7 Cara Meningkatkan Rasa Percaya di Dunia Kerja

Pekerja yang percaya diri bisa meningkatkan kinerja bisnis.

7 Cara Meningkatkan Rasa Percaya di Dunia Kerja
Pekerja Kantoran Saat Jam Makan Siang di Canary Wharf, London. Shutterstock/Viiviien
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Rasa Percaya Diri adalah hal penting bagi seorang pekerja, khususnya dalam menunjukkan performa terbaik  mereka dan berpengaruh positif pada kinerja perusahaan maupun Karir seseorang.

Namun, banyak faktor membuat pekerja menjadi kurang percaya diri di dunia kerja. Hal itu bisa dicegah dengan mempersiapkan diri menghadapi rasa tidak percaya diri.

Salah satu momen yang membuat timbulnya rasa kurang percaya diri, misalnya saat pekerja melakukan kesalahan atau tidak menemukan ide yang tepat saat rapat. Akibatnya, Anda akan merasa rendah diri dan berdampak terhadap Pekerjaan sehari-hari.

Melansir Glints, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri di dunia kerja.

1. Beri tahun saat sudah menyelesaikan tugas

Cara yang tepat untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam kerja adalah dengan memberi tahu atasan Anda bahwa Anda telah menyelesaikan tugas. Contohnya, dalam satu hari ada beberapa tugas yang harus Anda kerjakan, dan setelah menyelesaikan satu tugas, segera beri tahu atasan Anda bahwa tugas tersebut telah dikerjakan.

Dengan begitu, setidaknya Anda telah menunjukkan rasa tanggung jawab atas pekerjaan yang diberikan. Melalui cara ini, rasa percaya diri perlahan-lahan akan tumbuh di dalam diri, sehingga membuat Anda lebih bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaan selanjutnya.

2. Pelajari skill baru

Kemampuan adalah penunjang Anda untuk meningkatkan produktivitas. Oleh sebab itu, menambah skill dengan mempelajarinya bisa membuat Anda lebih percaya diri melakukan pekerjaan.

Pilihlah skill apa yang Anda inginkan untuk melengkapi diri Anda sebagai pribadi, tak harus selalu yang terkait pekerjaan Anda. Dengan demikian, Anda akan lebih percaya diri.

3. Evaluasi kinerja Anda

Cara lain untuk meningkatkan rasa percaya diri adalah dengan melakukan evaluasi performa kerja Anda. Dengan melakukan hal ini, Anda akan mengetahui seberapa jauh kemampuan Anda. Misalnya, dalam dua bulan terakhir Anda telah berhasil meraih tingkat penjualan yang tinggi dari strategi marketing Anda.

Dengan melakukan hal ini, rasa percaya diri akan muncul dan membuat Anda semakin bersemangat.  Anda juga akan membuka peluang untuk bisa mengembangkan diri menajdi lebih baik lagi.

4. Jangan ragu minta umpan balik

Selain mengevaluasi, Anda juga bisa mencari umpan balik dari rekan kerja maupun atasan Anda. Hal ini sangat baik dilakukan untuk menunjukkan bahwa Anda peduli terhadap pekerjaan dan membuat Anda lebih tenang dalam menghadapi pekerjaan.

Dengan demikian, Anda akan tahu apa yang harus Anda tingkatkan. Hal ini bisa meningkatkan rasa percaya diri Anda, dan mendongkrak performa pekerjaan.

5. Perluas jaringan

Jaringan adalah salah satu indikator untuk menunjang karir dan masa depan Anda. Dengan memperluas jaringan, rasa parcaya diri perlahan akan meningkat. Dengan jaringan yang luas, Anda akan lebih sering berkomunikasi dan bertukar pikiran dengan banyak orang yang memiliki banyak ilmu.

Selain itu, jaringan bisa jadi alasan bagi orang untuk semakin memperhatikan setiap langkah Anda. Banyak rekan kerja yang biasanya akan mendekat pada Anda, demi kepentingan mereka untuk mendapatkan manfaat dari jaringan Anda.

6. Jangan ragu bertanya

Cara selanjutnya untuk meningkatkan rasa percaya diri adalah dengan terus bertanya terkait apa saja yang belum Anda ketahui.

Misalnya, Anda belum terlalu paham mengenai apa yang dibicarakan saat rapat. Jangan ragu untuk bertanya terkait apa yang membuat Anda belum paham. Dengan begitu, setidaknya Anda tidak ketinggalan informasi dan membuat Anda lebih percaya diri karena rajin mengekspresikan diri.

7. Cari rekan kerja yang suportif

Anda biasa jadi sangat terpengaruh oleh lingkungan rekan kerja. Oleh sebab itu, pemilihan rekan kerja yang mendukung kerja bisa membuat Anda lebih bersemangat lagi, sehingga makin percaya diri. Temukan rekan kerja yang mau memberikan dukungan, bukan yang justru menjatuhkan Anda dalam keadaan tertentu.

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk bisa meningkatkan rasa percaya diri dalam pekerjaan, sehingga Anda bisa menunjukkan kinerja yang maksimal dan berdampak pada pertumbuhan perusahaan.

Magazine

SEE MORE>
Businessperson of the Year 2024
Edisi Oktober 2024
Turning Headwinds Into Tailwinds
Edisi September 2024
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024

IDN Channels

Most Popular

Daftar Sektor Berpotensi Tuah Manfaat Program Prabowo-Gibran
Sritex (SRIL) Pailit, Bagaimana Nasib Investor Publik dan Sahamnya?
BEI dan Target IPO 2025, Juga Upaya Mewujudkannya
Sritex Dinyatakan Pailit oleh Pengadilan Niaga Semarang
52 K/L Belum Pungut Denda dan Kurang Bayar, Total Rp3,44 Triliun
Laba Bersih Kuartal III Anjlok 28%, Unilever Enggan Ikut Perang Harga