Ada Transaksi Jumbo, Pengendali Langsung Indocement Berubah

Siapa pengendali langsung Indocement saat ini?

Ada Transaksi Jumbo, Pengendali Langsung Indocement Berubah
Dok. Indocement
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Siapa pemegang saham pengendali PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) atau Indocement Group, setelah transaksi crossing saham jumbo kemarin? Apa terjadi perubahan?

Berdasarkan keterbukaan informasi Indocement Group, telah terjadi transaksi jual beli saham antara Birchwood dan Heidelberg Materials AG. Birchwood, selaku pemegang 51 persen saham INTP, menjual semua saham INTP miliknya kepada Heidelberg Materials AG.

Adapun, Heidelberg Materials AG adalah pemegang saham pengendali tidak langsung Indocement Group, karena kepemilikan atas seluruh saham di Birchwood yang merupakan pemegang saham pengendali INTP sebelum transaksi.

"Transaksi ini dilakukan untuk tujuan restrukturisasi grup Heidelberg Materials AG," jelas Corporate Secretary Indocement Group, Dani Handajani, dikutip Rabu (8/11).

Efektif per 7 November 2023, pemegang saham pengendali Indocement Group adalah Heidelberg Materials AG, sekaligus pemegang saham mayoritas perseroan. Kepemilikan saham langsung dalam INTP berjumlah hampir 1,88 miliar (1.877.480.863) atau setara 51 persen dari total saham yang dikeluarkan oleh Indocement Group.

Lebih lanjut, tidak ada perubahan pada pengendali di perseroan karena Heidelberg Materials AG adalah pemilik 100 persen saham di Birchwood. Heidelberg Materials AG sendiri telah menjadi pemegang saham mayoritas Indocement sejak 2001.

Dani menambahkan, "Transaksi itu hanya mengakibatkan perubahan kepemilikan Heidelberg Materials AG di perseroan yang semula tidak langsung menjadi kepemimlikan langsung."

Pergerakan saham dan profil Indocement

Semen PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP). (Shutterstock/Susilo Prambanan)

Hari ini, per pukul 11.17 WIB, saham INTP tercatat terkoreksi 2,04 persen ke harga Rp9.625 setelah dibuka di zona merah pagi tadi. INTP bergerak di rentang Rp9.550-Rp9.825 dengan rata-rata harga Rp9.674,30.

Sebanyak 787.000 saham INTP diperjualbelikan, dengan nilai transaksi Rp7,61 miliar dan frekuensi transaksi 945 kali.

Adapun, Indocement merupakan salah satu produsen semen terbesar Indonesia. Contoh mereknya adalah Semen Tiga Roda dan Semen rajawali. 

Untuk sekarang, Indocement Group serta anak usahanya menekuni sejumlah bidang usaha, yang meliputi: pabrikasi dan penjualan semen (bisnis inti), beton siap pakai, serta tambang agregat dan trass.

Total karyawan Indocement Group mencapai 3.400 orang. Lalu, pabriknya berjumlah 13 pabrik dengan total kapasitas produksi tahunan 25,5 juta ton semen.

Berikut ini sebaran lokasi pabrik Indocement Group:

  • 10 di Kompleks Pabrik Citereup, Bogor, Jawa Barat;
  • 2 pabrik di Kompleks Pabrik Cirebon, Cirebon, Jawa Barat;
  • dan 1 pabrik di Kompleks Pabrik Tarjun, Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Pada 2022, Indocement telah mengoperasikan Pabrik Maros setelah menandatangani Perjanjian Sewa Pakai Aset dengan PT Semen Bosowa Maros dan PT Bosowa Corporindo.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

OPEC+ Sepakat Tunda Kenaikan Produksi Minyak Hingga November
Bisnis Manajemen Fasilitas ISS Tumbuh 5% saat Perlambatan Ekonomi
7 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Harganya Fantastis!
Gagal Tembus Resisten, IHSG Diprediksi Konsolidasi
Fitur AI Jadi Alasan Canva Naikkan Harga hingga 300%
Pertamina Siapkan 15 Persen Belanja Modal untuk Transisi Energi