Elon Musk Resmikan Layanan Starlink di Puskemas Bali

Starlink diharapkan bisa menjangkau daerah terpencil.

Elon Musk Resmikan Layanan Starlink di Puskemas Bali
Elon Musk saat meresmikan layanan Starlink di Puskesmas Pembantu, Desa Sumerta Kelod, Bali, Minggu (20/5). (Antaranews/Muhammad Adimaja)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Pendiri Tesla, Elon Musk, resmi meluncurkan layanan internetnya, Starlink, di puskesmas Bali. Peluncurkan internet ini diharapan mampu mendukung sektor kesehatan Indonesia, yang masih menggunakan jaringan internet dengan bandwith yang kecil.

“Saya sangat senang bisa membawa konektivitas ke tempat yang belum memiliki koneksi internet yang memadai. Hal ini akan menolong kehidupan, untuk mempromosikan layanan klinik medis. Saya kira ini akan menjadi sebuah transformasi untuk pendidikan juga,” ujar Musk dalam peluncuran Starlink di Bali, Minggu (20/5).

Musk mengatakan, internet akan memudahkan masyarakat untuk bisa mempelajari berbagai hal. Sementara, bagi para pengusaha, akses internet akan membawa produk dan layanan mereka ke tingkat dunia. “Kalau Anda menggunakan layanan yang bagus, Anda juga dapat melakukan banyak pekerjaan yang bisa dilakukan secara remote,” katanya.

Seperti diketahui, Starlink merupakan salah satu unit bisnis dari Elon Musk yang menyediakan jaringan internet melalui satelit yang mengorbit rendah di luar angkasa. Lewat satelit ini, jaringan elektromagnetik dalam frekuensi gelombang radio dan mikro akan disalurkan ke banyak stasiun penerima di bumi.

Starlink diklaim memiliki beberapa kelebihan, seperti waktu perpindahan data yang lebih cepat dengan kecepatan transmisi mencapai 222 Mbps di hilir dan 24 Mbps untuk hulunya, kemudahan pemasangan, dan keterjangkauan di berbagai daerah terpencil.

Namun, kecanggihan ini tak lepas dari sejumlah kekurangan, seperti letak terminal yang wajib minim halangan, biaya langganan yang mahal hingga Rp750.000 per bulan, dan lebih cocok di daerah terpencil.

Investasi lanjutan

Ilustrasi Starlink. Shutterstock/Mike Mareen

Musk juga mengungkapkan ketertarikannya untuk berinvestasi lebih banyak di Indonesia, meski ia belum memperinci jenis investasinya. “Saya kira akan sangat mungkin menginvestasikan perusahaan saya di Indonesia pada masa depan,” ujar bos media sosial X ini. “Saya ingin memberikan pengumuman lebih lanjut di kesempatan lain.”

Menurutnya, Indonesia memiliki banyak potensi, termasuk jumlah populasi yang besar dan akan terus berkembang. Jumlah angkatan kerja yang besar akan sangat dibutuhkan bagi pengembangan bisnis di masa depan.

Daerah terpencil

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam rapat koordinasi mengenai kelangkaan minyak goreng rakyat, secara daring, Senin (6/7). (Dok. Kemenko Marves)

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan bahwa Starlink dibutuhkan terutama di berbagai daerah terpencil di Indonesia, terutama dalam bidang kesehatan, pendidikan, dan kelautan.

“Melalui ketersediaan akses internet yang merata di seluruh provinsi, maka digitalisasi dalam pemerataan layanan kesehatan dan pendidikan di Indonesia bisa terus meningkat. Dan yang paling penting, masyarakat yang tinggal di daerah terpencil bisa menikmati akses informasi dan jaringan internet cepat, sama seperti halnya mereka yang tinggal di wilayah perkotaan,” kata Menko Marves dalam unggahan di akun media sosial Instagramnya.

Related Topics

Elon MuskStarlinkBali

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

Daftar Saham Afiliasi Para Calon Menteri dalam Pemerintahan Prabowo
Ini Biaya dan Perbandingan Franchise Alfamart dan Indomaret
BI Masih Cermati Ruang Penurunan Suku Bunga Acuan
BI: Biaya Transaksi QRIS Gratis hingga Rp500 Ribu per 1 Desember 2024
Ini 3 Waktu Terbaik untuk Memulai Investasi Emas
Investor Asal Korsel dan Cina Bakal ke Indonesia Bawa Dana Jumbo