Tradisi Unik Perayaan Lebaran di Berbagai Negara

Lebaran dirayakan dengan budaya berbeda di tiap negara.

Tradisi Unik Perayaan Lebaran di Berbagai Negara
Ilustrasi Mudik. (Pixabay/PDPics)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Mudik atau pulang ke kampung halaman adalah salah satu tradisi unik yang terjadi di Indonesia, saat menyambut datangnya hari raya Lebaran atau Idul Fitri. Tak hanya di Indonesia, di luar negeri juga terdapat beberapa tradisi unik untuk merayakan Lebaran.

Idul fitri bagi umat Muslim merupakan momentum perayaan kemenangan, setelah menahan segala hawa nafsu melalui puasa selama 30 hari di bulan Ramadan. Oleh sebab itu, perayaan kemenangan ini mungkin saja dilakukan berbeda di berbagai negara, dengan keunikan dan latar belakang dan budaya yang beragam.

Mengutip laman Gramedia, berikut sejumlah tradisi unik dalam merayakan Lebaran di berbagai negara.

1. Arab Saudi

Perayaan lebaran di Arab Saudi berbeda dengan Indonesia, karena masyarakat di sana kerap mengadakan pertunjukkan seni seperti pagelaran teater, pembacaan puisi, parade musik, tari dan lainnya, untuk merayakan hari kemenangan.

Salah satu kesamaannya dengan Indonesia, setelah sholat Idul Fitri masyarakat Arab Saudi biasanya mengadakan makan bersama keluarga dan mendatangi kerabat dan tetangga untuk bersilaturahmi.

2. Turki

Sebagai negara unik yang dipengaruhi oleh budaya Timur Tengah dan Eropa, Turki memiliki budaya unik dalam bentuk festival gula, di mana masyarakat akan memberikan coklat, permen, uang koin, atau makanan khas Turki lainnya.

Selain itu, mereka merayakan Idul Fitri dengan menggunakan pakaian khas yang disebut ‘Bayramlik’–diambil dari kata ‘Bayram’ yang merujuk pada sebuat hari raya idul fitri di Turki. Hal unik lainnya, sholat Ied hanya diwajibkan bagi kaum pria saja, sementara kaum perempuan menunggu di rumah.

3. Cina

Cina memiliki satu etnis yang mayoritasnya beragama Islam, yakni Uighur. Salah satu tradisi yang dilakukan pada saat Lebaran adalah berkunjung ke makam para leluhur untuk memberikan doa terbaik.

Tradisi ini dilakukan untuk menghormati ratusan ribu umat muslim yang tewas selama Dinasti Qing dan Revolusi Kebudayaan.

4. Amerika Serikat

Masyarakat muslim di Amerika Serikat biasanya merayakan Idul Fitri dengan cukup meriah, kendati mayoritas penduduknya adalah non-Muslim. Biasanya, warga Muslim di AS datang ke negara tersebut sebagai imigran, akibatnya, mereka merayakan Lebaran sesuai dengan tradisi dan budayanya masing-masing.

Uniknya, masyarakat muslim di negara itu mengabarkan penentuan 1 syawal kepada kerabatnya melalui telepon atau internet.

5. Australia

Meski bukan agama mayoritas di negara ini, namun banyak perusahaan di Australia yang memberikan libur bagi para karyawan yang beragama Islam agar bisa beribadah dan berkumpul bersama keluarga.

Selain itu, Lebaran di Australia dimeriahkan dengan Festival Multikultur, dimana festival tersebut tidak hanya dirayakan oleh Muslim saja, namun juga oleh kalangan non-Muslim. Biasanya mereka menjajakan makanan khas negara Australia.

6. India

Salah satu keunikan perayaan Idul Fitri di negara yang mayoritasnya beragama Hindu ini adalah kehadiran makanan tradisional khas India yang bernama Siwaiyaan, campuran bihun manis yang disajikan dengan susu dan buah-buahan kering.

Umat uslim India biasanya akan memakan makanan ini saat mereka berkumpul bersama sanak saudara mereka di momen Lebaran, sambil melepas rindu atau sekadar berbincang.

7. Malaysia

Tradisi Lebaran di Malaysia tak jauh berbeda dengan Indonesia, mungkin karena masih merupakan bangsa serumpun. Namun, konsep mudik di Malaysia lebih dikenal dengan ‘balik kampung’.

Selain itu, ada beberapa tradisi lain yang serupa, seperti silaturahmi ke rumah sanak saudara atau pemberian hormat kepada saudara yang lebih tua. Selain itu, ada juga tradisi memberikan hadiah berupa uang kepada anak-anak dan pergi ziarah ke makam kerabat yang sudah tiada.

Demikianlah beberapa tradisi unik di berbagai negara, yang dilakukan untuk merayakan idul fitri. Semoga menjadi informasi menarik dan bisa menemani waktu Anda merayakan Lebaran bersama orang-orang terkasih.

Related Topics

Lebaran 2024Lebaran

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

35 Ucapan Maulid Nabi Muhammad 2024, Penuh Makna!
Meninjau Valuasi Spin-Off Anak Usaha Adaro dan Dampaknya
Adhi Karya Digugat PKPU Gara-Gara Proyek Hambalang
Apakah Uang Rp100 Ribu Bisa investasi? Ini Pilihannya
Mobil BYD Mulai Banyak Terlihat di Jalan, Ini Data Impornya
Tiga Pesan Penting Sidang Kabinet Terakhir Jokowi di IKN