Gaji UMR Korea 2024 untuk TKI, Ini Kisarannya!

Naik di tahun 2024

Gaji UMR Korea 2024 untuk TKI, Ini Kisarannya!
ilustrasi Seoul (unsplash.com/Sava Bobov)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Gaji UMR Korea 2024 menjadi topik yang banyak dicari pekerja Indonesia yang ingin bekerja di sana. Pasalnya, Korea termasuk salah satu negara tujuan yang menawarkan gaji yang cukup tinggi bagi pekerjanya.

Tidak heran, Korea Selatan menjadi salah satu tujuan tenaga kerja Indonesia (TKI) atau kini disebut pekerja migran Indonesia (PMI) yang sedang mencari kerja di luar negeri.

Kira-kira, berapa kisaran upah minimum regional (UMR) pekerja di Korea terbaru? Berikut informasi mengenai besaran upah atau gaji yang dapat diterima TKI atau PMI di sana.

Gaji UMR Korea 2024

Di tahun 2024, gaji pekerja Korea Selatan mengalami kenaikan sebesar 2,5 persen. Pemberlakukan kebijakan tersebut juga sudah berlaku per 1 Januari 2024.

Upah minimum per jam dinaikkan menjadi 9.860 won atau sebesar Rp112,6 (kurs Rp11,4205 per won) dari 9620 won.

Untuk gaji per bulan, setiap bekerja bisa mendapatkan gaji sekitar 2,060,740 atau sekitar Rp23,5 juta berdasarkan total 209 jam sesuai dengan peraturan yang ada.

Kenaikan gaji UMR Korea 2024 diambil oleh pemerintah Korea Selatan untuk menghadapi inflasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi di sana.

Gaji TKI di Korea

Bagi tenaga kerja asal Indonesia, upah yang diberlakukan sama sebesar 9.860 won karena aturan tersebut berlaku secara merata, baik untuk pekerja lokal dan asing. 

Gaji TKI biasanya terdapat disesuaikan dengan pembagiannya, yaitu gaji per jam, per bulan, atau upah lembur. Selain gaji pokok, pekerja juga bisa mendapat tunjangan lainnya, seperti bonus, asuransi, dan lainnya.

Perlu diingat, upah minimum setiap pekerja bisa berbeda-beda sesuai dengan pengalaman, pendidikan, hingga lokasi kerja.

Peluang kerja di Korea

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Korea Selatan termasuk negara favorit pekerja asal Indonesia untuk mencari pekerjaan. Selain tawaran gaji yang menggiurkan, peluang kerja di sana terbuka luas.

Dari lapangan kerja yang dibuka, Biro Statistik Korea Selatan diketahui membuka lowongan mencapai 28,83 juta pada Mei 2024 atau naik 351 ribu dari tahun sebelumnya. 

Peningkatan tersebut memperlihatkan pertumbuhan lapangan pekerjaan meskipun tingkatnya sedikit melambat.

Di awal tahun ini, tingkat pekerjaan bulan tahunan negara gingseng ini telah mengalami peningkatan sekitar 300 ribu sampai 400 ribu orang.

Selain itu, ada beberapa industri yang bisa dimasuki oleh tenaga kerja asal Indonesia di Korea Selatan, mulai dari pabrik, manufaktur, pertanian, teknologi hingga hiburan.

Demikian informasi mengenai gaji UMR Korea 2024 yang penting untuk diketahui sebelum memutuskan untuk berkarier di sana. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang mencoba peluang berkarir di Korea.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

Realisasi Investasi Mencapai 76,4 Persen dari Target Rp1.600 Triliun
Ini Penyebab Ekspor Indonesia Mengalami Penurunan
DBS Indonesia Gandeng Moduit Incar Transaksi Rp 500 Miliar
Emiten Migas Bakrie Resmi Kuasai Blok Gas Sengkang
Daftar Saham Afiliasi Para Calon Menteri dalam Pemerintahan Prabowo
Karyawan Swasta Bisa Dapat Dana Pensiun? Ini Penjelasannya