10 Kampus Swasta Terbaik di Yogyakarta Versi Webometrics 2024

Tidak kalah dengan kampus negeri

10 Kampus Swasta Terbaik di Yogyakarta Versi Webometrics 2024
ilustrasi berkuliah (unsplash/kenny eliason)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Tidak hanya wisata yang terkenal, Yogyakarta juga termasuk salah satu kota tujuan pelajar untuk melanjutkan studi. Terlebih pendidikan di perguruan tinggi. 

Ada banyak pelajar dari berbagai kota hingga negara menjadikan Yogyakarta sebagai tempat untuk menempuh pendidikan. Selain kampus negeri, kampus swasta di sana memiliki kualitas yang bagus.

Bahkan, beberapa ada yang masuk ke dalam Daftar Kampus Swasta terbaik di Yogyakarta versi Webometrics 2024. Penasaran kampus mana saja yang masuk ke dalam daftarnya? Berikut daftar lengkapnya.

1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Di peringkat teratas, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil mengamankan tempatnya dalam kampus swasta terbaik di Yogyakarta.

Dilansir dari situs webometrics.info, universitas ini menempati peringkat ke-20 di peringkat nasional.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta beralamat lengkap di Jalan Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Sejak tahun 1981, UMY telah meluluskan sejumlah mahasiswa dari berbagai fakultas dan jurusan unggulannya. 

Menawarkan pendidikan tinggi berkualitas bagi mahasiswanya, UMY telah mendapatkan peringkat akreditas Unggul.

2. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Kampus swasta berikutnya adalah Universitas Ahmad Yogyakarta (UAD) yang menempati peringkat ke-37.

Diketahui perguruan tinggi satu ini merupakan universitas pertama yang dibangun oleh Muhammadiyah pertama di Yogyakarta.

Sebelum dikenal dengan nama tersebut, kampus ini dulunya dikenal dengan IKIP Muhammadiyah Yogyakarta.

Pada tahun 1994, IKIP Muhammadiyah Yogyakarta resmi berubah menjadi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

UAD menawarkan berbagai pilihan fakultas dan jurusan, mulai dari rumpun soshum hingga saintek.

3. Universitas Islam Indonesia

Dengan menempati peringkat ke-48, Universitas Islam Indonesia (UII) berhasil masuk ke dalam kampus swasta terbaik yang ada di Yogyakarta. Dibandingkan dengan perguruan tinggi lainnya, UII termasuk universitas tertua di Indonesia.

Pasalnya, UII memulai karirnya di dunia pendidikan sejak tahun 1945 dengan nama Sekolah Tinggi Islam (STI) oleh para tokoh nasional di Jakarta. Setahun kemudian, STI membuka cabang di Yogyakarta.

Dengan sejarah yang panjang, kampus ini telah terakreditasi Unggul sejak tahun 2021.

4. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Kampus swasta terbaik di Yogyakarta lainnya yang tak kalah dengan lainnya adalah Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta, kampus ini berada di bawah naungan Santo Albertus Magnus.

Perguruan tinggi ini menempati posisi ke-56 sebagai yang terbaik di Indonesia dalam peringkat nasional versi Webometrics 2024. Selain itu, Universitas Atma Jaya Yogyakarta telah mendapatkan akreditasi Unggul.

5. Universitas Sanata Dharma

Sedang mencari kampus swasta di Yogyakarta dengan biaya pendidikan terjangkau? Universitas Sanata Dharma (USD) jadi pilihan terbaik.

Selain biaya pendidikan yang cukup terjangkau, USD juga dikenal memiliki kualitas pendidikan yang tidak kalah dengan kampus negeri.

Terlebih bagi pelajar yang ingin melanjutkan studi di fakultas pendidikan. Pasalnya, USD dulunya dikenal sebagai Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG). 

Menariknya, perguruan tinggi ini masuk ke dalam daftar kampus terbaik versi Webometrics 2024 di peringkat 60 dan sudah terakreditasi Unggul.

6. Universitas Alma Ata Bantul

Didirikan oleh Yayasan Alma Ata pada tahun 2006, Universitas Alma Ata Bantul terbentuk dari dua gabungan STIKES Alma Ata dan STIA Alma Ata.

Pada tahun 2015, dua institusi pendidikan tersebut bergabung secara resmi menjadi Universitas Alma Ata.

Kampus ini dikenal dengan pilihan jurusan di fakultas ilmu kesehatan. Mulai dari farmasi hingga profesi ners.

Untuk akreditasinya, Universitas Alma Ata mendapatkan peringkat akreditasi B. Meskipun begitu, kampus swasta satu ini sukses tempati posisi peringkat ke-71.

7. Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Universitas Mercu Buana Yogyakarta masuk ke dalam daftar kampus swasta terbaik di Yogyakarta dengan menempati peringkat ke-112.

Cabang Universitas Mercu Buana ini berada di bawah naungan Yayasan Wangsa Manggala.

Pilihan jurusan yang ditawarkan cukup beragam dengan biaya yang cukup terjangkau. Berbicara tentang akreditasinya, Universitas Mercu Buana telah terakreditasi B BAN-PT.

8. Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Ingin melanjutkan studi di fakultas dari rumpun saintek? Jika iya, Anda bisa menjadikan Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta. Sesuai namanya, perguruan tinggi ini fokus pada bidang ilmu teknik dari program vokasi hingga magister.

Di tahun 2019, Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta berhasil meraih akreditasi dengan peringkat Baik Sekali. Perguruan tinggi swasta ini berhasil mengamankan posisinya di peringkat ke-117 sebagai kampus terbaik.

9. Universitas Kristen Duta Wacana

Kampus swasta terbaik di Yogyakarta berikutnya adalah Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW). Dalam versi Webometrics 2024, Universitas Duta Wacana berhasil menempati posisi ke-149.

Dirikan pada tahun 1985, universitas ini merupakan pengembangan dari Sekolah Tinggi Theologia Duta Wacana. Hingga saat ini, kampus swasta tersebut sudah mendapatkan akreditasi A berdasarkan BAN-PT.

10. Universitas AMIKOM Yogyakarta

Universitas AMIKOM Yogyakarta merupakan perguruan tinggi swasta yang fokus dalam bidang information technology (IT) yang berbasis di Yogyakarta. AMIKOM mengawali karirnya sejak tahun 1992 di bawah naungan Yayasan AMIKOM Yogyakarta,

Berada di peringkat ke-191 sebagai kampus terbaik versi Webometrics di tahun 2024, AMIKOM berhasil masuk ke dalam universitas swasta terbaik di Yogyakarta.

Itulah beberapa kampus swasta terbaik di Yogyakarta yang memiliki kualitas yang tak kalah bagus dengan kampus negeri. Dari daftar kampus swasta di atas, adakah yang menarik perhatian Anda?

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

12 Tahun Dijual, Rumah Mewah Michael Jordan di Chicago Akhirnya Laku
Isak Tangis Sri Mulyani di Banggar DPR Usai Sepakati RUU APBN 2025
OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023
Perbedaan Istana Garuda dan Istana Negara IKN, Jangan Keliru
Alibaba Pertahankan Kepemilikan 88 Miliar Saham GoTo hingga 5 Tahun
Bunga Acuan Turun, BI Proyeksikan Kredit Bank Tumbuh 12%