Pembangunan Sirkuit MXGP di Mataram Dimulai 8 Mei 2023

Trek Sirkuit MXGP Mataram tak sesulit Sirkuit Samota.

Pembangunan Sirkuit MXGP di Mataram Dimulai 8 Mei 2023
Salah satu gelaran MXGP. (dok. MXGP)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Menyambut gelaran kejuaraan Motocross tingkat dunia (MXGP), pembangunan sirkuit di lokasi eks Bandara Selaparang, Kota Mataram, siap dimulai pada 8 Mei 2023.

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Nusa Tenggara Barat yang juga Komandan MXGP Lombok, Lalu Herman Mahaputra, mengatakan masa pengerjaan sirkuit sepanjang 1,5 kilometer itu diperkirkan satu bulan, sebelum ajang MXGP di sirkuit tersebut dilangsungkan pada 29-30 Juni 2023.

“Sebelum tanggal 8 Mei gambaran sirkuitnya sudah jadi. Setelah itu, kami matangkan untuk proses pengambilan materialnya, karena kami ambil dari lokasi tersebut, untuk menekan biaya,” kata Herman, dalam keterangan yang dikutip Antaranews, Rabu (26/4).

Perincian sirkuit Mataram

Salah satu atraksi para pebalap MXGP. (dok. MXGP)

Pembangunan sirkuit akan mengambil sisi tengah dan barat atau sisi kanan dan kiri runway bandara. “Kalau di ujung landasan banyak rumah penduduk, jadi kami mengambil posisi tengah runway dilewati saja,” ujarnya.

Adapun, tingkat kesulitan di Sirkuit MXGP Lombok menurutnya akan berbeda dengan sirkuit MXGP lain yang sebelumnya sudah dibangun di Samota, Pulau Sumbawa. Dengan demikian, Indonesia akan jadi tuan rumah dua balapan dalam serangkaian MXGP 2023. “Mereka (pebalap) sudah berlaga di Sirkuit Samota yang begitu ekstrem, kemudian di sini (Lombok) kami bikin untuk refreshing-nya,” katanya.

Sirkuit Samota menurutnya memiliki kontur yang lebih alami, sedangkan sirkuit yang akan dibangun di Lombok adalah buatan, sehingga suasananya akan cukup berbeda. Meski begitu, keduanya dibangun dengan standar dari panitia MXGP, termasuk adanya bagian trabas dan grasstrack.

Sirkuit Samota

Sirkuit Samota Sumbawa. (dok. MXGP)

Pada MXGP 2022 yang berlangsung 25-26 Juni lalu, Sirkuit Samota di Sumbawa disambangi oleh para pebalap motocross dunia hingga mengantarkan seluruh panitia yang bertugas mendapatkan penghargaan MXGP Award 2022, untuk kategori Best Media Opportunity.

Pada kesempatan tersebut, CEO Infront Moto Racing, David Luongo, mengatakan MXGP di Indonesia selalu spesial. “Kami tidak memiliki lokasi terindah selain Samota. Sirkuit sangat bagus dan indah,” ujarnya pada September 2022 lalu.

Kesuksesan tersebut diharapkan akan berulang pada tahun ini, dua balap MXGP akan digelar di Provinsi Nusa Tenggara Barat pada Juni nanti. Seri Samota akan berlangsung 22-26 Juni 2023, sedangkan seri Mataram yang akan menggunakan sirkuit baru di bandara Selaparang akan digelar 29-30 Juni.

Related Topics

MXGPMataram

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

7 CEO dengan Gaji Tertinggi di Dunia
Grup Astra Sebar Dividen Interim, Ini Jadwal ASII, AALI, dan UNTR
6 Multifinance Lokal dicaplok Asing, Ini Negara Peminatnya
Mengenal Aplikasi Temu yang Bakal Diblokir Kominfo
Aksi Beli Prajogo Pangestu atas BREN Saat Pemeriksaan OJK
Arsjad Rasjid Dijanjikan Posisi Ketua Dewan Pertimbangan Kadin