Program Checkup Gratis Prabowo, Ini Tanggapan Prodia

Prabowo-Gibran berniat gelar program checkup gratis di 2025.

Program Checkup Gratis Prabowo, Ini Tanggapan Prodia
Kondisi laboratorium klinik Prodia saat di Solo, Jawa Tengah. (Dok. Fortune Indonesia)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Fortune Recap

  • PT Prodia Widyahusada Tbk (PRDA) membuka suara terkait program pemeriksaan kesehatan gratis untuk puluhan juta masyarakat Indonesia pada 2025.
  • Program tersebut akan fokus pada penderita TBC dan populasi yang rentan terjangkit, terutama kelompok masyarakat yang kekurangan gizi.
  • PRDA memproyeksikan pertumbuhan kinerja sekitar 1-2 persen pada 2024, dengan pendapatan dan laba bersih menurun pada paruh I 2024.

Jakarta, FORTUNE - PT Prodia Widyahusada Tbk (PRDA) buka suara perihal wacana pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menggelar program pemeriksaan kesehatan (medical check up) gratis untuk puluhan juta masyarakat Indonesia pada 2025.

Menurut Direktur Utama PRDA, Dewi Muliaty, perseroan sudah memperhitungkan potensi pertumbuhan dari keterlibatannya dalam mendukung program yang akan fokus pada penderita TBC (tuberculosis) tersebut. Sayangnya, karena masih bersifat rencana dan penghitungannya belum matang, ia mengaku tak bisa memperinci angkanya.

"Karena masih sangat dinamis hitungan kami ini, kami masih konfirmasi-konfirmasi terus kira-kira kepastian pelaksanaannya seperti apa?" kata Dewi dalam acara Prodia Connect, Senin (30/9).

Lebih lanjut, ia menilai, rencana penerapan program pemeriksaan kesehatan gratis itu tersegmentasi untuk populasi yang rentan terjangkit TBC, yakni kelompok masyarakat yang kekurangan gizi. Menurutnya, itu kemungkinan berhubungan dengan program Prabowo-Gibran lain, yakni program makan bergizi gratis.

Dus, target pesertanya akan banyak berasal dari kelompok tersebutm, sehingga ceruknya bersifat niche. Jikalau itu akan diperuntukkan ke segmen kelas menengah pun, menurutnya jumlahnya tak akan terlalu besar. Kecuali, bila program itu akan bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, yang saat ini belum memiliki manfaat berupa layanan kesehatan preventif.

"Kalau kita kerja sama dengan pemerintah baru, dalam hal dukungan check up masyarakat itu, saya rasa kita tak bisa terlalu mengharapkan margin. Tapi, banyak berupa dukungan. Bahwa nantinya ada unsur tanggung jawab sosial, bagi Prodia itu hal yang positif juga," jelas Dewi lagi.

Dari segi kinerja, PRDA memproyeksikan pertumbuhan kinerja sekitar 1–2 persen pada 2024. Pada paruh I 2024, perseroan telah membukukan pendapatan senilai Rp1,03 triliun, menurun 2,89 persen (YoY). Laba bersihnya juga menurun 22,25 persen (YoY) menjadi Rp115,67 miliar.

Pada akhir perdagangan Senin, saham PRDA melemah 2,17 persen ke harga Rp3.150, setelah dibuka di harga Rp3.220. Rata-rata harga PRDA hari ini adalah Rp3.157,75. Volume transaksi PRDA hari ini mencapai 1,13 juta saham, dengan nilai transaksi Rp3,59 miliar, dan frekuensi transaksi 518 kali.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

Harga BBM Terbaru per 30 September 2024, Untuk Semua Wilayah
Waspada IHSG Terkoreksi, Dibayangi Sejumlah Sentimen
Daftar Pemegang Saham Tol Transjawa Setelah Divestasi JSMR
Kurs Rupiah ke Dolar Hari Ini, 30 September 2024: Turun 5 Poin
Permata Bank Luncurkan Logo Baru, Ikuti Logo Bangkok Bank
MLPT Ungkap Strategi Dongkrak Layanan Publik Dengan AI