5 Konser Terlaris Sepanjang Masa, Siapa Juaranya?

Meraup keuntungan yang luar biasa

5 Konser Terlaris Sepanjang Masa, Siapa Juaranya?
Ilustrasi konser (Pexels/Wendy Wei)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Menonton Konser menjadi salah satu aktivitas yang cukup banyak diminati. Selain bisa menikmati musik bersama dengan penonton lain, para penggemar bisa bertemu langsung dengan idola atau penyanyi favoritnya. Karena antusias penonton yang besar, tidak jarang rangkaian tour digelar di beberapa kota di dunia selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Terlebih bagi musisi internasional, mereka bisa mengadakan berbagai konser dan menyapa penggemarnya di seluruh dunia. Dengan kata lain, para musisi dunia itu pasti cukup banyak menghasilkan keuntungan dari konser yang diadakannya. 

Kira-kira, siapa yang meraih posisi sebagai konser terlaris sepanjang masa? Berikut daftar konser yang menempati posisi teratas.

1. The Eras Tour

Jika berbicara tentang konser terlaris sepanjang masa, The Eras Tour mencatatkan namanya di posisi paling atas. Dengan total 60 pertunjukan di tahun 2023. The Eras Tour berhasil menggeser posisi U2, Beyoncé, dan The Rolling Stones. 

Kesuksesan konser ini juga tak lepas dari kepopuleran Taylor Swift yang sudah berada di industri musik selama kurang lebih 18 tahun. Lagu-lagunya juga laris dan hit di pasaran, seperti "Blank Space", "Love Story", "Cruel Summer", dan masih banyak lagi.

Dilansir dari laman Forbes, total penjualan tiket The Eras Tour sukses meraup rata-rata pendapatan kotor dari penjualan lebih dari 4 juta tiketnya sekitar 17,3 juta dolar AS.

Bahkan, The Eras Tour diperkirakan mendapatkan total keuntungan sekitar 1 miliar dolar AS di tahun 2023. Angka tersebut bukan tak mungkin lagi karena mengingat konser Taylor Swift selalu dipenuhi penggemar loyalnya di seluruh dunia. Menariknya, angka tersebut akan kembali naik karena Taylor Swift akan mengadakan tur lanjutan di akhir tahun 2024 ini.

2. 360 Tour

Menyusul The Eras Tour, U2 360° Tour menjadi konser paling laris nomor dua. Rangkaian tour ini digelar oleh kelompok musik asal Irlandia, U2. Grup band satu ini kerap menduduki posisi lagu rock teratas di tangga lagu dunia lewat lagu-lagu hitsnya, seperti "With or Without You".

Sesuai dengan nama konsernya, U2 360° Tour ini bisa dinikmati secara 360 derajat sehingga U2 bisa berinteraksi dengan penggermarnya dari segala sudut. Uniknya, panggung konser ini dirancang begitu megah yang menambah kesan tersendiri bagi para penonton konsernya. 

Dimulai tahun 2009 hingga 2011, U2 berhasil menggelar 110 pertunjukkan di seluruh dunia. Jika dibandingkan dengan tur lainnya, U2 menempati posisi teratas dari segi jumlah pertunjukannya. Dengan total pertunjukan tersebut, U2 360° Tour berhasil mengumpulkan penghasilan sekitar 736 juta dolar AS.

3. Renaissance World Tour

Renaissance World Tour, yang perupakan tur milik Beyoncé, berhasil mengamankan tempatnya di posisi ketiga. Pelantun lagu "Single Ladies" ini berhasil mengadakan 56 konser dalam lima bulan di tahun 2023. Dimulai pada bulan Mei, Beyoncé menyapa penggemar di total 39 negara di dunia. 

Sejak bintang dunia ini akan mengadakan konser, sudah ada banyak penggemar dari seluruh dunia yang mengantisipasinya. Pasalnya, setelah lima tahun konser tur On The Run II, Beyoncé baru melakukan tur solonya. Tak heran, Renaissance World Tour langsung memecahkan rekor. Lewat tur konsernya tersebut, Beyoncé diperkirakan menghasilkan sekitar 567 juta dolar AS dari total pertunjukannya di tahun 2023.

4. No Filter Tour

Di posisi berikutnya, ada konser No Filter Tour yang digelar oleh grup The Rolling Stones. Bagi kelahiran 90an pasti sudah tidak asing lagi dengan grup satu ini. Sudah berkarier selama lebih dari enam dekade, The Rolling Stones mencatatkan namanya sebagai band paling populer dengan lagu-lagu hit yang memuncaki tangga lagu. 

Di tahun 2017, grup ini menyapa penggemar di seluruh dunia lewat konser bertajuk No Filter Tour. Sempat terhambat di tahun 2020, rangkaian konsernya tetap sukses di tahun 2021 dan menutup pertunjukan No Filter Tour. 

Dengan total 14 pertunjukan di beberapa kota besar di dunia, No Filter Tour mendapatkan total pendapatan rata-rata sebesar 10 juta dolar AS untuk penjualan tiketnya. Dengan angka tersebut, The Rolling Stones diperkirakan meraup total keuntungan sebesar 547 juta dolar AS. Angka yang cukup fantastis bukan?

5. Reputation Stadium Tour

Taylor Swift lagi-lagi mengamankan posisinya di daftar konser terlaris sepanjang masa. Sebelum menggelar The Eras Tour, Taylor Swift mengadakan konser bertajuk Reputation Stadium Tour di tahun 2018. 

Total ada 56 pertunjukan di beberapa kota besar di dunia. Bagi penggemar yang tidak sempat menonton konsernya, Reputation Stadium Tour memiliki film dokumenter yang bisa ditonton di platform streaming.

Kala itu, Reputation Stadium Tour sukses meraup keuntungan sebesar 345 juta dolar AS. Angka tersebut juga berhasil memecahkan rekor di sebagai tour terlaris di Amerika Utara. 

Itu dia daftar konser terlaris sepanjang masa yang sukses menggelar konser dengan meraup keuntungan yang luar biasa. Dari daftar konser di atas, adakah yang sudah Anda tonton?

Related Topics

KonserKaiKai Now

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

OPEC+ Sepakat Tunda Kenaikan Produksi Minyak Hingga November
Bisnis Manajemen Fasilitas ISS Tumbuh 5% saat Perlambatan Ekonomi
7 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Harganya Fantastis!
Gagal Tembus Resisten, IHSG Diprediksi Konsolidasi
Fitur AI Jadi Alasan Canva Naikkan Harga hingga 300%
Pertamina Siapkan 15 Persen Belanja Modal untuk Transisi Energi