PIK 2 (PANI) Mau Private Placement, Minta Restu 26 Juni

Penerbitan sahamnya maksimal 1,56 miliar.

PIK 2 (PANI) Mau Private Placement, Minta Restu 26 Juni
Ilustrasi: kawasan yang dikembangkan oleh PT Pantai Indah Kapuk Dua Tbk. (Dok. PANI)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Fortune Recap

  • PT PANI akan menerbitkan maksimal 1,56 miliar saham dalam private placement untuk memperkuat permodalan.
  • Dana hasil aksi korporasi akan digunakan untuk mendukung kegiatan usaha, ekspansi bisnis, dan meningkatkan posisi keuangan perseroan.
  • Setelah aksi tersebut, kepemilikan atas modal ditempatkan dan disetor PANI berubah menjadi: PT Multi Artha Pratama (81,09%), masyarakat (9,82%), dan saham baru private placement (9,09%).

Jakarta, FORTUNE - Emiten taipan Aguan, PT Pantai Indah Kapuk Dua Tbk (PANI) akan menerbitkan maksimal 1,56 miliar saham dalam aksi Private Placement sebagai upaya memperkuat struktur permodalan.

Penambahan modal tanpa memberikan hak memesan efek terlebih dahulu itu bernilai nominal Rp100 per saham atau maksimal 10 persen dari modal disetor dan ditempatkan dalam perseroan. "Perseroan diharapkan akan mendapat alternatif sumber pendanaan untuk kepentingan bisnis atau kegiatan usaha perseroan dan atau entitas anak," jelas Manajemen PANI dalam prospektus, dikutip Rabu (22/5).

Nantinya, dana hasil aksi korporasi itu akan perseroan gunakan untuk menyokong kegiatan usaha dan ekspansi bisnis, serta meningkatkan posisi keuangan perseroan dan anak usaha. 

Adapun, perseroan belum bisa mengungkapkan nama pembeli saham-saham baru dalam aksi private placement, karena belum ditentukan pihak-pihaknya.

Perubahan struktur permodalan setelah aksi korporasi

Sebelum penerbitan saham baru, modal ditempatkan dan disetor PANI dimiliki oleh PT Multi Artha Pratama (89,02 persen) dan masyarakat (10,08 persen). Setelah aksi tersebut, maka kepemilikan atas modal ditempatkan dan disetor PANI berubah menjadi: PT Multi Artha Pratama berkurang menjadi (81,09 persen), masyarakat (9,82 persen), dan saham baru private placement (9,09 persen).

"Pemegang saham perseroan yang tidak berpartisipasi akan mengalami dilusi kepemilikan saham secara proporsional, yaitu maksimal 10 persen," jelas PANI lagi.

Selain itu, jumlah aset dan jumlah ekuitas PANI akan meningkat masing-masing 22,06 persen dan 39,81 persen setelah aksi private placement.

Adapun, pelaksanaan private placement Pantai Indah Kapuk Dua diperkirakan dilakukan dalam jangka waktu dua tahun sejak Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) untuk PMTHMETD tersebut dilaksanakan.

Permintaan persetujuan atas rencana aksi private placement ini akan dilakukan pada RUPSLB, Rabu, 26 Juni 2024.

Pada Rabu (22/5) pukul 13.40 WIB, saham PANI melemah 2,23 persen ke harga Rp5.475 dari Rp5.600. Dikutip dari IDX Mobile, volume transaksi atas saham PANI berjumlah 2,55 juta saham, dengan nilai transaksi Rp14,0 miliar, serta transaksi sebanyak 127.000 kali.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

35 Ucapan Maulid Nabi Muhammad 2024, Penuh Makna!
Meninjau Valuasi Spin-Off Anak Usaha Adaro dan Dampaknya
Adhi Karya Digugat PKPU Gara-Gara Proyek Hambalang
Apakah Uang Rp100 Ribu Bisa investasi? Ini Pilihannya
Mobil BYD Mulai Banyak Terlihat di Jalan, Ini Data Impornya
Tiga Pesan Penting Sidang Kabinet Terakhir Jokowi di IKN