Jadwal Beberapa Konser dan Festival Musik di Indonesia Sepanjang 2023

Tetap ingat kewaspadaan menjaga keamanan dan prokes.

Jadwal Beberapa Konser dan Festival Musik di Indonesia Sepanjang 2023
ilustrasi keramaian konser / Pixabay
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Ekonomi kreatif adalah salah satu sektor yang berkontribusi besar dalam pemulihan perekonomian dalam negeri. Salah satu subsektornya adalah musik dan event yang ditampilkan dalam bentuk konser atau festival musik.

Setelah hampir tiga tahun terhenti di masa pandemi Covid-19, konser musik kembali rutin digelar sejak pertengahan 2022. Hal ini pun menjadi kebangkitan kembali industri kreatif di Indonesia. Bahkan, pada 2023 akan ada banyak musisi lokal maupun internasional yang sudah menjadwalkan tampil di berbagai event musik.

Membuka awal tahun, konser band legendaris Indonesia, Sheila on7 pada 28 Januari 2023 sukses digelar. Tiketnya sudah habis terjual hanya dalam waktu 30 menit sejak penjualan online dibuka.

Belum lama, band legendaris lainnya, Dewa 19 juga baru mengadakan konser di JIS Stadium, diikuti girlband asa Korea Selatan, ITZY, juga mengadakan konser di Senayan pada 4-5 Februari 2023.

Melihat kesuksesan pagelaran konser musik di Indonesia menjadi awal yang baik dalam mendukung kebangkitan industri kreatif di Indonesia, berikut ini, Kementeraian Pariwisata (Kemenparekraf) mencatat sejumlah konser dan acara musik lain yang sudah dijadwalkan digelar pada 2023.

1. Westlife

Boyband asal Irlandia yang namanya begitu populer di kalangan milenial. Rencananya, konser bertajuk “Wild Dreams Tour Indonesia” akan digelar dua hari, yakni pada 9 Februari 2023 di ICE BSD Tangerang, dan 11 Februari 2023 di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Selain itu, grup vocal yang beranggotakan Shane Filan, Mark Feehily, Nicky Byrne, dan Kian Egan ini juga bakal mampir ke Bandung, Jawa Barat, dalam konser bertajuk “Playlist Love Festival 2023” pada 12 Februari 2023.

2. Festival Pasar Musik

Festival Pasar Musik bakal menampilkan sederet musisi ternama di tujuh panggung dengan tema yang berbeda-beda, pada 10-12 Februari 2023 di Gambir Expo Kemayoran Jakarta. Pasar Musik akan diramaikan oleh musisi Indonesia terbaik, yakni Padi Reborn, Kahitna, Maliq & d’Essentials, The Changcuters, Vierratale, The Panturas, GIGI, Tiara Andini, dan banyak lagi.

3. Raisa Live in Concert

Penampilan salah satu diva musik Indonesia ini sudah ditunggu-tunggu sejak lama. Pada 25 Februari 2023, Raisa akan menggelar konser bertajuk “Raisa Live in Concert” di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Konser ini, kabarnya akan menjadi salah satu konser bertaraf internasional pertama dari Raisa. Bahkan, Raisa merencakanan untuk mengundang beberapa tamu istimewa dalam konser tersebut, namun namanya masih dirahasiakan.

4. NCT Dream “THE DREAM SHOW2: In A DREAM”

Memasuki bulan Maret, publik Indonesia akan kemabli disapa oleh boyband asal Kora Selatan, yakni NCT Dream, yang akan tampil di ICE BSD pada 4-6 Maret 2023. Selama tiga hari berturut-turut, NCT Dream akan memberikan penampilan spesial untuk seluruh penggemarnya. Tiket konser NCT Dream sudah bisa dibeli sejak 4 Februari 2023 kemarin.

5. BLACKPINK World Tour

Girl band asal Korea Selatan yang terdiri dari Jennie, Lisa, Jisoo, dan Rose kembali hadir menyapa Indonesia untuk menyapa para BLINK dalam konser “BORN PINK: World Tour”.

Konser ini rencananya akan digelar pada 11-12 Maret 2023, di Gelora Bung Karno Main Stadium, Jakarta. Konser ini sudah lama dinantikan, bahkan seluruh tiketnya sudah habis terjual.

6. Arctic Monkeys

Grup band rock asal Inggris ini siap menyapa penggemarnya di Indonesia dalam rangkaian Asia Tour 2023, di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta, pada 18 Maret 2023. Hebatnya, tiket konser ini sudah ludes terjual hanya dalam waktu dua menit saja.

7. Deep Purple

Band legendaris ini pernah menggelar konser di Indonesia pada 30 tahun yang lalu, dan akan kembali tampil pada 10 Maret 2023. Menariknya, Indonesia akan jadi negara Asia Tenggara satu-satunya yang dikunjungi dalam rangkaian konser mereka.  Hal ini pun jadi kesempatan baik bagi Indonesia dalam menarik para wisatawan di kawasan Asia Tenggara untuk berkunjung ke Tanah Air.

8. TREASURE “TREASURE TOUR [HELLO] IN JAKARTA”

Masih di bulan Maret, grup musik Korea Selatan lainnya yang akan dihelat adalah TREASURE. Konser bertajuk “2023 Treasure Tour [HELLO] in Jakarta” akan diselenggarakan pada 18-19 Maret 2023 di ICE BSD City Tangerang. Meski masih berlangsung bulan depan, namun beberapa kategori tiket konser TREASURE sudah terjual habis.

9. Java Jazz Festival 2023

Java Jazz adalah salah satu konser yang pertama diadakan setelah sekian lama Indonesia ‘berpuasa’ festival musik. Pada 2022, Java Jazz pun kembali digelar dengan sukses. Festival yang sudah hadir rutin sejak 2005 ini pun jadi pembuka tahun yang menarik.

Masuk 2023, festival para musisi jazz dalam dan luar negeri ini kembali hadir pada 2-4 Juni di JI Expo Kemayoran, Jakarta. Meski dilakukan dalam status pandemi yang belum dicabut, namun kenyamanan dan keamanan semua pihak yang akan hadir di festival tetap menjadi prioritas utama perayaan Jakarta International Java Jazz Festival ke-18 ini.

10. Synchronize Festival 2023

Festival musik multi-genre tahunan berskala nasional ini akan menampilkan ratusan pertunjukan musisi terbaik Indonesia. Synchronize Festival 2023 akan mendatangkan musisi lokal terbaik dari dekade 60-an hingga 2000-an. Menurut jadwal, Synchronize Festival 2023 siap digelar pada pada 1-3 September 2023.

11. Pestapora 2023

Sukses dengan penyelenggaraan Pestapora 2022, acara musik yang digagas oleh Kiki Aulia atau Ucup ini akan kembali menyapa para penikmat musik Indonesia pada 2023. Uniknya, Pestapora memang didesain untuk menampilkan berbagai jenis musik, mulai dari pop, rock, sampai dangdut.

Acara ini dijadwalkan akan berlangsung selama tiga hari, 22-24 September 2023 di Gambir Expo Kemayoran. Sejumlah musisi yang akan hadir, antara lain ADA Band, Ayu Ting Ting, Coldiac, HIVI!, Rizky Febian, Sore, Stand Here Alone, The Adams, Tipe-X, Yura Yunita, dan masih banyak lagi.

Demikianlah sejumlah acara musik yang dijadwalkan pada 2023 ini. Perlu diketahui bahwa jadwal di atas adalah beberapa di antara sekian banyak perhelatan yang akan digelar.

Keberadaan acara musik, konser, maupun Festival Musik sangat penting bagi pemulihan ekonomi kreatif di Indonesia. Tak hanya menjadi ladang pendapatan bagi para musisi dan seniman, namun juga akan meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar dan membuka banyak lapangan pekerjaan.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

OPEC+ Sepakat Tunda Kenaikan Produksi Minyak Hingga November
Bisnis Manajemen Fasilitas ISS Tumbuh 5% saat Perlambatan Ekonomi
7 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Harganya Fantastis!
Gagal Tembus Resisten, IHSG Diprediksi Konsolidasi
Fitur AI Jadi Alasan Canva Naikkan Harga hingga 300%
Pertamina Siapkan 15 Persen Belanja Modal untuk Transisi Energi