Jokowi Minta Kemenhan Orkestrasi Informasi Intelijen

Kemhan harus bisa memitigasi situasi yang tak diinginkan.

Jokowi Minta Kemenhan Orkestrasi Informasi Intelijen
Presiden Jokowi didampingi Menhan Prabowo Subianto dalam Rapim Kemhan 2023, Rabu (18/1). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Kementerian Pertahanan (Kemhan) mengorkestrasi informasi intelijen pertahanan dan keamanan. Hal ini sebagai langkah preventif atas berbagai potensi kejadian yang tak diinginkan di tengah instabilitas global.

“Kita kan memiliki ada informasi intelijen BIN, informasi intelijen di TNI, di Polri, kemudian di BSSN, semuanya itu harus diorkestrasi sehingga menjadi sebuah informasi yang solid, yang informasi itu diberikan ke kita untuk membangun sebuah policy atau kebijakan,” ujar Jokowi pada Rapat Pimpinan (Rapim) Kemhan Tahun 2023, di Aula Bhinneka Tunggal Ika, Kemhan, Jakarta, Rabu (18/1)

Presiden juga meminta Kemhan untuk dapat menyampaikan informasi intelijen secara cepat sehingga dapat digunakan untuk menentukan langkah mitigasi atas kejadian yang sudah diketahui sebelumnya. “Jangan sudah kejadian, saya baru diberitahu, sekali lagi informasi intelijen menjadi sangat vital,” katanya.

Kemampuan pertahanan

Menhan Prabowo menyetir rantis Maung bersama Presiden Jokowi, Rabu (18/1). (ANTARAFOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Sementara itu, Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, yakin bahwa Indonesia punya kemampuan pertahanan yang luar biasa. “Saya kira soal perlengkapan kita, kemampuan industri dalam negeri luar biasa. Kita percaya kepada kekuatan kita sendiri,” ujarnya.

Berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), pemerintahberencana memenuhi Minimum Essential Force (MEF) atau kekuatan pokok minimun hingga 100 persen pada 2024. Namun, Menteri Prabowo menyampaikan bahwa target ini direvisi menjadi 70 persen. “Anggaran kita fokus mengatasi Covid-19. Jadi, kalau masalah alusista tertunda, itu kita harus menghadapinya,” katanya.

Fokus Rapim

Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan 2023. (dok. Setpres)

Menhan juga menyampaikan sejumlah fokus dalam Rapim yang dilaksanakan. "Kami intinya adalah menyampaikan doktrin-doktrin, dokumen strategis kebijakan umum pertahanan negara, strategi negara, pembangunan kekuatan," ujarnya.

Hasil dari Rapim ini, menurut Prabowo, akan melalui proses yang cukup lama, bahkan harus dikaji dalam beberapa tahap. "Kami rumuskan, kami serahkan kepada Panglima TNI, semua Kepala Staf (tiga matra). Mereka yang akan implementasi. Jadi ini sistem kami begitu. Makanya kami kumpulkan mereka. Kami sampaikan ke mereka," katanya. “Mereka nanti kaji dan mereka akan laksanakan ke dalam.”

Peresmian produk industri pertahanan

Presiden Jokowi resmikan nama Maung pada salah satu produk kendaraan taktis buatan PT Pindad (Persero). (dok. Setpres)

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi meresmikan produk industri pertahanan Indonesia, berupa kendaraan taktis buatan PT Pindad (Persero). “Namanya ‘Maung’” kata Jokowi kepada awak media.

Maung memiliki tiga varian, yakni Tangguh jenis kendaraan taktis peperangan, ‘Komando’ yang digunakan untuk operasional level komandan, dan varian ‘Jelajah’ untuk memenuhi kebutuhan penjelajahan daerah pelosok dengan medan yang sulit dan jalanan offroad.

Selain kendaraan taktis ‘Maung’, dalam acara tersebut juga ditampilkan berbagai produk industri pertahanan Indonesia lainnya, seperti kendaraan tempur ‘Harimau’ dan ‘Anoa’ buatan Pindad, Rigid-Hulled Inflatable Boat (RHIB) Trimaran, E-Tactical motorbike Military buatan Len Industri, sampai sejumlah senapan serbu dan bidik buatan Pindad.

Magazine

SEE MORE>
Businessperson of the Year 2024
Edisi Oktober 2024
Turning Headwinds Into Tailwinds
Edisi September 2024
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024

IDN Channels

Most Popular

Daftar Sektor Berpotensi Tuah Manfaat Program Prabowo-Gibran
Sritex (SRIL) Pailit, Bagaimana Nasib Investor Publik dan Sahamnya?
BEI dan Target IPO 2025, Juga Upaya Mewujudkannya
Sritex Dinyatakan Pailit oleh Pengadilan Niaga Semarang
52 K/L Belum Pungut Denda dan Kurang Bayar, Total Rp3,44 Triliun
Laba Bersih Kuartal III Anjlok 28%, Unilever Enggan Ikut Perang Harga