5 Cara Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Puasa di Waktu Kerja

Rasa kantuk bisa mengganggu kinerja pekerjaan Anda.

5 Cara Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Puasa di Waktu Kerja
Ilustrasi tertidur saat bekerja. (Unsplash/Chris Lynch)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNEPuasa di bulan Ramadan rentan membuat tubuh Anda lemas dan mengakibatkan mengantuk, terutama saat bekerja.  Konsentrasi dibutuhkan ketika bekerja, oleh sebab itu penting untuk mengetahui cara menghilangkan ngantuk saat bekerja di bulan puasa.

Jobstreet mengungkapkan bahwa mengantuk merupakan kondisi wajar terjadi di saat puasa, namun bila terjadi saat bekerja, hal ini akan menggangu pekerjaan dan mengakibatkan penurunan kinerja Anda.

Beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab rasa Kantuk di bulan puasa, antara lain kurang tidur, kurangnya asupan cairan, nutrisi yang berkurang, stres, bahkan lingkungan kerja yang tidak kondusif.

Dari penyebab ini, maka Anda bisa mulai menerapkan sejumlah cara untuk mengatasi kantuk puasa di saat bekerja. Berikut ini adalah beberapa tips di antaranya:

Beristirahat sejenak

Hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan waktu istirahat di kantor.

Jika jam istirahat Anda 60 menit, siasati dengan membaginya menjadi dua sesi. Pada 30 menit pertama, Anda bisa mengistirahatkan mata sebentar dan 30 menit selanjutnya untuk makan siang atau beribadah.

Istirahat ini penting dilakukan, meski hanya sesaat, rasa kantuk akan berkurang cukup banyak dengan beristirahat.

Rasa lelah dan lemas akibat kurang tidur juga akan kembali pulih setelah istirahat dan mengonsumsi makanan kaya akan nutrisi yang penting bagi tubuh.

Perhatikan asupan saat sahur

Saat berpuasa, Anda akan kekurangan cairan dan asupan nutrisi. Namun, hal ini bisa diakali dengan memenuhi kebutuhan ini saat sahur maupun berbuka puasa. Dengan asupan makanan dan cairan yang cukup, Anda bisa terhindar dari rasa kantuk saat bekerja.

Meski demikian, pastikan Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup, tidak berlebih. Selain itu, pastikan juga Anda sudah minum dengan jumlah air putih yang cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda selama berpuasa.

Cuci muka dengan air dingin

Mungkin hal ini yang paling sering dilakukan seseorang saat mengantuk. Namun, sebaiknya Anda menggunakan air dingin untuk membasuhnya. 

Sensasi dinginnya air dapat membuat kamu terjaga dan merasa lebih segar. Selain itu, hal ini juga bisa melancarkan sirkulasi darah.

Atur pernapasan

Salah satu penyebab rasa kantuk adalah kurangnya asupan oksigen menuju otak. Suplai oksigen yang menurun juga menyebabkan tubuh tidak bertenaga, lemas, dan mudah lelah. Penurunan suplai oksigen juga membuat fungsi dan kerja otak tidak optimal.

Dengan demikian, mengatur pernapasan dengan menarik napas sedalam mungkin menggunakan perut, menahannya, dan menghembuskannya perlahan lewat mulut, kemudian mengulanginya sampai 10 kali, bisa menghilangkan kantuk secara perlahan.

Lakukan peregangan

Melakukan peregangan sederhana juga bisa mengatasi kantuk. Peregangan akan membuat peredaran darah lebih lancar, meningkatkan aktivitas sistem saraf, dan mengembalikan energi sehingga lebih bersemangat. Saat peredaran darah lancar, Anda akan lebih segar dan kantuk akan hilang.

Peregangan sederhana dapat dilakukan dengan cara melingkarkan lengan kemudian memutar leher. Selain itu, peregangan dapat dilanjutkan dengan memutar tulang belakang lalu meregangkan kaki. Bila tak sempat, Anda juga bisa melakukannya dengan berdiri dan sekadar menggerakkan kaki ke kanan, kiri, depan, dan belakang, secara berulang.

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan kantuk berpuasa di waktu kerja. Jaga selalu kesehatan dan pastikan tubuh Anda selalu dalam kondisi terbaik. Semoga bermanfaat.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

Daftar Saham Afiliasi Para Calon Menteri dalam Pemerintahan Prabowo
Ini Biaya dan Perbandingan Franchise Alfamart dan Indomaret
BI Masih Cermati Ruang Penurunan Suku Bunga Acuan
BI: Biaya Transaksi QRIS Gratis hingga Rp500 Ribu per 1 Desember 2024
Ini 3 Waktu Terbaik untuk Memulai Investasi Emas
Investor Asal Korsel dan Cina Bakal ke Indonesia Bawa Dana Jumbo