Jelang Libur Nataru, Simak 5 Tips Berburu Tiket Pesawat Murah

Tiket pesawat murah alokasikan biaya bagi prioritas lain.

Jelang Libur Nataru, Simak 5 Tips Berburu Tiket Pesawat Murah
Pesawat Terbang. (Pixabay)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tinggal menghitung hari. Namun, sejak jauh hari pasti sudah banyak masyarakat yang melakukan berbagai cara berburu tiket pesawat murah untuk mengisi libur akhir tahun bersama orang-orang terkasih.

Momentum libur Nataru merupakan salah satu masa yang ditunggu-tunggu untuk bepergian dengan pesawat. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan jumlah penumpang pesawat udara akan mencapai 3,62 juta orang atau naik hingga 52,7 persen dibandingkan periode tahun lalu.

Berikut beberapa tips yang  bisa Anda lakukan untuk mendapatkan tiket pesawat murah sebagaimana menukil dari US News Money.

1. Memilih hari penerbangan termurah

Sejumlah calon penumpang pesawat antre di loket lapor diri Terminal 2 keberangkatan domestik Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (30/4). (ANTARAFOTO/Fauzan)

Harga tiket pesawat cukup fluktuatif dan bisa berubah. Oleh sebab itu, salah satu cara mendapatkan promo tiket pesawat yang murah bisa dilakukan dengan memilih hari yang menghadirkan harga termurah untuk tiket pesawat sesuai dengan  pilihan maskapainya.

Menurut penelitian FareCompare.com, hari untuk mendapatkan harga tiket penerbangan yang murah diantaranya yaitu setiap Selasa dan Rabu untuk perjalanan domestik. Selain itu, mencari tiket pesawat dari jauh-jauh hari juga bisa menentukan tingkat harga lebih murah, karena faktor keterisian yang belum padat.

2. Memilih waktu penerbangan terbaik

ANTARA FOTO/Fauzan/aww.

Biasanya, waktu penerbangan pagi hari, antara jam 6-8 pagi adalah momentum keberangkatan pesawat dengan harga tiket yang murah, atau mendapat diskon cukup besar. Namun, hal ini tidak berlangsung setiap hari. Jadi, pengecekan diperlukan untuk bisa tahu waktu keberangkatan pesawat dengan harga tiket yang murah.

3. Memanfaatkan situs aplikasi penjualan tiket pesawat

Aplikasi Traveloka. (Shutterstock/Sulastri Sulastri)

Salah satu cara yang biasa digunakan untuk berburu tiket pesawat murah adalah melalui aplikasi penjualan tiket pesawat, seperti Tiket.com, Traveloka, Skyscanner, dan lainnya. Aplikasi ini menampilkan banyak pilihan tiket pesawat sekaligus tawaran promo menggiurkan.

Dengan demikian, Anda akan memiliki lebih banyak pilihan dan mudah untuk membandingkan harga tiket pesawat di satu maskapai dengan maskapai lainnya. Bahkan, kita bisa mendapatkan diskon, walau sedang tak ada promo dari maskapai.

4. Mengecek media sosial maskapai penerbangan

ANTARA FOTO/Fauzan/aww

Salah satu cara mendapatkan informasi terpercaya tentang berbagai program promo yang diberikan oleh banyak maskapai adalah dengan mengecek ke media sosial dan situ maskapai/

Beberapa maskapai penerbangan kerap menawarkan harga lebih murah untuk beberapa penerbangan bagi konsumen yang membeli langsung di situs atau aplikasi maskapai tersebut.

5. Saat memesan untuk rombongan, usahakan tiket dipesan terpisah

Shutterstock/Mas Jono

Perlu diketahui, maskapai kerap menerapkan harga lebih mahal untuk penumpang yang pergi secara rombongan dibandingkan perorangan. Alasannya, kadang saat tiket yang dipesan berjumlah lebih dari satu, maskapai akan melewatkan tarif diskon yang ditujukan untuk perorangan. Sedangkan, bila memesan secara perorangan, kemungkinan semua anggota rombongan mendapatkan diskon sama besarnya.

Hal ini bisa diakali dengan membeli tiket secara satu-persatu dalam waktu yang berdekatan, supaya bisa memilih kursi yang berdekatan. Selain itu, bila ingin mendapatkan harga lebih murah, setiap anggota rombongan bisa memilih maskapai yang berbeda dalam waktu keberangkatan yang tidak jauh berbeda agar bisa mendapatkan bonus.

Demikianlah beberapa tips untuk bisa mendapatkan tiket pesawat murah saat bepergian atau liburan di akhir tahun ini. Bila biaya transportasi bisa lebih dihemat, alokasinya mungkin bisa dialihkan untuk kebutuhan yang lebih prioritas, seperti biaya konsumsi selama liburan atau pemesanan akomodasi yang lebih nyaman.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

35 Ucapan Maulid Nabi Muhammad 2024, Penuh Makna!
Meninjau Valuasi Spin-Off Anak Usaha Adaro dan Dampaknya
Adhi Karya Digugat PKPU Gara-Gara Proyek Hambalang
Apakah Uang Rp100 Ribu Bisa investasi? Ini Pilihannya
Mobil BYD Mulai Banyak Terlihat di Jalan, Ini Data Impornya
Tiga Pesan Penting Sidang Kabinet Terakhir Jokowi di IKN