5 Cara Membeli Rumah Tanpa KPR, Solusi Miliki Hunian Impian

Alternatif pembelian rumah

5 Cara Membeli Rumah Tanpa KPR, Solusi Miliki Hunian Impian
Ilustrasi membeli rumah (unsplash/towfiqu barbhuiya)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Memiliki hunian merupakan salah satu impian yang ingin diwujudkan oleh sebagian besar orang. Namun, impian tersebut tidak semudah untuk dilakukan mengingat harga properti dan rumah cukup tinggi. Terlebih area perumahan di sekitar kota yang bisa menyentuh miliaran.

Paling sedikit, seseorang harus menyiapkan bujet sekitar ratusan juta untuk bisa mendapatkan rumah yang layak huni. Tidak jarang, masyarakat memilih untuk mengikuti program kredit pemilikan rumah atau KPR.

Nyatanya, Anda bisa memiliki hunian impian tanpa harus mendaftar KPR. Untuk membantu Anda mewujudkan impian tersebut, berikut beberapa cara memBeli Rumah tanpa KPR yang bisa menjadi inspirasi.

1. Membeli rumah dengan harga murah

Jika Anda memiliki kendala pada bujet, membeli rumah dengan harga murah bisa menjadi pilihan yang tepat. Cara membeli rumah tanpa KPR ini cocok bagi Anda yang memiliki dana terbatas untuk membeli hunian dengan yang lebih terjangkau.

Meskipun terbilang murah, Anda masih bisa mendapatkan hunian yang sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa tips yang bisa lakukan ketika memutuskan untuk membeli rumah dengan harga murah. Berikut beberapa tipsnya.

  • Carilah rumah yang sudah lama dijual, tapi belum terjual. Biasanya penjual akan menawarkan harga yang lebih rendah agar propertinya segera laku.
  • Rumah kosong atau dalam sepenuhnya jadi menjadi bahan pertimbangan karena biasanya dijual dengan harga yang relatif lebih rendah.
  • Perluas pencarian hunian hingga area pinggiran kota atau pedesaan karena wilayah tersebut cenderung dijual dengan harga murah.

Untuk membantu pencarian, Anda bisa dengan agen real estate lokal untuk mendapat gambaran mengenai rentang harga hunian di suatu daerah.

2. Membeli rumah secara tunai

KPR memang menjadi salah satu program yang menarik untuk bisa memiliki hunian siap huni. Namun, sistem bunga yang diterapkan bisa membuat rugi jika tidak jeli dalam perhitungannya.

Untuk bisa menghindari risiko KPR, Anda bisa membeli rumah secara tunai. Dengan mengelola anggaran dengan tepat, mendapatkan hunian impian bukan hanya sekedar impian semata.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa membeli rumah dengan cash.

  • Anda bisa memisahkan anggaran tabungan rumah tersendiri di luar tabungan lain dengan membuat rekening khusus.
  • Tentukan target tabungan setiap bulan dan lakukan secara konsisten sesuai dengan rencana dan kemampuan finansial.
  • Investasi atau mencari sumber pendapatan lain bisa membantu Anda untuk mengumpulkan dana sesuai dengan target.
  • Carilah agen properti terpercaya yang memiliki pengalaman negosiasi pembelian hunian secara tunai.
  • Tawar harga bisa jadi salah satu cara mendapatkan potongan harga di awal.
  • Anda juga bisa membeli rumah pada saat perilisan pertamanya untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

3. Membeli rumah lelang bank

Cara membeli rumah tanpa KPR berikutnya adalah membeli rumah lelang bank. Biasanya, rumah yang dilelang oleh bank merupakan hasil sitaan.

Sederhananya, rumah lelang bank merupakan properti yang disita oleh pihak bank dan ditawarkan melalui proses lelang pada publik.

Rumah lelang biasanya dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga baru. Untuk bisa mendapatkannya, Anda bisa mengunjungi situs perbankan tertentu ataupun Balai Lelang Swasta (BLS).

Sebelum memutuskan pembelian, Anda harus memperhatikan beberapa hal, mulai dari kelengkapan dokumen hingga kondisi hunian apakah masih layak huni atau tidak. Jika sudah yakin, Anda bisa melakukan pembelian rumah lelang bank.

4. Tukar tambah rumah

Jika Anda sudah memiliki hunian dan ingin membeli baru, Anda bisa melakukan tukar tambah rumah. Cara satu ini terbilang cukup mudah dan lebih terjangkau dibandingkan membeli hunian baru.

Alih-Alih mengajukan KPR, Anda dapat menukarkan rumah dengan model hunian sesuai kebutuhan. Anda bisa menukarnya dengan ukuran yang lebih besar atau lokasi yang lebih dekat dengan area perkotaan. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh hunian baru tanpa harus mengeluarkan biaya yang cukup banyak.

Dalam prosesnya, perhatikan kondisi keseluruhan rumah yang akan ditukar tambah. Pastikan lokasinya terjamin keamanan dan kenyamanannya sehingga Anda tidak ragu melakukan transaksi tukar tambah.

5. Membangun rumah secara bertahap

Cara membeli rumah tanpa KPR berikutnya yang bisa Anda jadikan alternatif adalah melakukan pembangunan hunian secara bertahap. Meskipun membutuhkan waktu yang lama, Anda bisa membangun rumah impian.

Biasanya, ada beberapa tahapan yang perlu diperhatikan dan  dilakukan untuk bisa membangun rumah secara bertahap. Berikut tahapannya.

  • Carilah lahan kosong dan lakukan pembelian di harga yang wajar dan sesuai dengan bujet untuk menghindari kenaikan harga.
  • Lakukan pembangunan hunian secara bertahap dan rencana yang pasti, mulai dari pondasi hingga perabotnya.
  • Material bangunan bisa dibeli secara bertahap dari yang paling penting.
  • Ketika seluruh material penting sudah mencukupi, Anda bisa menggunakan jasa tukang bangunan untuk memulai proses pembangunan.
  • Tetap pantau seluruh proses pembangunan agar hunian sesuai dengan rencana.

Itu dia beberapa cara membeli rumah tanpa KPR yang bisa Anda jadikan alternatif memiliki hunian yang nyaman sesuai dengan kebutuhan. Semoga artikel ini membantu Anda memiliki hunian impian.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

Dari 18,9 Juta Penerima Kartu Prakerja, Mayoritas Milenial dan Gen Z
PTBA Gandeng Tiga Bank Himbara Demi Fasilitas Pemanfaatan DHE
Valuasi X Turun Drastis, Kini Hanya 25% dari Nilai Awal
Dirut Krakatau Steel Purwono Widodo Meninggal Dunia, Ini Profilnya
Grup Astra Sebar Dividen Interim, Ini Jadwal ASII, AALI, dan UNTR
Kenali Modus Penipuan Terbaru, Tetap Waspada!