5 Rekomendasi Jenama Emas Batangan Berkualitas Selain Antam

Emas batangan bisa jadi instrumen investasi berkualitas.

5 Rekomendasi Jenama Emas Batangan Berkualitas Selain Antam
ilustrasi emas asli (unsplash.com/Jingming Pan)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Emas batangan yang dirilis oleh PT Aneka Tambang (ANTAM) menjadi salah satu merek logam mulia yang paling populer di tengah masyarakat, karena keamanan, kemudahan bertransaksi, dan nilai yang relatif stabil. Namun, tahukah bahwa selain ANTAM, terdapat sejumlah jenama emas batangan yang memiliki kualitas serupa?

Biasanya, saat membeli emas batangan, pembeli akan mendapatkan sertifikat berisi berbagai informasi terkait, mulai dari berat, kadar kemurnian, hingga nomor seri emas, sehingga keaslian dari produk emas batangan tersebut tetap terjamin dan harganya pun aman saat digunakan bertransaksi.

Seperti halnya emas ANTAM, ada sejumlah perusahaan penghasil produk emas lainnya yang menjual emas batangan dalam varian berat yang beragam, seperti 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 5 gram, sampai 100 gram, bahkan 0,5 kilogram. Hadirnya varian ini menjadi pilihan yang menarik, apalagi emas masih menjadi instrumen investasi yang digemari karena dianggap aman, harga yang terus meningkat, sehingga kerap dipilih untuk investasi jangka panjang.

Melansir Cekaja.com, berikut ini Fortune Indonesia akan mengulas beberapa jenama logam mulia batangan yang berkualitas, selain ANTAM.

UBS

ilustrasi emas asli (unsplash.com/Scottsdale Mint)

Logam mulia ini diproduksi oleh PT Untung Bersama Sejahtera (UBS) yang sudah berdiri sejak 1981. Berbeda dengan emas batangan lainnya, produk UBS memiliki karakteristik unik dalam berbagai bentuk lucu, seperti Hello Kitty atau tokoh kartun Disney seiring dengam kerja sama yang dilakukan perusahaan dengan Disney maupun Sanrio.

Meski begitu, emas batangan dengan desain klasik tetap tersedia di UBS. Agar semakin menarik, UBS juga menghadirkan beragam jenis brand perhiasan, seperti Starshine, EG, Kasandra, Venus, dan Basic Chain.

Lotus Archi

ilustrasi emas asli (unsplash.com/infrarate)

Jenama ini diproduksi oleh PT Lotus Lingga Pratama (LLP), yang merancang dan memproduksi perhisasan emas sejak tahun 1975. Keaslian emas LLP ini terjamin, karena perusahaan merupakan anggota resmi dari World Gold Council dan Asosiasi Pengusaha Emas dan Permata Indonesia (APEPI).

Dengan kadar kemurnian tertinggi mencapai 99.99 persen, emas batangan LLP juga dilengkapi sertifikat asli dan tersedia dalam berbegai pilihan berat, mulai dari 1 gram sampai 50 gram. Tak perlu khawatir untuk mendapatkannya, karena produk Lotus Archi bisa dengan mudah ditemukan di toko emas offline maupun online, seperti Whizliz.com.

PAMP

Ilustrasi emas. Shutterstock/Pixfiction

Jenama ini memang berasal dari Swiss, dengan kepanjangan nama Produits Atistiques Metaux Pracieux (PAMP). Dengan demikian, emas batangan yang dikeluarkan tak hanya mudah ditemukan di Indonesia, namun juga diakui oleh dunia.

Tak hanya itu, emas PAMP juga memiliki desain tematik, seperti Lunar, Love, atau Fortune. Adapun, dari sekian banyak varian, logam mulia PAMP yang paling populer adalah PAMP dengan ukuran berat 1 gram, 2.5 gram, dan 5 gram.

Wonderful Wish

Produk emas batangan tematik Imlek 2023 tiga dimensi (3D). (Doc: Antam)

Jenama ini memiliki ragam pilihan desain dan tema, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai kado bagi relasi atau orang terdekat. Tak hanya untuk pernikahan, namun juga untuk ulang tahun, kelahiran, dan tema-tema lainnya.

Wonderful Wish juga menyediakan fasilitas kemasan yang sangat rapi. Sehingga, Anda tidak perlu repot membungkus jika ingin menghadiahkan benda ini sebagai kado atau koleksi pribadi, karena setiap pesanan emas akan dibungkus rapi, di dalam sebuah kotak akrilik, dan dibungkus dalam kantong beludru. Selain itu, Anda juga bisa memesan emas khusus dengan ukiran nama serta tanggal di batangan emasnya.

Galeri24

ilustrasi kode emas (pexels.com/Michael Steinberg)

Galeri24 adalah anak perusahaan dari PT Pegadaian (Persero) yang bergerak di sektor jual beli perhiasan dan emas batangan. Jenama emas batangan ini pun menyediakan emas dalam berbagai ukuran dan jenis.

Menariknya, di galeri24 Anda bisa membeli emas dengan mencicil pada Pegadaian. Emas tersebut baru akan  diterima pada saat kita selesai mencicil. Tidak sulit untuk mendapatkan emas dari Galer24. Karena, kamu dan masyarakat lainnya bisa membelinya secara langsung di kantor cabang Pegadaian terdekat.

Demikianlah beberapa rekomendasi jenama emas batangan selain ANTAM yang aman untuk dijadikan instrumen investasi.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

35 Ucapan Maulid Nabi Muhammad 2024, Penuh Makna!
Meninjau Valuasi Spin-Off Anak Usaha Adaro dan Dampaknya
Adhi Karya Digugat PKPU Gara-Gara Proyek Hambalang
Apakah Uang Rp100 Ribu Bisa investasi? Ini Pilihannya
Mobil BYD Mulai Banyak Terlihat di Jalan, Ini Data Impornya
Tiga Pesan Penting Sidang Kabinet Terakhir Jokowi di IKN