AP I dan AP II Resmi Merger jadi InJourney Airports

Pengembangan bisnis berbasis ekosistem pun jadi fokus.

AP I dan AP II Resmi Merger jadi InJourney Airports
Peresmian merger AP I dan AP II di kantor InJourney, Senin (9/9). (Fortuneidn/Bayu Satito)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Dua BUMN pengelola bandara di Indonesia, PT Angkasa Pura I (AP I) dan PT Angkasa Pura II (AP II), secara resmi Merger menjadi entitas baru PT Angkasa Pura Indonesia atau InJourney Airports.

Direktur Utama InJourney, Dony Oskaria, mengatakan bahwa penggabungan ini telah direncanakan secara matang dan sesuai dengan ketentuan serta kesesuaian dengan prinsip tata kelola yang baik.

“Kami sudah melakukan proses penyelarasan Standar Operasional Prosedur (SOP), sistem IT, sistem keuangan, hingga operasional bandara yang mana prosesnya telah berlangsung sejak tahun lalu,” ujarnya dalam peresmian InJourney Airports, Senin (9/9).

Dengan re-organisasi yang lebih lincah, merger perusahaan pengelola bandara ini diharapkan dapat meningkatkan standar pelayanan terutama harmonisasi dan perbaikan pengalaman pelanggan di bandara InJourney Airports dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia.

Adanya merger ini, InJourney Airports akan mengelola 37 bandara komersial di seluruh Indonesia dan menargetkan lebih dari 170 juta penumpang hingga akhir 2024.

“Penggabungan ini telah berjalan lancar sesuai dengan tujuan Pemerintah untuk meningkatkan sektor aviasi dan kebandarudaraan Indonesia menjadi 5 top global airports operator,” katanya.

Penguatan kinerja

InJourney Airports. (Fortuneidn/Bayu Satito)

Direktur Utama InJourney Airports, Faik Fahmi, menjelaskan transformasi bandara di bawah pengelolaan InJourney Airports akan terus diperkuat melalui program-program peningkatan kualitas infrastruktur bandara, manajemen operasional yang berbasis ekosistem, dan peningkatan kualitas SDM berbasis customer centric yang berstandar global.

Transformasi yang dilakukan di antaranya mencakup beautifikasi terminal Bandara Soekarno-Hatta Tangerang dan optimalisasi kapasitas dan fasilitas Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. “Menciptakan pengalaman yang menyenangkan pada seluruh rangkaian perjalanan di bandara melalui perubahan mindset dan pola manajemen dalam memberikan pelayanan,” ujar Faik.

Perubahan mindset dari reaktif menjadi prediktif dan proaktif serta perubahan orientasi kerja dari operational oriented menjadi customer oriented, dilakukan agar mampu menjadi wajah kebanggaan bangsa, di samping tugas utama sebagai agent of development dan value creator.

Langkah ke depan

Peresmian penggabungan AP I dan AP II jadi InJourney Airports. (Fortuneidn/Bayu Satito)

Terkait merger ini, Menteri BUMN, Erick Thohir, memastikan tidak akan ada Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada karyawan AP I maupun AP II.

“Kita (sebelumnya) punya success story waktu itu di Pelindo, di mana Pelindo 1, 2, 3, 4, menjadi hanya satu Pelindo, tanpa ada isu PHK, bahkan terjadi efisiensi,” ujarnya kepada awak media.

Dengan demikian, menurut Erick, alih-alih isu PHK, yang terjadi justru pengembangan bisnis. Salah satu yang sedang difokuskan oleh InJourney adalah mengoptimalkan pendapatan dari sektor non-aero, di samping sektor aero yang memang jadi sumber pemasukan utama. Seperti diketahui, pendapatan non-aero di Injourney Airports hingga Agustus 2024 meningkat secara tahunan sebesar 49 persen dari periode yang sama di tahun 2023.

“Kalau kita sering ke luar negeri melihat banyak airport juga yang sekarang berubah model, tidak hanya buat transportasi, tetapi membangun sebuah ekosistem baru," kata Erick. “Airport ini  menjadi juga pusat kehidupan manusia, bukan hanya traveling, tapi kehidupan yang lainnya.”

Magazine

SEE MORE>
Businessperson of the Year 2024
Edisi Oktober 2024
Turning Headwinds Into Tailwinds
Edisi September 2024
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024

IDN Channels

Most Popular

Daftar Menteri Kabinet Prabowo dan Jabatannya, Lengkap!
Tugas Luhut usai Dilantik jadi Ketua Dewan Ekonomi Nasional
Ini Profil 3 Eks-Bankir yang Masuk Kabinet Presiden Prabowo
Izin Usaha Investree Dicabut OJK, Bagaimana Nasib Nasabah?
Prabowo Lantik Raffi Ahmad hingga Gus Miftah Jadi Utusan Presiden
Prabowo Lantik Luhut Jadi Kepala Dewan Ekonomi Nasional