Teuku Riefky Harsya, Menteri Ekonomi Kreatif Kabinet Merah Putih

Pernah menempuh pendidikan militer di Amerika Serikat.

Teuku Riefky Harsya, Menteri Ekonomi Kreatif Kabinet Merah Putih
Menteri Ekonomi Kreatif, Teuku Riefky Harsya. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNEKabinet Merah Putih di bawah kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto resmi memecah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menjadi dua, yaitu Kementerian Pariwisata dan Kementerian Ekonomi Kreatif. Adapun, Kementerian Ekonomi Kreatif akan dipimpin oleh menteri terpilih adalah Teuku Riefky Harsya

Teuku Riefky Harsya bukanlah sosok baru di dunia politik Indonesia. Pria yang lahir dan besar di Aceh ini adalah kader senior di Partai Demokrat yang telah menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR-RI) selama empat periode berturut-turut sejak 2005.

Riefky yang memiliki latar belakang pendidikan Ilmu Pemerintahan dan Manajemen Publik ini memulai perjuangan politiknya dengan turut serta bergabung dalam Relawan SBY pada 2000.

Ia juga mengumpulkan KTP pendirian Partai Demokrat (2001) dan cukup aktif dalam kepengurusan Partai Demokrat di DPC Jakarta Pusat (2002-2005). Sementara itu, di DPP Partai Demokrat, Riefky berproses dengan berbagai jabatan yang berjenjang dari bawah sampai jabatan strategis dalam 15 tahun terakhir.

Ia dikenal sebagai sosok yang proaktif dalam mengimplementasikan proyek-proyek pembangunan infrastruktur, terutama yang berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat. Selain itu, ia juga aktif dalam organisasi non-pemerintah yang fokus pada pengembangan masyarakat dan pengentasan kemiskinan.

Dalam perannya sebagai menteri, Teuku Harsya berkomitmen untuk memperkuat kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah. Ia percaya bahwa partisipasi masyarakat dalam perencanaan dan pelaksanaan kebijakan sangat penting untuk mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan.

Visi dan komitmennya untuk mengatasi isu-isu lingkungan, digitalisasi pemerintahan, serta peningkatan kualitas pendidikan menjadi fokus utama dalam kebijakannya.

Menempuh pendidikan militer

Teuku Riefky Harsya adalah pengalamannya menempuh pendidikan militer di College of Vermont (US Army rotc) Norwich University, Amerika, untuk mendapatkan gelar sarjana Mass Communication.

Menurut situs resmi Partai Demokrat, Teuku menamatkan pendidikan militer di Amerika tahun 1994, dan mendapatkan tawaran dari Danjen Kopassus saat itu untuk masuk menjadi anggota TNI dan bergabung dalam Komando Elit Indonesia ini. Namun, ia menolaknya dan memilih untuk mengabdi dari luar ketentaraan.

Keorganisasian

Riefky sempat menjadi direksi di beberapa anak perusahaan grup investasi termuka pada era 90-an, di usia yang masih sangat muda. Ia sempat menjabat sebagai Marketing Director Uninet Media Sakti Internet Service Provider dan President Director Grandkemang Hotel Management.

Pria berusia 52 tahun ini juga terlibat dalam berbagai organisasi sosial dan kemasyarakatan, seperti anggota Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII), ketua bidang Investasi di Persatuan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI), ketua bidang Energi di KADIN Pusat, ketua umum Bela Diri Kurash (PBKI), dewan pakar di Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN), termasuk Ketua Umum Insan Muda Demokrat Indonesia (IMDI).

Dengan kepemimpinan yang visioner dan berorientasi pada hasil, Teuku Harsya diharapkan dapat membawa perubahan positif yang signifikan bagi masyarakat dan mendukung pembangunan nasional yang lebih inklusif.

Demikianlah profil singkat tentang Teuku Riefky Harsya, Menteri Ekonomi Kreatif di Kabinet Merah Putih yang dipimpin oleh Presiden Prabowo dan Wapres Gibran.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

Daftar Menteri Kabinet Prabowo dan Jabatannya, Lengkap!
Tugas Luhut usai Dilantik jadi Ketua Dewan Ekonomi Nasional
Prabowo Lantik Luhut Jadi Kepala Dewan Ekonomi Nasional
Prabowo Berencana Ubah Skema Penyaluran Subsidi agar Tepat Sasaran
Profil Dody Hanggodo, Menteri Pekerjaan Umum Pilihan Prabowo
Empat Orang Terkait Haji Isam Masuk Kabinet, Ini Afiliasi Bisnisnya