Perlengkapan yang Wajib Dibawa Saat Mudik Lebaran 2024 Menggunakan Bus

Pastikan perjalanan bus Anda nyaman dan aman.

Perlengkapan yang Wajib Dibawa Saat Mudik Lebaran 2024 Menggunakan Bus
Penumpang bersiap-siap memasuki bus angkutan kota antar provinsi (AKAP) saat mudik ke kampung halaman di Terminal Mengwi, Badung, Bali, Senin (11/4). (ANTARAFOTO/Nyoman Hendra Wibowo)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Momentum Mudik Lebaran 2024 adalah kesempatan bagi masyarakat bersilaturahmi dan kembali ke kampung halaman denga berbagai transportasi. Selain kereta api, transportasi umum yang populer digunakan pemudik untuk menuju kampung halaman adalah Bus.

Perjalanan bus memang relatif lebih lama, namun tentu memiliki kesan tersendiri bagi perjalanan mudik Anda. Selain bisa menikmati pemandangan selama perjalanan, Anda juga bisa menikmati suasana setiap kota yang disinggahi, terlebih saat bus berhenti di restoran atau sekadar memberi kesempatan penumpang ke toilet.

Menurut laman busdiscovery.id, sebelum bersiap melakukan perjalanan dengan bus, ketahui berbagai perlengkapan yang harus dibawa, agar perjalanan menggunakan bus lebih nyaman dan aman. Berikut ini beberapa perlengkapan yang penting dibawa saat Anda melakukan perjalanan dengan bus.

Bantal leher

Waktu tempuh yang relatif lebih lama dengan bus, bisa menyebabkan pegal dan ketidaknyamanan di beberapa area tubuh. Pegal-pegal di posisi leher sering jadi keluhan para penumpang yang hanya duduk dalam waktu panjang, meski tubuh Anda dalam posisi istirahat.

Untuk mengatasinya bisa pakai bantal leher ini. Dengan begitu perjalanan mudik yang akan Anda tempuh akan terasa lebih nyaman. Dengan bantal leher ini, leher Anda bisa terasa empuk saat dipakai untuk istirahat.

Obat dan alat kesehatan

Jika Anda termasuk orang yang mudah mabuk kendaraan, atau keluhan-keluhan seperti pegal dan lemas mungkin saja terjadi selama perjalanan berpotensi terjadi. Oleh kareannya, segera sediakan obat-obatan tersebut di dalam tas Anda.

Anda bisa menyiapkan tas kecil berisi perlengkapan tersebut dan letakkan di tempat yang mudah dijangkau sehingga Anda yang melakukan perjalann mudik dengan bus bisa melakukan perjalanan dengan tenang. 

Baju ganti

Baju adalah perlengkapan penting untuk Anda bawa selama mudik. Hal ini bisa berguna, bila sewaktu-waktu Anda perlu ganti baju, entah karena kotor atau kehujanan saat mampir di rest area.

Pisahkan beberapa pasang pakaian dari koper, agar lebih mudah diambil. Jangan lupa lipat baju dengan rapi supaya tas travel muat banyak. Pilih baju yang nyaman untuk digunakan dalam perjalanan.

Perlengkapan mandi

Siapkan perlengkapan mandi yang mungkin saja Anda butuhkan ketika mampir ke rest area, misalnya sabun muka, sikat gigi atau handuk kecil atau bahkan perlengkapan mandi jika memungkinkan Anda mandi di sela perjalanan di bus.

Makanan dan minuman

Persiapkan cemilan dan minuman ringan karena lama perjalanan sering membuat Anda lapar atau haus, sebelum bus berhenti untuk waktu makan. Selain itu, persiapan ini juga bisa membantu Anda menghemat pengeluaran perjalanan, agar tak boros jajan di sepanjang jalan. Terlebih, jika perjalanan mudik yang Anda lakukan saat musim puasa, tentu perlu makanan untuk berbuka.

Dokumen pribadi

Persiapkan dokumen pribadi Anda dengan terperinci dan pastikan jangan ada yang tertinggal. Hal ini meliputi identitas pribadi, tiket bus, atau dokumen penting lain yang bisa saja dibutuhkan tiba-tiba selama perjalanan.

Demikianlah beberapa perlengkapan yang wajib Anda bawa selama perjalanan dengan bus. Selamat mudik!

Related Topics

MudikLebaran 2024Bus

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

OPEC+ Sepakat Tunda Kenaikan Produksi Minyak Hingga November
Bisnis Manajemen Fasilitas ISS Tumbuh 5% saat Perlambatan Ekonomi
7 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Harganya Fantastis!
Gagal Tembus Resisten, IHSG Diprediksi Konsolidasi
Fitur AI Jadi Alasan Canva Naikkan Harga hingga 300%
Pertamina Siapkan 15 Persen Belanja Modal untuk Transisi Energi