XL Axiata Jual Kabel Optik ke Solusi Sinergi Digital

Panjang kabel optik XL Axiata itu 3.984,5 kilometer.

XL Axiata Jual Kabel Optik ke Solusi Sinergi Digital
Logo XL Axiata. (Shutterstock/Triawanda Tirta Aditya)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) atau Surge sepakat mengambil alih kabel fiber optik sepanjang 3.984,5 km milik PT XL Axiata Tbk (EXCL).

Surge, melalui entitas anaknya—PT Integrasi Jaringan Ekosistem (Weave)—dan XL Axiata telah tanda tangani Perjanjian Pembelian Aset (Asset Purchase Agreement) serta Akta Pengalihan. “Dalam perjanjian itu, Weave sepakat membeli dan menerima pemindahan/pengalihan aset kabel optik serta infrastruktur pendukungnya di sepanjang Pulau Jawa,” tulis Direktur Surge, Martha Rebecca dalam keterbukaan informasi, Rabu (22/12).

Selain itu, kesepakatan pun meliputi penyewaan jaringan telekomunikasi dan fasilitas oleh XL Axiata. Sesuai perjanjian sewa-menyewa jaringan telekomunikasi (fiber lease agreement) antara Weave dan XL, jangka waktunya berlangsung 10 tahun.

Martha berujar, “Harapannya, kemitraan kedua cakupan bisnis tersebut bisa berdampak positif bagi kinerja Surge ke depannya.”

Fokus ekspansi serat optik di Pulau Jawa

Sebelumnya, di paparan publik September lalu, Chief Executive Officer Surge, Hermansjah Haryono telah membangun serat optik sepanjang 2.800 km. Setelah itu, perseroan akan fokus mengembangkan infrastruktur itu di Pulau Jawa. Pada 2022 sendiri, Surge menyiapkan belanja modal sejumlah Rp400 miliar.

“Selanjutnya kami akan bangun di jalur kereta yang non-aktif, terus membangun juga di jalan yang steril, sehingga layanan fiber optik yang kami miliki merupakan yang andal dan tahan dari gangguan-gangguan,” kata Hermansyah.

Bila itu sudah rampung, perseroan pun akan mulai memperluas layanan itu ke luar Pulau Jawa. Sebut saja seperti wilayah Kalimantan Barat. Tapi, perseroan belum bisa memperinci waktu rilisnya. Informasi lebih lanjut ihwal ekspansi luar Jawa baru bisa dibeberkan paling cepat di akhir 2023.

Ke depannya, fokus bisnis WIFI adalah digital infrastruktur. Namun, kontribusi terbesar masih berasal dari sektor telekomunikasi (50–60 persen) dari pendapatan. “Sektor lain juga akan terus berkembang dengan adanya digital connectivity ini, operation advertising berjalan lebih canggih,” imbuh manajemen.

Adapun, pendapatan dari fiber optik secara signifikan mulai berkontribusi dari kuartal II 2022. Lalu semakin signifikan pada kuartal IV 2022. Calon-calon kliennya meliputi ISP medium dan kecil. Harganya 5 juta per gbps.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

7 CEO dengan Gaji Tertinggi di Dunia
Grup Astra Sebar Dividen Interim, Ini Jadwal ASII, AALI, dan UNTR
6 Multifinance Lokal dicaplok Asing, Ini Negara Peminatnya
Mengenal Aplikasi Temu yang Bakal Diblokir Kominfo
Aksi Beli Prajogo Pangestu atas BREN Saat Pemeriksaan OJK
Berapa Gaji Anggota DPR beserta Tunjangannya? Puluhan Juta