7 Cara Mengatasi Hangover Usai Konsumsi Minuman Beralkohol

Hangover kerap menimbulkan dampak lain yang buruk.

7 Cara Mengatasi Hangover Usai Konsumsi Minuman Beralkohol
Ilustrasi minuman beralkohol. (Pixabay)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Budaya mengonsumsi Minuman Beralkohol (minol) bagi sebagian kalangan telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat dan jadi aktivitas yang dilakukan untuk bersantai. Namun, dampak pengar yang juga sering disebut Hangover kerap jadi masalah setelah Anda Konsumsi minuman beralkohol dan bisa menganggu aktivitas harian.

Hellosehat.com menuliskan bahwa hangover tidak hanya bisa terjadi jika Anda konsumsi minol secara berlebihan, tapi juga bisa dialami saat Anda mengonsumsinya sedikit dengan kondisi tubuh yang tidak fit.

Gejala yang biasa dirasakan berupa pusing, mual, bahkan sampai tidak sadarkan diri. Untuk itu, berikut ini Fortune Indonesia akan mengulas sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan hangover usai konsumsi minol.

1. Minum air putih

Alkohol adalah cairan diuretik yang akan membuat tubuh Anda kehilangan banyak cairan melalui urine. Oleh karena itu, Anda perlu segera mengganti cairan yang terbuang saat minum alkohol supaya tidak mengalami dehidrasi.

Selain itu, air putih akan memperlambat penyerapan alkohol, sehingga menurunkan konsentrasi alkohol dalam darah. Dengan begitu, fase pengar yang Anda rasakan bisa segera rada dan menempatkan tubuh Anda dalam kondisi normal kembali.

2. Minum air jahe

Minum air jahe dapat membantu mengurangi rasa mual dan sakit perut yang kerap terasa ketika hangover. Hal ini disebabkan karena senyawa antioksidan pada jahe yang dapat mengurangi risiko stres oksidatif pada tubuh akibat minum alkohol berlebihan.

Anda bisa mengonsumsi air jahe alami dengan cara merebusnya, bukan dalam bentuk instan.

3. Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat

Alkohol diyakini dapat menurunkan kadar gula darah, sehingga saat mabuk, Anda akan merasakan gejala yang serupa dengan orang yang mengalami gula darah rendah, yakni sakit kepala dan kelelahan.

Hal ini bisa semakin parah, saat Anda mengalaminya dalam kondisi perut kosong karena belum makan.

Oleh sebab itu, kandungan karbohidrat cukup penting untuk mengembalikan kadar gula darah ke posisi normal lagi. Saat kadar gula darah kembali normal, maka tubuh Anda juga akan kembali normal.

4. Makan telur

Untuk diketahui, di dalam telur terdapat senyawa glutathione yang dapat membantu mendetoksifikasi racun dalam tubuh. Dengan mengonsumsinya, racun-racun yang membuat Anda hangover juga bisa berkurang.

Selain itu, telur juga akan membantu mengembalikan energi yang terbuang semalaman karena digunakan untuk mengolah alkohol dalam tubuh. Telur rebus adalah pilihan makanan yang jauh lebih baik daripada Anda membeli makanan cepat saji sesaat setelah Anda mabuk.

5. Minum obat pereda nyeri

Konsumsi obat berjenis aspirin dan ibuprofen mungkin tidak secara langsung menghilangkan mabuk karena minum alkohol, tapi cara ini bisa membantu mengatasi sakit kepala dan pegal-pegal saat hangover.

Meski begitu, hindari konsumsi zat asetaminofen, karena dapat mengiritasi lambung yang memang sudah teriritasi. Kombinasi alkohol dan asetaminofen (parasetamol) bahkan bisa menimbulkan racun di dalam hati. Satu hal yang penting diingat, jangan mengonsumsi obat bersamaan dengan minol.

6. Tidur yang cukup

Orang yang mengalami pengar biasanya merasakan kelelahan luar biasa yang diawali dengan rasa kantuk. Gejala pengar biasanya lebih parah terjadi saat Anda kurang tidur dan sudah lebih dulu kehabisan energi.

Oleh karena itu, tidur bisa mengurangi gejala lain yang bisa muncul, seperti sakit kepala atau mual. Dengan tidur, Anda juga akan mengembalikan energi yang banyak terbuang saat Anda mabuk karena minol.

7. Lakukan olahraga

Meski upaya ini tidak dapat menghilangkan dampak minol secara langsung, namun olahraga bisa meningkatkan kadar hormon endorfin dalam tubuh, yang bekerja sebagai pereda nyeri alami dalam tubuh sehingga mengurangi rasa tidak nyaman usai minum alkohol. Namun, pastikan Anda berolahraga saat tersadar dan sudah beristirahat cukup, bukan saat Anda mengalami hangover.

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hangover usai mengonsumsi minuman beralkohol. Meski ada cara-cara ini, namun upaya terbaik adalah mencegahnya dengan mengurangi kebiasaan minum minol.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

MoU: Pengertian, Ciri, Tujuan, Jenis, Perbedaan, dan Contoh MoU
Daftar Perusahaan Terbaik di Dunia versi TIME: 5 dari Indonesia
Kisruh Kursi Kepemimpinan Kadin, Begini Kronologinya
Pemangkasan Bunga The Fed jadi Stimulus Ke Perbankan
BI Bakal Luncurkan Lembaga Central Counterparty (CCP), Apa Itu?
7 Saham IPO 2024 yang Mencatat Kinerja Tertinggi di BEI