8 Fakta Menarik Vatikan: Menjadi Negara Terkecil di Dunia

Jadi pusat Gereja Katolik Roma

8 Fakta Menarik Vatikan: Menjadi Negara Terkecil di Dunia
ilustrasi vatikan (unsplash/caleb miller)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Vatikan adalah salah satu negara yang berada di Benua Eropa. Selain memiliki pemandangan kota yang indah, Vatikan ternyata dinobatkan sebagai negara terkecil di dunia.

Negara ini juga menjadi tempat tinggal Paus Fransiskus. Seperti yang diketahui, Paus Fransiskus sedang melakukan perjalanan apostolik di Asia Pasifik, termasuk Indonesia.

Momen kedatangan ini juga menjadi kali ketiga kepala negara Vatikan sekaligus pemimpin Gereja Katolik datang ke Indonesia. 

Penasaran dengan tempat tinggal Paus Fransiskus ini? Berikut beberapa fakta menarik Vatikan yang bisa menambah wawasan Anda.

1. Negara terkecil di dunia

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Vatikan adalah negara terkecil di dunia. Tidak seperti negara lainnya yang memiliki wilayah yang luas, Vatikan hanya memiliki luas sekitar 44 hektare.

Bahkan, pengunjung yang mendatangi kota Vatikan hanya memerlukan waktu sekitar 40 menit untuk bisa berkeliling kota.

Dengan luas wilayah yang tidak terlalu besar, jumlah populasinya ada kurang lebih 800 orang. Dari segi penduduk dan luas wilayahnya ini, negara Vatikan menjadi negara paling kecil sedunia.

2. Pusat Gereja Katolik yang dipimpin Sri Paus

Seperti negara lainnya, negara Vatikan termasuk negara yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, terutama dari kalangan umat Katolik. Pasalnya, Vatikan merupakan pusat spiritual Gereja Katolik Roma. 

Vatikan juga menjadi kediaman bagi Sri Paus semenjak abad ke-14. Tidak hanya sebagai pemimpin umat Katolik tertinggi, Paus juga berperan sebagai kepala negara Vatikan.

Paus Fransiskus yang kini menjadi Sri Paus memiliki kekuasaan yang absolut di negara tersebut. 

Vatikan juga menjadi satu-satunya negara di dunia dengan bentuk pemerintahan teokrasi absolut dan termasuk fakta menarik Vatikan yang hanya bisa ditemui di sana.

3. Perekonomian bergantung pada sumbangan

Tidak banyak tahu bahwa sektor perekonomian Vatikan hampir sebagian besar ditopang oleh sumbangan dari umat Katolik seluruh dunia.

Sumbangan tersebut seringkali dikenal sebagai Peter’s Pence dan dikelola oleh Tahta Suci, badan pemerintahan negara.

Selain dari sumbangan, negara satu ini juga memperoleh pendapatan dari penjualan perangko, koin, tembikar, hingga oleh-oleh.

4. Punya media sendiri

Fakta menarik Vatikan berikutnya adalah negara ini memiliki media sendiri, mulai dari stasiun televisi, radio, hingga surat kabar sendiri. 

L'Osservatore Romano menjadi surat kabar yang terbaik dan mengabarkan berita terkini bagi warganya. Biasanya, berita yang dimuat berupa isu-isu keagamaan dan budaya. 

Stasiun televisinya cenderung menampilkan acara seputar turis yang datang ke Vatikan hingga acara yang dilangsungkan di Lapangan Santo Petrus.

Vatikan juga diketahui memiliki stasiun radio sendiri yang dikenal dengan nama Radio Vaticana. Hampir setiap hari, siaran radio berisi berita seputar agama Katolik yang disiarkan secara global dalam 40 bahasa.

5. Negara dengan konsumsi anggur terbesar

Uniknya, negara yang dipimpin oleh Sri Paus ini ternyata menjadi negara dengan konsumsi anggur atau wine terbesar di dunia.

Bahkan, konsumsi anggur di  Vatikan lebih tinggi dari Prancis yang dikenal sangat menyukai minum anggur.

Berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh Wine Institute, masyarakatnya mengonsumsi lebih banyak anggur per kapita dari negara lainnya.

Tidak untuk konsumsi pribadi, hampir sebagian besar anggur tersebut dipakai dalam perayaan misa atau ibadah umat Katolik.

Anggur tersebut banyak digunakan dalam perayaan ekaristi yang menyimbolkan darah Kristus. Maka dari itu, konsumsi anggur di negara tersebut cukup tinggi.

6. Punya koleksi seni paling berharga

Begitu tiba di negaranya, Anda akan disambut dengan banguna-bangunan megah dengan gaya arsitektur khas Eropa abad pertengahan.

Selain keindahan arsitekturnya, Vatikan juga terkenal dengan koleksi seni dari para seniman dunia di Museum Vatikan.

Salah satunya patung Bunda Maria yang sedang menggendong tubuh Yesus karya Michelangelo. Patung yang berada di Basilika Santo Petrus ini jadi salah satu fakta unik Vatikan yang menjadi daya tariknya. 

Pasalnya, terdapat ukiran nama Michelangelo di bagian selempang patung Bunda Maria yang menjadi tanda tangan seniman kelas dunia tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa melihat lukisan langit-langit karya Michelangelo di Kapel Sistina.

7. Punya angkatan bersenjata

Meskipun termasuk negara dengan luas wilayah terkecil, Vatikan memiliki angkatan bersenjata yang dijaga oleh Garda Swiss. Pasukan tersebut bertugas untuk menjaga keamanan Sri Paus selama lebih dari 500 tahun.

Angkatan bersenjata tersebut termasuk satuan militer tertua yang masih beroperasi hingga sekarang. Pasukan tersebut terbentuk dari peristiwa Perang Italia dan memasuki kawasan Roma pada tahun 1506.

8. Lapangan Santo Petrus terdapat lintasan balap kereta perang

Lapangan Santo Petrus yang seringkali menjadi lokasi misa kudus dan berbagai acara besar di Vatikan ternyata menyimpan fakta menarik. Tempat tersebut ternyata dibangun di atas lintasan balap kereta perang raksasa.

Lintasan tersebut diketahui dibangun pada masa pemerintahan Caligula dan Nero atau sekitar abad 30-an atau 50-an.

Tata letak lintasan tersebut kerap dikaitkan dengan topografi Roma modern, berupa obelisk.

Itu dia beberapa fakta menarik Vatikan yang unik dan bisa Anda jumpai ketika berkunjung ke negaranya. Tertarik untuk memasukan kota Vatikan sebagai tujuan liburan?

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023
The Fed Pangkas Suku Bunga 50 Bps, Sentimen Positif IHSG (19/9)
BREN Batal Masuk FTSE, Saham Prajogo Pangestu Kompak Merah
Transaksi Kripto Pulih, Ini Lokasi Peretas Indodax
Ini Strategi Atur Keuangan Hadapi Tekanan Ekonomi Agar Tak Turun Kelas
Program Prioritas Prabowo Rp121 Triliun Masuk APBN 2025