Daftar Saham yang Bisa Diuntungkan Jika Suku Bunga Turun

Suku bunga The Fed dan BI diprediksi mulai turun di paruh II

Daftar Saham yang Bisa Diuntungkan Jika Suku Bunga Turun
ilustrasi screening saham (unsplash/jakub zerdzicki)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Fortune Recap

  • The Fed dan BI diprediksi akan memotong suku bunga, berpotensi tiga kali untuk The Fed dan 1-2 kali untuk BI.
  • 32% bank sentral dunia sudah memotong suku bunga, sehingga saham telekomunikasi, keuangan, dan consumer staples berpotensi diuntungkan.
  • Saham-saham dari sektor telekomunikasi, keuangan, dan consumer staples dinilai memiliki peluang diuntungkan dengan pemangkasan suku bunga. Kinerja fundamentalnya pun dinilai solid.

Jakarta, FORTUNE - Berbagai lembaga keuangan memproyeksikan The Fed akan mulai memangkas Suku Bunga pada paruh kedua 2024. Lantas, apa saja Daftar Saham yang berpotensi diuntungkan jika suku bunga benar-benar diturunkan?

Chief Economist & Investment Strategist Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI), Katarina Setiawan mengatakan, MAMI Global Chief Economist mengestimasikan akan ada pemotongan Fed Fund Rate sebanyak tiga kali pada tahun ini. 

Sementara itu, untuk Bank Indonesia, pasar memprediksi akan ada pemotongan suku bunga 100 basis poin (bps) sampai dengan 2025. "Kami melihat untuk tahun ini ada pemotongan suku bunga sekitar satu sampai dua kali dan masing-masing 25 bps," jelas Katarina, dikutip Kamis (15/8).

Dalam catatan Manulife, sekitar 32 persen bank sentral di seluruh dunia sendiri sudah memotong suku bunganya. Oleh karena itu, langkah tersebut berpotensi diikuti oleh The Fed dan BI.

"Jadi eranya sudah masuk ke siklus pemotongan suku bunga, sudah beralih dari suku bunga tinggi," kata Katarina.

Daftar saham yang diuntungkan peluang pemotongan suku bunga

Apabila nanti The Fed dan BI benar-benar mulai menurunkan suku bunga, apa saja daftar saham yang diuntungkan? Berikut ini ulasan informasinya.

Chief Investment Officer, Equity MAMI, Samuel Kesuma menyoroti saham-saham dari sektor telekomunikasi, keuangan, dan consumer staples.

Untuk telekomunikasi, selain karena peluang pemangkasan suku bunga, kinerja fundamentalnya pun dinilai solid karena prospek pertumbuhan laba ke depan, serta stabilnya pendapatan.

"Nanti saat ada penurunan suku bunga, valuasi sektor seperti telekomunikasi ini juga menbalami apresiasi atau peringkat yang cukup oke," jelas Samuel.

Sektor keuangan pun demikian. Sebab, di kondisi saat suku bunga lebih rendah, likuiditas perbankan pun akan terdampak, sehingga akan mempengaruhi kinerja laba dan margin profitabilitas para emiten perbankan.

Lalu, untuk sektor consumer staples, MAMI melihat, peluang penguatan rupiah di paruh II akan menyokong kinerja laba bersih para emiten di sektor tersebut. Sebab, pada semester I 2024, perusahaan-perusahaan di sektor itu mencatatkan penueunan laba karena faktor nilai tukar mata uang.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

12 Tahun Dijual, Rumah Mewah Michael Jordan di Chicago Akhirnya Laku
Isak Tangis Sri Mulyani di Banggar DPR Usai Sepakati RUU APBN 2025
OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023
Perbedaan Istana Garuda dan Istana Negara IKN, Jangan Keliru
Alibaba Pertahankan Kepemilikan 88 Miliar Saham GoTo hingga 5 Tahun
Bunga Acuan Turun, BI Proyeksikan Kredit Bank Tumbuh 12%