sistem keuangan ke depan terkait perekonomian global, risiko operasional digitalisasi keuangan, dan risiko perubahan iklim.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Juda Agung memberi sinyal akan penurunan kembali Suku Bunga Acuan BI-Rate dalam waktu dekat. Ia menjelaskan bahwa ketidakpastian global yang mulai mereda memberikan ruang terbuka untuk penurunan BI-Rate.

“Tentu saja kami terus mencermati apakah ada ruang penurunan suku bunga lebih lanjut,” kata Juda dalam peluncuran Kajian Stabilitas Keuangan (KSK) Nomor 43, Rabu (2/10).

Ia menggarisbawahi, dalam dua tahun terakhir, perekonomian dan keuangan global ditandai ketidakpastian yang tinggi, seperti Inflasi memburuk diberbagai negara maju dengan dikuti kenaikan suku bunga The Fed pada Maret 2022.

Saat ini, dalam pantauan BI, ketidakpastian global mulai mereda, sejalan dengan terus melambatnya inflasi di berbagai negara. Di Amerika Serikat (AS) misalnya, inflasi diperkirakan akan mendekati sasaran sebesar 2 persen.

Kemudian dari sisi domestik, penguatan rupiah terus terlihat dalam tren positif. Diikuti inflasi Indonesia pada September 2024 sebesar 1,84 persen secara tahunan (year on year/yoy) dan terjadi deflasi 0,12 persen secara bulanan (month to month/mtm).

Dari kondisi tersebut, Juda menekankan tren ketidakpastian global akan terus mereda dari berbagai indikator tekanan ekonomi.

“Rupiah menguat yang kemudian buka ruang penurunan suku bunga. Di sektor perbankan juga ketahanan permodalan yang tinggi, likuiditas yang memadai dan risiko kredit yang terkendali juga terus mendorong pertumbuhan kinerja intermediasi perbankan yang hingga Agustus kemarin di 11,4 persen yoy,” ujar Juda.

Namun demikian, Juda mewanti-wanti tantangan stabilitas sistem keuangan ke depan. Ada tiga tantangan yang perlu diperhatikan.

Pertama, terkait perekonomian global. Siklus keuangan global yang melonggar perlu dimanfaatkan untuk mendorong pembiayaan ekonomi. Indonesia juga perlu terus menjaga antisipasi akan risiko geopolitik.

Kedua, terkait risiko operasional dari digitalisasi keuangan. Hal ini terlihat dari ancaman meningkatnya fraud dan ancaman siber yang merusak reputasi dan kepercayaan masyarakat.

Ketiga, adanya risiko perubahan iklim. Risiko ini mengarah pada risiko transisi yang semakin nyata, seperti penurunan nilai aset berbasis energi fosil, ataupun kesulitan pendanaan akibat aktivitas bisnis yang bersifat brown.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

Kurs Rupiah terhadap Dolar Hari Ini, 7 Oktober 2024: Melemah 0,92%
Riset: Gaji Pekerja Startup di Indonesia Menurun Tajam Sepanjang 2023
Jokowi: Deflasi dan Inflasi Harus Tetap Seimbang dan Terkendali
OJK Ungkap 5 Modus Kejahatan yang Bisa Kuras Isi Saldo M-Banking
5 Provinsi Pengguna Judol Terbanyak di Indonesia, Mana Saja?
Saham Teraktif Pagi Ini, 07 Oct 2024