Pemerintahan Prabowo Rilis Daftar Menteri, IHSG Diramal Fluktuatif

Kabinet dirilis pada Minggu (20/10) malam.

Pemerintahan Prabowo Rilis Daftar Menteri, IHSG Diramal Fluktuatif
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Fortune Recap

  • IHSG diproyeksikan bergerak fluktuatif setelah pelantikan Prabowo dan Gibran sebagai presiden dan wakil presiden.
  • Wall Street mengalami penguatan mingguan selama enam kali berturut-turut, dengan mayoritas jajak pendapat masih mengunggulkan Donald Trump.
  • Sentimen positif di pasar IHSG datang dari penguatan mayoritas indeks di bursa Wall Street, aksi beli investor asing, dan harapan terhadap pemerintahan yang baru.

Jakarta, FORTUNE - Indeks Harga Saham Gabungan (Ihsg) diproyeksikan bergerak fluktuatif pada Senin (21/10) setelah pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi dilantik sebagai presiden dan wakil presiden pada akhir pekan lalu.

Menurut Head of Research Phintraco Sekuritas, Valdy Kurniawan, pasar Indonesia akan merespons pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih itu beserta pengumuman daftar nama menteri Kabinet Indonesia Merah Putih. 

"Isu-isu nama-nama menteri dan pos kementerian yang akan diisi sudah banyak beredar dalam sepekan terakhir," kata Valdy dalam riset hariannya.

Adapun, daftar nama menteri pada kabinet pemerintahan Presiden Prabowo itu telah dirilis pada Minggu (20/10) malam.

Dari ranah internasional, Wall Street membukukan penguatan mingguan selama enam kali berturut-turut. Soal sentimen pemilihan umum yang akan digelar pada 5 November 2024, mayoritas jajak pendapat masih mengunggulkan Donald Trump.

"Salah satu donor utama Trump menyatakan bahwa Trump mempersiapkan kenaikan federal spending sebesar 14 persen dari 2024," demikian Valdy lagi.

Sentimen lain datang dari proyeksi pemangkasan suku bunga acuan lanjutan dari Bank Sentral Cina atau PBOC pada Senin ini.

IHSG pun diprediksi melaju fluktuatif di bawah 7.800 pada Senin, dengan pergerakan pada rentang 7.650 dan 7.830 sepanjang pekan ini. Daftar saham pilihannya adalah RALS, BBYD, MYOR, ESSA, INKP, dan BUKA.

Di sisi lain, CGS International Sekuritas Indonesia menjelaskan, penguatan mayoritas indeks di bursa Wall Street akan menjadi sentimen positif di pasar. Hal itu terjadi seiring dengan solidnya laporan keuangan kuartal III-2024 para emiten di Wall Street.

Ditambah lagi, aksi beli investor asing dan harapan terhadap pemerintahan yang baru juga berpeluang menjadi tambahan sentimen positif untuk indeks harga saham gabungan hari ini.

"IHSG diprediksi akan melanjutkan penguatannya dengan kisaran support 7.715/7.670 dan resisten 7.805/7.850," demikian menurut tim riset CGS. 

Daftar saham pilihan mereka adalah BBNI, EXCL, TLKM, SSIA, GOTO, dan KLBF.

Lebih lanjut, secara teknis Binaartha Sekuritas memproyeksikan IHSG hari ini menguat di antara level support 7.720 dan resisten 7.820. 

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

Investor Siap-Siap, Spin-Off Anak Usaha ADRO Makin Dekat
Buruh Ancam Mogok Nasional Minta Upah Naik, Simak Tanggalnya
Cara Menambahkan Chatbot Copilot di WA, Praktis!
60 Mercedes-Benz S-Class Jemput Tamu Negara Saat Pelantikan Presiden
46 Perusahaan Bakal Impor 1,3 Juta Sapi untuk Program Makan Bergizi
Agar Tak Diblokir, Kominfo Paksa X Buka Kantor Perwakilan di RI