Tindak Lanjut OJK Atas Kasus Dugaan Gratifikasi IPO

OJK sedang mendalami keterkaitan oknum pegawainya.

Tindak Lanjut OJK Atas Kasus Dugaan Gratifikasi IPO
ShutterStock/Farzand01
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Fortune Recap

  • OJK mendalami keterkaitan pegawainya dalam dugaan kasus praktik gratifikasi IPO di BEI.
  • BEI mejatuhkan sanksi PHK terhadap lima oknum karyawan yang terlibat, namun OJK belum menemukan indikasi pelanggaran oleh pegawai OJK.
  • OJK menegaskan larangan praktik penyuapan, mendukung langkah BEI, dan mendorong pelaporan melalui OJK Whistle Blowing System (WBS).

Jakarta, FORTUNE - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah mendalami potensi keterkaitan pegawainya dalam dugaan kasus praktik Gratifikasi IPO di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Sebelumnya, BEI dilaporkan mejatuhkan sanksi berupa PHK terhadap lima oknum karyawan Divisi Penilaian Perusahaan BEI yang terindikasi terlibat di kasus yang disebut terorganisasi dan melibatkan oknum pegawai OJK hingga level departemen.

"Sejauh ini [OJK] belum menemunkan indikasi pelanggaran oleh pegawai OJK terkait dengan penawaran umum," demikian keterangan resmi OJK pada Rabu (28/8).

BEI sendiri telah berkoordinasi dengan OJK terkait dengan dugaan praktik gratifikasi dalam proses IPO. OJK pun mendukung langkah BEI yang menghukum oknum karywan yang melanggar etika, demi menjaga integritas serta kepercayaan kepada institusi. 

Lebih lanjut, OJK menegaskan melarang seluruh pegawai terlibat dalam praktik penyuapan, termasuk menerima gratifikasi ketika menjalankan tugas dan fungsinya. Selain itu, OJK menyatakan akan selalu mengimplementasi prinsip tata kelola yang baik, termasuk tentang antipenyuapan dan antigratifikasi sesuai Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) berbasis SNI ISO 37001 yang sudah dijalankan.

"Apabila terdapat pihak-pihak yang memiliki informasi dan/atau bukti keterlibatan pegawai dan pejabat OJK dalam praktik penyuapan dan gratifikasi, diharapkan dapat melapor melalui OJK Whistle Blowing System (WBS)," kata Jubir OJK.

BEI soal investigasi internal

Dalam keterangan terbaru, Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna menyatakan, BEI sudah mempunyai landasan terkait proses investigasi internal atas dugaan praktik gratifikasi tersebut.

"Kami memiliki pedoman dan hasilnya tidak kami publikasikan. Kami tegas melakukan tindakan kepada pihak-pihak yang melanggar nilai IDX," katanya kepada pers (28/8). 

Bagaimana dengan pengumuman tindakan disipliner terhadap oknum karyawan bursa? Menurutnya, itu adalah upayaya transparansi bursa kepada masyarakat, yang berhubungan dengan penerapan prinsip tata kelola yang baik dan Sistem Manajemen Anti Penyuapan sebagaimana yang sudah disampaikan oleh OJK.

Mengenai siapa saja emiten yang terseret dalam kabar ini, Nyoman menegaskan, tidak ada relevansi yang mengharuskan perusahaan mengungkapkan detailnya, karena tidak terjadi pelanggaran peraturan oleh calon emiten untuk IPO di BEI.

"Namun untuk informasi detail terkait kejadian ini bukan merupakan informasi publik," kata Nyoman lagi.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

12 Tahun Dijual, Rumah Mewah Michael Jordan di Chicago Akhirnya Laku
Isak Tangis Sri Mulyani di Banggar DPR Usai Sepakati RUU APBN 2025
OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023
Perbedaan Istana Garuda dan Istana Negara IKN, Jangan Keliru
Alibaba Pertahankan Kepemilikan 88 Miliar Saham GoTo hingga 5 Tahun
Bunga Acuan Turun, BI Proyeksikan Kredit Bank Tumbuh 12%