Ini 5 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa, Agak Laen Jadi Anomali

Agak Laen kini menduduki posisi 2 dengan 8,2 juta penonton.

Ini 5 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa, Agak Laen Jadi Anomali
ilustrasi film (unsplash.com/Jakob Owens)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Beberapa minggu terakhir, Film Indonesia Agak Laen menjadi perbincangan lantaran berhasil menampati luncak film terlaris sepanjang masa. Dalam kurun satu bulan, film jni mampu menembus posisi kedua film Indonesia terlaris sepanjang masa dengan 8,2 juta penonton per Senin (4/3).

‘Agak Laen’ memang jadi sebuah anomali di industri perfilman, pada awal 2024. Film bergenre komedi horor yang diproduksi oleh Imajinari–rumah produksi yang digawangi komedian Ernest Prakasa dan Dipa Andika–ini, tanpa diprediksi, mampu meraih kurang lebih 250 ribu penonton bioskop setiap harinya.

Produser ‘Agak Laen’, Ernest Prakasa, mengaku tak menyangka dengan capaian film ini yang pengerjaannya dibantu oleh segenap kru-nya. Salah satu faktor yang menurutnya paling masuk akal membuat film ‘Agak Laen’ berhasil menembus angka di atas 7 juta penonton adalah momentum pilpres.

“Saat media sosial sedang ruwet berantem capres 1,2,3, tiba-tiba orang dikasih film komedi, di saat bioskop isinya film horor,” kata Ernest seperti dikutip dari YouTube Kemal Pahlevi, Senin (4/3). “Jadi cara melepas penas di saat orang lagi butuh penyegaran.”

Lantas, film apa saja yabg pernah meraih predikat film Indonesia terlaris sepanjang masa? Melansir dari aplikasi Cinepoint, berikut ini Fortune Indonesia akan mengulas lima urutan teratasnya, per 4 Maret 2024.

1. KKN di Desa Penari

Film KKN di Desa Penari/MD Pictures

Pada posisi pertama, film horor ‘KKN di Desa Penari’ yang diproduksi 2022, belum tergoyahkan dengan 10,06 juta penonton. Film ini bercerita tentang sekelompok mahasiswa yang menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke sebuah desa yang ternyata menyimpan misteri menakutkan tentang seorang penari.

Salah satu yang mendukung pencapaian film ini adalah kisah yang sempat viral di Twitter sejak 2019 oleh akun bernama SimpleMan. Kisah ini masih jadi misteri kebenarannya, namun hal ini justru membuatnya makin viral ketika MD Pictures mengangkat kisah ini ke dalam sebuah film. Adapun sutradara film ini adalah Awi Suryadi.

2. Agak Laen

Film 'Agak Laen'. (Instagram @pilem.agak.laen)

Film ini menjadi fenomenal di awal tahun 2024, karena tidak diperkirakan bisa menembus 8,20 juta penonton, bahkan menggeser film Warkop DKI Reborn di posisi kedua, hanya dalam waktu satu bulan penayangannya. Film ini merupakan produksi dari Imajinari dan disutradarai oleh salah satu komedian, Muhadkly Acho.

Film ini menceritakan empat orang sekawan yang mengalami kesulitan uang dan berusaha mencarinya lewat sebuah usaha rumah hantu di pasar malam. Kejadian tak terduga pun terjadi, karena salah satu pengunjung meninggal karena sakit jantung dan membuat kisah ini pun bergulir lebih menarik.

3. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1

Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1. (Dok. Falcon Pictures)

Salah satu kekuatan film ini adalah nama besar grup lawak legendaris Indonesia, yakni Warkop DKI (Warung Kopi-Dono, Kasino, Indro). Film ini merupakan sebuah kisah yang terinspirasi dari film komedi layar lebar ‘Chips’ di tahun 1982 dan dibintangi oleh trio DKI tersebut.

Meski banyak membuat pembaruan, film ini nyatanya bisa menjadi salah satu film legendaris Indonesia di tahun 2016 yang berhasil menembus 6,59 juta penonton.

Dalam beberapa tahun, film besutan Falcon Pictures dan sutradara Anggy Umbara ini berada di puncak film terlaris, hingga akhirnya KKN Desa Penari menggesernya di posisi pertama, dan Agak Laen hadir menggesernya dari posisi kedua.

4. Pengabdi Setan 2: Communion

Film Pengabdi Setan 2: Communion. (dok. Istimewa)

Film buatan tahun 2022 ini adalah sekuel dari film pertamanya yang sukses di tahun 2017. Di bawah arahan dari sutradara Joko Anwar dan rumah produksi Rapi Films, Pengabdi Setan 2 berhasil meraup 6,39 juta penonton dan menempati posisi keempat film Indonesia terlaris sepanjang masa.

Adapun kisah film ini masih melanjutkan kengerian film pertamanya yang populer dengan ikon ‘ibu’. Film ini masih melanjutkan perjalanan kisah keluarga sang ibu yang kemudian tinggal di rumah susun pinggir kota Jakarta.

5. Dilan 1990

Dilan 1990. (dok. Dilan 1990)

Film Dilan 1990 sukses mendulang 6,32 juta penonton di tahun 2018 dan menempatkannya di posisi kelima, terpaut sedikit dari Pengabdi Setan 2. Film romansa anak muda ini, merupakan adaptasi dari novel berjudul serupa, karya Pidi Baiq, yang juga menyutradarai film ini. Max Pictures pun jadi produsen dari film ini.

Film ini bercerita tentang kisah cinta ‘bad boy’ bernama Dilan dan Milea yang penuh dengan petualangan serta drama asmara. Film ini sendiri mengawali kisah-kisah selanjutnya, yang dirilis di tahun-tahun selanjutnya, sesuai dengan urutan novelnya.

Demikianlah urutan lima besar film terlaris sepanjang masa yang kini tercatat di layar lebar Indonesia.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

OPEC+ Sepakat Tunda Kenaikan Produksi Minyak Hingga November
Bisnis Manajemen Fasilitas ISS Tumbuh 5% saat Perlambatan Ekonomi
7 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Harganya Fantastis!
Gagal Tembus Resisten, IHSG Diprediksi Konsolidasi
Fitur AI Jadi Alasan Canva Naikkan Harga hingga 300%
Pertamina Siapkan 15 Persen Belanja Modal untuk Transisi Energi