Daftar Paspor Terkuat di ASEAN, Indonesia Peringkat Berapa?

Makin kuat, makin mudah bepergian ke luar negeri

Daftar Paspor Terkuat di ASEAN, Indonesia Peringkat Berapa?
Ilustrasi paspor (freepik/@rawpixel.com)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Untuk bisa berpergian ke luar negeri, Paspor menjadi dokumen penting yang harus dibawa. Paspor berguna sebagai tanda pengenal yang umum dipakai untuk memvalidasi kewarganegaraan seseorang. Dengan paspor, Anda juga baru bisa mengajukan izin mengunjungi negara tujuan atau visa.

Namun, tidak semua paspor memiliki kekuatan yang sama untuk bisa melakukan perjalanan lintas negara dengan bebas. Perbedaan tersebut merujuk pada jumlah akses bebas visa dengan paspor yang dimiliki.

Di antara negara Asia Tenggara sendiri, kekuatan paspor setiap negara berbeda-beda. Berikut peringkat paspor terkuat di ASEAN awal tahun 2024.

1. Singapura

Jika berbicara tentang paspor terkuat di ASEAN, Singapura menempati peringkat pertama dari negara lainnya. Dilansir dari henleyglobal.com, pemegang paspor Singapura memiliki akses bebas visa dari 194 negara yang ada di dunia.

Bahkan, Singapura juga termasuk ke dalam peringkat atas dalam skala global. Dengan begitu, negara yang mendapatkan julukan Negeri Singa ini meraih peringkat teratas, bersanding dengan Perancis, Jerman, Italia, Jepang, dan Spanyol.

2. Malaysia

Peringkat kedua ditempati oleh pemilik paspor Malaysia. Mengamankan tempat kedua di antara negara ASEAN lainnya, total ada 183 negara yang terjamin akses bebas visanya.

Dalam konteks ini, pemilik paspor ini bisa melakukan perjalanan lintas negara di hampir sebagian negara di dunia. Dengan kekuatan paspor ini, Malaysia juga berhasil meraih peringkat ke-12 dari seluruh negara di dunia.

3. Brunei Darussalam

Dengan akses bebas visa berjumlah 168 negara di dunia, Brunei Darussalam sukses menempatkan dirinya ke peringkat ketiga di antara negara ASEAN. Negara yang berbatasan langsung dengan Pulau Kalimantan ini juga meraih peringkat  ke-21 tingkat global.

4. Timor Leste

Di peringkat empat, pemilik paspor Timor Leste berhasil mengamankan tempatnya. Dikenal dengan julukan “Bumi Loro Sae”, warga negara Timor Leste bisa mengakses bebas visa sebanyak 96 negara di dunia.

Bersama dengan Maldives, paspor Timor Leste masuk ke dalam peringkat ke-58 di tingkat global.

5. Thailand

Terkenal akan sebutan Negeri Gajah Putih, Thailand menempati peringkat kelima sebagai paspor terkuat di ASEAN. Dengan perbedaan 16 negara dengan Timor Leste, paspor Thailand mempunyai akses bebas visa di 82 negara yang ada di dunia.

6. Indonesia

Dalam konteks paspor terkuat di ASEAN, kekuatan pemegang paspor Indonesia mengantarnya pada peringkat keenam. Dengan begitu, warga negara Indonesia memiliki akses bebas visa di 78 negara di dunia.

Negara dengan penduduk paling banyak di Asean ini juga meraih peringkat ke-69, bersanding dengan paspor Kazakhstan.

7. Filipina

Untuk peringkat selanjutnya, Filipina sukses meraih peringkat ketujuh diantara negara Asia Tenggara lainnya. Dijuluki sebagai Mutiara Laut dari Orien, pemegang paspor Filipina mempunyai akses bebas visa ke 69 negara.

8. Kamboja

Masuk ke peringkat kedelapan, pemegang paspor Kamboja menjadi negara di ASEAN yang menempati peringkat ini. Dengan kekuatan paspornya, warga negara Kamboja yang sudah membuat paspor dapat melakukan perjalanan lintas negara di 56 negara dengan akses bebas visa.

Sementara dari peringkat globalnya, kamboja mengamankan tempat di peringkat ke-91.

9. Vietnam

Beda tipis dengan pemegang paspor Kamboja, Vietnam ada di peringkat kesembilan diantara negara di Asia Tenggara. Lengkapnya, ada 55 negara yang bisa memberikan akses bebas visa menggunakan paspor negara Vietnam.

10. Laos

Berikutnya, peringkat kesepuluh diraih oleh pemilik paspor Laos. Memiliki akses bebas visa untuk bepergian ke 51 negara, Laos juga berhasil mengamankan posisinya di peringkat ke-96 di tingkat global bersama negara Liberia dan Burundi.

11. Myanmar

Tidak sebanyak dengan negara ASEAN lainnya, Myanmar hanya memiliki akses bebas visa di 48 negara yang ada di dunia. Dengan begitu, pemilik paspor Myanmar menempati peringkat ke-11 sebagai paspor terkuat di ASEAN.

Itulah peringkat paspor terkuat di ASEAN yang mengacu pada akses bebas visa setiap negara. Makin kuat paspornya, makin mudah juga mobilitas ke berbagai negara yang dimiliki pemegangnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat!

Related Topics

Paspor

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

OPEC+ Sepakat Tunda Kenaikan Produksi Minyak Hingga November
Bisnis Manajemen Fasilitas ISS Tumbuh 5% saat Perlambatan Ekonomi
7 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Harganya Fantastis!
Gagal Tembus Resisten, IHSG Diprediksi Konsolidasi
Fitur AI Jadi Alasan Canva Naikkan Harga hingga 300%
Pertamina Siapkan 15 Persen Belanja Modal untuk Transisi Energi