Bumi Kian Panas, Anak Muda Tegaskan Urgensi Transisi Energi

Waktu kian tipis untuk meluncurkan aksi.

Bumi Kian Panas, Anak Muda Tegaskan Urgensi Transisi Energi
Ilustrasi energi baru terbarukan. (bnp.jambiprov.go.id/)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Lembaga think-tank dalam bidang Energi dan lingkungan, Institute for Essential Services Reform (IESR), dan Clean, Affordable and Secure Energy (CASE) for Southeast Asia Project mendorong anak-anak muda untuk menyuarakan urgensi bahwa Indonesia mesti berperan aktif dalam melakukan aksi iklim dan transisi energi berkeadilan untuk mencegah perburukan krisis iklim global.

Suara, aspirasi, dan keprihatinan generasi ini perlu didengar oleh para pembuat kebijakan dan para pemimpin Indonesia.

Untuk memfasilitasi partisipasi anak-anak dan orang muda dalam menyuarakan aksi  iklim, Forum Youth Climate Conference (YCC) pertama digelar di Auditorium BRIN, Jakarta pada Sabtu (27/7/2024), yang didukung sejumlah organisasi masyarakat sipil di Indonesia yang bergerak pada bidang energi, lingkungan, iklim dan anak-anak, seperti Yayasan Cerah Indonesia, Humanis Foundation, Wahana Visi Indonesia, Madani Berkelanjutan, Generasi Energi Bersih dan Koaksi Indonesia.

Iklima Green, salah satu perwakilan deklarator sekaligus siswa SMAN 4 Sukabumi meminta pemerintah Indonesia memaksimalkan pemanfaatan energi terbarukan yang ada, terutama pada sektor ketenagalistrikan, melalui transisi energi yang berkeadilan. 

“Sebagai calon pemimpin masa depan, kami membutuhkan dukungan  dan kesempatan dari pemangku kepentingan untuk dilibatkan dalam perumusan kebijakan. Keterlibatan kami dalam pembuatan kebijakan terkait krisis iklim dan transisi energi sangat penting untuk dapat memastikan keberlanjutan, keadilan, dan komitmen jangka panjang,” ujarnya dalam siaran pers yang dikutip Senin (29/4). 

Dalam kaitan ini, Ervan Maksum, Deputi Bidang Sarana dan Prasarana, Kementerian PPN/Bappenas, mengatakan pihaknya tengah menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2025-2029 untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. RPJMN tersebut mencakup lima kerangka pembangunan esensial bagi generasi muda, yang satu di antara kerangkanya adalah meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing, melalui kesehatan dan pendidikan.

“Saya mendorong adanya pengembangan kepemimpinan, terutama bagi para remaja dan pemuda. Hal ini penting, agar bonus demografi mampu menjadi penopang Indonesia Emas 2045,” kata Ervan dikutip dari siaran pers yang sama. 

Dalam 15 tahun terakhir, dunia menyaksikan temperatur Bumi yang memanas dengan terciptanya berbagai rekor panas baru dan menjadikannya sebagai tahun-tahun terpanas dalam periode ratusan ribu tahun.

Cuaca panas ekstrem itu mengganggu aktivitas manusia sehari-hari, menurunkan produktivitas kerja, dan bahkan dapat menyebabkan kematian.  

“Kita harus melakukan upaya kolektif mendorong para pemimpin bangsa ini untuk memastikan aksi iklim Indonesia konsisten dengan tujuan Paris Agreement. Walaupun demikian, aksi setiap individu juga memiliki kontribusi penting dalam meredam laju krisis iklim,” kata Fabby Tumiwa, Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR). 

Magazine

SEE MORE>
Businessperson of the Year 2024
Edisi Oktober 2024
Turning Headwinds Into Tailwinds
Edisi September 2024
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024

IDN Channels

Most Popular

Izin Usaha Investree Dicabut OJK, Bagaimana Nasib Nasabah?
Prabowo Lantik Raffi Ahmad hingga Gus Miftah Jadi Utusan Presiden
Kemenkeu Tidak Lagi di Bawah Menko, Langsung Koordinasi ke Presiden
Ferrari F80, Supercar Edisi Terbatas Rp60 Miliar Resmi Mengaspal
Prabowo Lantik Luhut Jadi Penasihat Khusus Presiden
Daftar Kepala Badan, Utusan Hingga Penasihat Khusus Prabowo